Header Ads

Dapat Slip Tilang Biru, Wajib Transfer Bank atau Boleh Ikut Sidang?

Akhir akhir ini banyak operasi kendaraan bermotor baik resmi atau "tidak resmi", yang mana petugasnya lebih sering mengeluarkan slip tilang biru dari pada slip tilang merah. Entah dimaksudkan untuk membuat efek jera pada pengendara yang melanggar atau hanya sekedar menakut-nakuti para pengendara yang terjaring razia.

Baca juga  Prosedur Sidang Pelanggaran Lalu Lintas Di Semarang 

Keluh kesah para pengendara yang diberi slip tilang birupun banyak yang mampir dilapak saya yang berjudul Prosedur Slip tilang Biru VS Slip Tilang Merah. Di kolom komentar artikel tersebut malah seperti sesi curhat ataupun tanya jawab seputar penyelesaian tilang jika diberi slip tilang biru. Ada juga yang bertanya jika tidak membayar sejumlah biaya tilang maksimal ke bank yang ditunjuk dalam hal ini Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) bagaimana?, serta pertanyaan lainnya.
Cuplikan pertanyaan di salah satu artikel tentang slip biru
Berat memang jika kita tidak punya uang lebih di dompet, kita dipaksa transfer ke rekening titipan tilang guna menyelesaikan perkara saat kita diberi slip tilang biru. Biaya yang harus disetor antara 100 ribu hingga 1.000.000 (satu juta rupiah). Tinggal polisinya saja mau nyentang di nominal berapa, atau jika belum di centang, pilih saja sendiri nominal paling kecil yang ada di slip tilang.

Yang repot lagi bagi para pengendara luar kota, jika tidak langsung di bayar (damai atau transfer bank) bisa dibuat bolak balik ke kota tersebut hanya untuk menjalani sidang. Kalau jarak tempuh 20 s.d 50 Km saya kira masih ada yang nekat balik untuk ikut sidang, tapi kalau jarak tempuhnya 100 Kilo bahkan lebih bagaimana? 


Ditambah lagi keawamam pengendara yang kena tilang, banyak dari mereka yang belum tahu kalau biaya sidang sesungguhnya tidak akan sampai pada nominal denda maksimal. Itu artinya ada selisih yang harus dikembalikan bank kepada orang-orang yang sudah mentransfer ke rekening titipan tilang. 

Tahukah Kita... meskipun kita sudah mentransfer sejumlah uang ke rekening tilang tapi "kasus" kita tetap di sidangkan sesuai tanggal yang tertera pada slip tilang?.

Jadi begini, Setelah kita mentransfer sejumlah uang, jika kita ingin menerima selisih hasil sidang dengan uang yang sudah kita transfer maka, kita harus ikut sidang juga. Minimal datang setelah sidang telah berlangsung. 
Cuplikan pertanyaan di salah satu artikel tentang slip biru
Di sana akan diinfokan berapa denda resmi yang seharusnya kita bayar, biasanya nilai denda dibawah dari yang sudah atau akan kita transfer. Untuk kendaraan roda dua hasil putusan denda saat sidang biasanya dibawah 100.000 (seratus ribu). 


Kuitansi denda resmi dari hasil sidang bisa kita bawa ke Bank BRI Pusat di daerah masing-masing untuk bahan kita mengambil selisih dari putusan sidang. Jadi jika kita tidak mengikuti sidang, maka secara tidak langsung kita mengikhlaskan selisih tersebut kepada Bank bukan kepada polisi atau kepada negara.  

Terus bagaimana baiknya jika kita mendapatkan slip tilang biru? Saran saya berdasarkan pengalaman, jika kita masih tinggal atau dekat dengan daerah tersebut,  tidak usahlah membayar atau mentrasfer uang denda ke bank, cukup ikut sidang saja dengan bekal slip biru dari hasil razia. Biar kita tidak melakukan kerja 2x. Tapi bagi yang luar kota silakan bisa mempertimbangkan sendiri baiknya memilih pembayaran yang mana.  

Demikian sharing saya menyikapi maraknya slip biru yang diterima pengendara yang terjaring razia polisi. Jika arikel Dapat Slip Tilang Biru, Wajib Transfer Bank atau Boleh Ikut Sidang? ini bermanfaat silakan share atau bagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

23 comments:

  1. Repot juga yah urusan tilang menilang ini, kalo saya sih milih gak ditilang, alias lebih memilih disiplin dalam berlalu lintas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mang.. Disiplin lbh utama. Kadang lupa yg membuat kita ndak disiplin

      Delete
  2. Mas kalau saya dapat slip biru karna sim saya sudah gak berlaku (surat lainnya lengkap) terus di slip gak ada nominal pas saya mau transfer kaget kok disuruh bayar 1juta, kalau misal saya bayar nih apakah boleh tetapikut sidang?, supaya bisa bantu jelasin di sidang kalau polisi yang nilang salah ngasih pasal. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg jarang ada nominal. Lgsg rata 1juta dan biasanya dpt sms dari etilang.
      Wajib ikut sidang meski sdh transver. Utk ngambil selisih dari yg kita setor dg hasil sidang.
      Pengalaman teman saya, percuma saja ngasih penjelasan. Saat sidang ndak ada pembelaan. Hanya membacakan nominal denda.

