Header Ads

Manfaat Donor Darah Sukarela Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain


Donor darah adalah perbuatan mulia dalam hubungan kita dengan sesama manusia. Aktifitas ini bisa juga dikatakan sebagai usaha menyambung nyawa manusia. Tentu terlepas dari takdir Allah yang sudah ditetapkan kepada orang tersebut.

Baca Juga : Prosedur Donor Darah Di UDD/UTD  PMI Kota Semarang

Air adalah komponen paling banyak yang menyusun tubuh manusia, dan darah sendiri adalah komponen zat cair terbanyak yang ada dalam tubuh manusia. Sehingga jika hal yang penting itu hilang atau berkurang dari tubuh seseorang, tentu akan menyebabkan kondisi tubuh tidak sehat atau tidak seimbang. Untuk menyeimbangkan itu salah satu caranya dengan melakukan transfusi darah.

Mulianya aktifitas donor darah terkadang masih belum diseriusi banyak orang karena rasa was-was yang bisa jadi, bisa kita kendalikan atau kita lawan. Meskipun di luarsana ada beberapa orang yang punya ketakutan atau trauma tersendiri pada darah dan proses proses yang berkaitan dengan darah.

Baca Juga : Syarat  Donor Darah Di UDD/UTD  PMI Kota Semarang

Untuk lebih menguatkan kita dalam meyambung nyawa manusia melalui donor darah, berikut manfaat yang didapat bagi orang yang melakukan donor darah;

Manfaat Donor Darah Sukarela Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain


1. Memperbaharui darah yang ada di Tubuh

Bisa dibayangkan jika darah yang ada pada tubuh kita itu-itu saja tanpa ada pembaruan atau darah segar yang menggantikan. Emang kenapa kalau tidak diganti? ya tidak apa-apa juga sih!, Karena Allah juga sudah menciptakan itu sesuai fungsinya meskipun tidak di perbaharui.

Tapi jika mengandalkan logika, darah baru dengan darah lama tentu secara fungsi dan kinerjanya akan lebih bagus darah baru bukan?

Pada perempuan atau kaum hawa, ada siklus rutin bulanan yaitu haid atau menstruasi serta ada masa nifas sebagai siklus alami  untuk mengganti darah lama dengan darah baru, terus laki-laki melaui proses apa? Harus jatuh dan keluar darah dulu gitu?! Amit-amit naudzubillah kalo harus begitu mah....!


Tak perlu risau melihat darah keluar dari tubuh sebab, secara alamiah aktifitas donor darah akan merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah baru,  sehingga membuat organ pembentukan darah berfungsi efektif dan sel-sel  menjadi lebih aktif. Ada siklus pembentukan sel darah baru  yang akan segera mengganti darah yang keluar dari tubuh.

Pembentukan sel darah yang lancar dan metabolisme yang berjalan baik, akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Volume darah akan kembali normal dalam 24 jam setelah berdonor. Sel-sel darah akan dibentuk kembali dalam 4-8 minggu dan seseorang diperbolehkan berdonor lagi setelah 60 hari.

2. Medical Check Up Gratis

Dengan melakukan donor darah, kita secara tidak langsung telah melakukan medical check up atau cek kesehatan secara gratis dengan darah kita. Darah yang sudah kita donorkan akan diperiksa, apakah terjangkit infeksi penyakit atau tidak. Pemeriksan ini dikenal dengan pemeriksaan infeksi menular lewat transfusi darah (IMLTD).
Jika darah (kita) berpenyakit, maka petugas PMI akan mengirimkan pemberitahuan kepada kita sebagai bentuk informasi bahwa darah kita tidak cocok atau tidak memenuhi syarat untuk ditransfusikan ke pihak lain. Atau minimalnya kalau tidak lolos tahap lanjut karena kadar HB atau tekanan darah terlalu rendah atau tinggi, kita sudah diperiksa kesehatannya melalui kadar darah dan tekanan darah.

Baca Juga : Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Semarang : Gedung Baru, Jam Kerja (Pelayanan) Baru

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendonor, Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2011 tentang Pelayanan Darah, telah mengamanahkan perlunya pemberitahuan hasil uji saring reaktif kepada pendonor yang bersangkutan, dimana pemberitahuan harus dilaksanakan melalui mekanisme tertentu sehingga pendonor dapat terjaga kerahasiannya dan mendapatkan tindak lanjut pemeriksaan diagnostik dan penanganan yang tepat.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung

Donor darah bisa menurunkan resiko penyakit jantung karena jumlah zat besi dalam darah lebih stabil.

4. Mendapat Kepuasan Batin

Pendonor yang rutin biasanya mempunyai niatan baik agar bisa membantu orang yang membutuhkan darah. Dengan begitu pendonor tentu akan merasakan kepuasan batin sendiri tanpa harus di sampaikan kepada orang lain. Kalau urusan pahala biar dia dengan Allah langsung saja.

Itulah manfaat donor yang akan diterima seseorang jika melakukan donor darah. Seperti biasa, jika artikel Manfaat Donor Darah Sukarela Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain ini bermanfaat, silakan di share atau dibagikan, Terimakasih atas kunjungannya

No comments:

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.