Header Ads

Jangan Panik, Inilah Bahasan Lengkap Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil


Judul artikelnya memang lebih tepat jika diposting di blog istri, realitarelita.com. Tapi tidak ada salahnya juga karena seorang laki-laki akan mendapat amanah sebagai seorang suami, yang kelak akan mendampingi dikala sang istri sedang hamil. Pengetahuan terkait kehamilan, sang suami juga wajib tahu, sehingga bisa memberikan suport dan perhatian yang seharusnya saat istri sedang hamil.  

Kabar kehamilan menjadi satu hal yang paling membahagiakan bagi sepasang suami istri. Tidak heran jika dari awal sudah harus paham cara menjaga kesehatan janin yang baik seperti apa. Nutrisi menjadi kebutuhan dasar dari ibu hamil, bisa dikatakan ini sebagai penentu kesehatan. Kurangnya asupan yang baik akan membuat janin ataupun ibu mengandung mengalami resiko gangguan kesehatan dan pertumbuhan. Fatalnya jika hal itu berimbas pada beberapa kemungkinan buruk saat lahiran seperti bayi tidak sesuai berat badan, premature bahkan kemungkinan cacat bawaan lahir.

Nah, ketika istri kita sudah dinyatakan hamil, itu artinya sang suami harus lebih ekstra dalam mendampingi pola makan dan pola hidup sang istri. Harus siap dengan segala perubahan pola makan sehat, baik dan tentunya bernilai gizi cukup. Lantas bukan berarti ketika tidak hamil kita mengabaikan pola makan yang sehat ya! Hal ini karena makanan tersebut bukan hanya untuk kebutuhan istri sendiri, tetapi juga makanan yang dikonsumsi istri kita setiap hari akan diserap pula oleh janin dalam kandungannya. 

Pola makan sehat ini wajib sekali diperhatikan. Dan tentunya semua orang tua akan melakukan apa saja untuk perkembangan janin yang baik dan sehat, sesuai dengan tahap perkembangannya dari minggu keminggu. Jika memungkinkan kita sebagai suami juga harus lebih perhatian dengan cara menambahkan suplemen prenatal jika dirasa perlu. Kadang ketika istri selesai kontrol kondisi kandungan ke bidan atau dokter kandungan, bisa dipastikan akan diberikan resep olehnya sebagai suplemen tambahan untuk ibu hamil. Salah satu nutrisi yang biasa di resepkan oleh bidan atau dokter adalah nutrisi zat besi. Seperti kita ketahui, pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia dimasa kehamilan. Hal ini juga dibutuhkan agar ibu dan bayi sehat serta proses persalinanpun lancar.

Baca Juga : 
- Detik-Detik Melahirkan, Selamat Datang Putri Kecilku

Setiap trimester ternyata membutuhkan nutrisi yang berbeda, pertama, kedua dan ketiga sampai dengan masa kelahiran. Umumnya ada beberapa sumber nutrisi bagi ibu hamil seperti:

1.    Karbohidrat dari zat tepung untuk pertumbuhan janin.
2.    Protein bisa dari telur, daging, tahu, tempe dan masih banyak lagi.
3.    Zat besi selain bermanfaat untuk pertumbuhan juga penting mencegah anemia.
4.    Asam folat pendukung kecerdasan si kecil.
5.    Serat dan vitamin lengkap.
6.    Lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.
7.    Kalsium sebagai pembentuk tulang.

Setelah melihat beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan seperti diatas, jangan lupa untuk selalu memenuhi setiap harinya. Pahami jenis apa saja yang dapat memberikan kandungan bermanfaat bagi perkembangan janin. Jika Kita khawatir makanan yang dikonsumsi setiap hari tidak sesuai dengan kebutuhan bisa langsung saja pilih suplemen yang sudah dibuat sesuai dengan takaran. Banyak dijual dipasaran mengenai suplemen ibu hamil, tetapi memang lebih baiknya konsultasi dengan dokter terkait suplemen apa saja yang dibutuhkan saat istri kita sedang hamil. Lain orang tentu lain pula resep suplemen yang diberikan.. Jika ingin melihat lebih detail seperti apa tips atau cara melengkapi nutrisi ibu hamil bisa cek di link https://www.goapotik.com/.

Nah, demikian sedikit artikel mengenai kehamilan yang harus diperhatikan juga oleh seorang lelaki yang akan menjadi seorang ayah. Jika artikel yang berjudul Jangan Panik, Inilah Bahasan Lengkap Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.