      Delete
  3. Mau nanya dong om...kalau kita bayar tilang dengan surat tilang biru di kejaksaan pas hari H bisa khn y?tanpa harus bayar dulu ke bank..karena di surat tilang yg polisi kasih tidak di minta no tlp saya..jd bagai mana itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Langsung ikut sidang pas hari H aja tanpa harus bayar bank. Cek artikel saya yg lain utk artikel lainnya

      Delete
  4. Mau nanya om.
    Kalau kita ikut sidang dipengadilan, apakah dendanya sesuai pasal atau gimana ya? Saya tanya kemana" tapi gk jelas, ada yg bilang kalau bayarnya paling cuman 80an, tapi pasalnya banyak, gimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasal itu denda tertinggi. Bisa miskin rakyat klo dipalak sejuta tiap melanggar. Iya klo disengaja. La klo tdk sengaja?

      Biasanya kena berapa pasal tidak sampe 150rb.
      Satu pasal rata ratanya 70-90ribu

      Delete
  5. Mas mau nanya. Saya kena tilang dikasih slip biru. Kalo nanti saya bayar dendanya dikejaksaan langsung pas sidang tanpa ke bank BRI dulu bisa ga ya? Kira kira dendanya beda atau tetap maksimal? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. dendanya beda, kenanya lebih kecil

      Delete
  6. Kak mw nx, dpt slipbiru krn tdk da stnk n sim, hrus ikut sidang atau tdk? Disitu katanya 1,5 juta, klo tdk ikut sidang knp? Ada jg yg blg langsung ke kejari untk byar denda...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut sidang aja di kejari. dendanya tidak sampai segitu. 200ribu masih ada kembalian

      Delete
  7. Om..td mlm saya kena tilang tp polisi g menyebutkan kesalahan saya apa lngsung ngasih slip warna biru dan d sruh ikut sdang tgl 22 feb,, dan berhubung saya blm pernah ketilang saya lngsung ttd, tp selisih beberpa sat ada sms masuk d sruh trf k bank bri 500,, semisal saya nggk trnsfer tp ikut sidang lngsung d pngadilan dg bawa slip biru saja apkah nnty dendanya jd berlipat-lipat krn sya g trnsfer d bank ? Mohon sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak papa ikut sidang aja tante... Klo sidang paling mentok 100ribu. Sidang harga lebih murah dari transfer

      Delete
  8. Permisi mas heri. Mohon maaf munhkin pertanyaannya berulang.cuma saya agak takut karena ada tulisan 3 hari sebelum sidang bila belum tf akan diblokir stnknya. Apakah betul ya? Atau tidak apa apa saya abaikan dan saya bayar saat sidang nanti? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisannya dmna mas.. Apa cuma nakut nakutin aja ya.. Atau mungkin kebijakan polres setempat.

      Saya sdh 2 kali dapet slip biru dan ikut sidang terus.

      Bahkan di tempat sidang malah bsa ambil atau ikut sidang bukan dijadwal sidangnya karena terlalu ramai. Bisa sidang di hari berikutnya.

      Baca ini mas
      http://www.heriheryanto.com/2018/01/prosedur-sidang-pelanggaran-lalu-lintas-di-semarang-jateng.html

      Delete
    2. Terima kasih atas balasannya. Bukan ditakut takuti, tapi memang di surat tilang slip biru bagian belakang ada tulisan yang berbunyi seperti itu, bahwa jika 3 hari sebelum sidang tidak menitipkan uang, stnk akan diblokir. Mungkin peraturan yang tidak berlaku atau gimn ya mas?

      Delete
    3. mungkin bisa jadi itu benar, tapi tidak diberlakukan. seperti slip tilang biru yang baru baru ini ramai dan diberlakukan padahal sudah ada sejak dlu.
      prosedur pengambilan menurut pennuturan polisi langsung bisa baca disini http://www.heriheryanto.com/2013/11/tidak-bersalah-tapi-di-tilang-pak.html

      Delete
    4. Terima kasih atas informasinya mas heri :)

      Delete
  9. Gan ane domisili di bogor. Tanggal 4 bulan 2 kmrn ane kena tilang karena pas di jalan plat nomer depan ane copot bautnya pada lepas. Nah ane lanjut aja jalan tanpa ada plat di depan ga jauh dr situ ada razia dan kena lah ane. Dpt lah kartu anggel biru walaupun udh membela diri. Nah baru kmrn dpt sms dr e-tilang suruh transfer ke bank 500rb posisi lg kanker. Apa bisa kita engga tf tp lngsng ikut sidang aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan liat comment atas agan saya nanya hal yg sama.

      Delete
  10. bisa, sebenernya kalau baca ulisan utuh sudah jawab pertanyaan-pertanyaan yg ditanyakan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.