Tuesday, October 11, 2016

Heri Laregrage

Apa itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan Apa Pentingnya bagi sebuah Blog atau Website dan Bagaimana cara mengetahuinya?

Awalnya ada yang posting di salah satu grup facebook, yang intinya ada tawaran pekerjaan review sebuah barang atau jasa bagi pemilik blog yang mempunyai nilai PA dan DA diatas 15. Blog yang   terpilih nantinya akan dilakukan kontrak kerjasama minimal selama 3 bulan dengan bayaran lumayan dan bisa diperpanjang sesuai kesepakatan jika diperlukan. Apalagi kontennya sudah disiapkan, si empunya blog tinggal majang aja tanpa harus ngetak-ngetik apalagi nyari bahan tulisan. Ada yang tertarik? Tanpa menunggu bermenit-menit, banyak orang  tertarik dengan menuliskan  alamat blognya disertai  nilai PA dan DA nya melalui kolom komentar.

Saya yang masih butiran debu ini penasaran dengan kepanjangan PA dan DA yang menjadi syarat terjadinya kerjasama. Karena baru pertama mendengar istilah PA dan DA sayapun tengsin kalau harus komen menayakan apa itu PA dan DA, jalan lainnya adalah mencari tahu ke mastah Google.

Pencarianpun dilakukan, ternyata beberapa pencarian hasilnya nol, tidak menemukan rekomendasi pencarian yang menuntaskan rasa penasaran terkait PA dan DA. Akhirnya browsing menggunakan perangkat lain dan ternyata hasil ditemukan. Nah, dari hasil review beberapa tulisan, bisa saya jelaskan kembali dengan lebih mudah sebagai berikut.

Apa Itu DA dan Apa Fungsinya?
DA atau kepanjangan dari Domain Authority merupakan otoritas dari sebuah domain atau nama website atau blog agar mudah ditemukan oleh mesin pencari (google, Yahoo, Bing dan kawan-kawannya). Sehingga DA akan sangat berkaitan dengan tingkat kepopuleran suatu domain. Semakin mudah diucapkan, dituliskan, diungkapkan dan   digunakan, maka semakin besar tingkat kepopulerannya. Jadi jika mau membuat alamat web jangan menggunakan ejaan dan bahasa yang sulit lagi aneh terdengar agar mudah ditangkap mesin pencari. Kecuali kita punya ilmu SEO tingkat Dewa.

Jika memutuskan menggunakan nama yang asing maka akan semakin besar energi kita agar domain itu bisa merangsek naik dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Semakin populer suatu web atau blog maka akan semakin mungkin muncul di halaman utama mesin pencari. Sehingga DA ini akan sangat berkaitan dengan SERP (Search Engine Result Page).

SERP sendiri merupakan sebuah tampilan daftar halaman hasil pencarian dari sebuah kata kunci yang dimasukkan kedalam mesin pencari. Domain atau website atau blog yang berada di halaman pertama adalah domain yang mempunyai nilai SERP paling tinggi. Karena setiap hari bermunculan domain baru bahkan tulisan baru maka harus bekerja keras dan menguasai triknya agar bisa muncul di halaman pertama dan bisa bertahan dihalaman awal. Karena kasusnya banyak juga yang pernah muncul di halaman awal mensin pencari tapi hanya bisa bertahan beberapa jam saja. LAh, masih mending pernah muncul, terus yang tidak pernah muncul itu bagimana agar bisa naik-naik-dan naik.

Selain kepopuleran sebuah domain, Usia domain juga mempengaruhi nilai DA. Tentunya harus diimbangi dengan kekinian dan keaktifan postingan di blog atau web tersebut. Kalau jarang update jangan harap juga bisa mempunyai nilai DA yang tinggi. Semakin lama web atau blog maka seharusnya ia mempunyai arsip halaman atau tulisan yang banyak, yang kemungkinan besar akan dicari dan dibuka oleh seseorang yang sedang melakukan pencarian di mesin pencari.

Membagikan link tulisan kepada yang membutuhkan juga bisa menaikkan reputasi domain kita. Jika tulisan kita bermanfaat maka, alamat postingan kita digunakan sebagai inbound link artikel pada tulisan mereka. Bahasa mudahnya menjadi back link tulisan mereka. Sehingga jika ada link yang layak kita rekomendasikan, kitapun bisa menjadikannya sebagai outbound link untuk isi artikel kita.

YAng tak kalah penting jika blog kita mau dikunjungi orang lain maka sadar dirilah untuk berkunjung juga ke blog orang lain. Saling kunjung mengunjungi akan membuat nilai DA kita juga naik. MAsa sih blog yang kita kunjungi tidak kunjung balik ke blog kita. Kalo itu terjadi ia termasuk orang yang kurang adab dalam dunia perblogingan.


DA mempunyai rentang nilai logaritmik 1-100. Semakin besar nilai DA maka semakin bagus sebuah domain atau alamat website atau blog.

Singkatnya, yang bisa menentukan nilai DA adalah sebagai berikut :
  • Usia Domain
  • Tingkat Popularitas Domain
  • Penggunaan Teknik inbound Link dan Outbound Link pada artikel.
  • Sering Blog Walking
Apa Itu PA dan Apa Fungsinya?
PA atau kepanjangan dari Page Authority. Kalau menurut saya, mudahnya merupakan otoritas sebuah laman atau halaman yang berisi konten dari sebuah website atau blog agar bisa muncul di laman atau halaman pencarian mesin pencari (search engine). PA mempunyai rentang nilai logaritmik 1-100. 

PA bisa juga merupakan sebuah nilai kemungkinan atau nilai popularitas suatu halaman sebuah website atau blog agar bisa muncul di mesin pencari (search engine).  Semakin besar nilai PA maka semakin besar kemungkinan halaman itu muncul di halaman pencarian (search engine).  Jadi, semakin besar PA semakin bagus suatu website atau blog. Tentunya ini akan berkaitan dengan seberapa bagus konten dan sesering apakah website atau blog itu menampilkan tulisannya. Tulisannya tentu bukan sembarang tulisan, minimal ia tidak menjiplak tulisan orang lain dan dibutuhkan.

Kata pakar SEO, google lebih cerdas menilai dan mendefinisaikan serta mengidentifikasi seberapa update dan layak sebuah tulisan untuk direkomndasikan mesin pencari untuk dibaca. Jika dirasa layak dan bermanfaat maka mesin pencari akan menempatkan tulisan atau laman tersebut dihalaman awal mereka. Dengan harapan akan menyelesaikan persoalan orang yang sedang menggunakan mesin pencari (search engine). jika muncul di halaman awal, maka dengan cepat dan mudah orang memilih halaman kita untuk dibuka dan dibaca. Nah dari situlah muncul angka kemungkinan sebuah otoritas laman atau halaman. 

Agar laman atau halaman kita mempunyai kemungkinan kemunculan yang besar di  mesin pencari ada baiknya kita sering membagikan tulisan kita sehingga orangpun akan mengunjungi laman kita, jika dirasa bermanfaat maka orang tersebut akan membagikan ulang halaman kita atau alamat tulisan kita nanti dijadikan sebagai back link di tulisan mereka. hal ini juga akan menambah nilai PA. 

Kesesuaian ilustrasi gambar dengan tulisan juga harus kita perhatikan agar bisa meanikkan nilai PA Sehingga sangat penting mensinkronkan gambar yang kita gunakan sebagai ilustrasi dengan judul artikel kita yang akan memungkinkan mesin menacari menemukan artikel kita. Sehingga teknik alt dan title teks harus diterapkan dalam setiap  artikel kita.

Baca
Cara Menggunakan ALT Teks dan Title Teks Pada Gambar yang ada Di Postingan Kita

Jadi singkatnya, agar mendapatkan nilai PA yang besar yang harus kita lakukan adalah :
  • Sering posting artikel baru dan kekinian yang bermanfaat
  • Tulisan berkulaitas dan tidak njiplak apalagi  berbelit belit
  • Rinci dan bermanfaat bagi orang lain
  • Bagikan tulisan kepada orang yang membutuhkan
  • Menggunakan Teknik Inboundlink dan Outbound Link
  • Kesesuaian Gambar dengan judul atau tema artikel
Lalu bagaimana cara mengetahuinya nilai PA dan DA?
Untuk mengetahui nilai logaritmik PA dan DA kita tidak usah pusing mencari rumus dan memasukkan angka-angka kedalam rumus logaritma, sudah ada website khusus yang bisa digunakan untuk melihat nilai PA dan DA kita dan itu gratis. kalau mau coba yang premium (berbayar) juga ada. Tinggal masukkan domain kita, maka dengan hitungan detik kita bisa melihat nilainya. Berikut website yang memfasilitasi melihat PA dan DA sebuah domain.
  1. http://moz.com/researchtools/ose/
  2. http://www.bulkdachecker.com/
  3. http://moonsy.com/domain_authority/
  4. http://moonsy.com/page_authority/
  5. http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
  6. http://smallseotools.com/page-authority-checker/
  7. http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php   
Demikian Ulasan singkatnya, semoga bermanfaat


Baca Juga Mengenal Lebih Dekat Inbound link, Outbound Link, NoFollow dan DoFollow dalam teknik SEO

    Heri Laregrage

    About Heri Laregrage

    Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

    Subscribe to this Blog via Email :

    2 comments

    Write comments
    February 15, 2017 at 8:15 PM delete

    Ane coba cek blog ane ternyata masih rendah scorenya, hrs semangat nih.

    Reply
    avatar
    Roni Lette
    AUTHOR
    February 17, 2017 at 11:22 PM delete

    hehe...parah amat DA & PA gw....hehehe thanx ulasanx mas ,ilmu bgt.

    Reply
    avatar

    Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

    Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

    Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.