Header Ads

Cara Menghapus Link Rusak (Deadlink atau Brokenlink) Pada Blog atau Website

https://www.heriheryanto.com/ 
Perasaan tidak enak dengan link rusak yang ada di blog bermula saat mengamati trafic blog dibulan juli hingga pertengahan agustus kok selalu turun...! Fenomena apa ini? Biasanya selalu naik atau paling tidak stabil di angka rata-rata harian. Ada apa gerangan? Pastinya penurunan tersebut membuat taksiran adsense ngosngosan untuk bisa menyentuh angka 2 dijit. Kalau dibiarkan terus-menerus bisa semakin lama menerima bayaran..!

baca juga : Isi Artikel Asli di Blog Hilang? Begini Cara Mengembalikannya ke Kondisi Semula 

Saya ingat sebuah obrolan atau diskusi kalau salah satu penyebab penurunan tampilan (page view) blog itu salah satunya karena banyak internal link dan eksternal link yang rusak atau tidak ditemukan. jika dibuka hasil arahannya akan muncul 404 Not Found! alias tidak menemukan sasaran yang dituju atau tidak bisa mengarah langsung ke link yang dituju.

Link yang rusak tadi ada yang menyebutnya dengan istilah broken link atau dead link. Dalam obrolan tersebut menerangkan bahwa link rusak tersebut menjadikan mesin pencari google tidak menawarkan artikel yang ada di blog kita di saat ada orang lain yang sedang melakukan pencarian artikel pada search engine (mesin pencari) google. Padahal kita punya artikel yang dimaksud sama si pencari artikel tadi. Bahkan artikel kita dulu-dulunya pernah dimunculkan oleh google sebagai referensi dan diletakkan dihalaman pertama atau kedua untuk pencari artikel dengan kata kunci yang sedang dicari. kalau ini terjadi terus-terusan akan rugi besar bukan?!!
https://www.heriheryanto.com/

Untuk mengetahui posisi link yang rusak tadi, biasanya saya memakai situs deadlinkchecker.com dan brokenlinkcheck.com versi gratis sebagai bantuan untuk mengecek dan mendeteksi link rusak. Alhasil setelah dicek muncul kurang labih ratusan link yang rusak. Dan Ternyata posisinya paling banyak ada di komentar-komentar lama. Buset dah, gimana ngapusnya? Padahal dashboard blogger hanya menampilkan 1000 komentar terbaru saja..!

Saya sendiri tidak tahu aplikasi apa yang bisa menghapus komentar lama yang menimbulkan broken link, sehingga menjadi bersih dan suci kembali tanpa broken link. Mungkin ada, wong banyak developer dan programer yang berkecimpung dalam masalah ini kok. Tapi kita mau mengeluarkan uang atau tidak untuk menjadi member berbayarnya?!.. 

Karena pakai cara gratisan, yang bisa saya lakukan akhirnya menghapus 100 link terakhir di dashboard blogger. Nah saat saya menghapus 100 komentar lama, ketika berhasil dan sudah kita refresh atau kita segarkan, maka komentar lama yang belum masuk karena pembatasan 1000 komentar tadi dengan sendirinya akan mengisi ruang kosong, sehingga komentarpun akan genap kembali menjadi 1000 komentar, begitu seteruskanya hingga sampai dipenghujungnya sampai pada komentar paling akhir.

Penghapusan itu terus dilakukan sampai tersisa 900 komentar, yang menandakan bahwa sudah tidak ada komentar lawas lainnya yang mengisi porsi 1000 komentar tadi. Nah,  jika sudah begini barulah kita bisa hapus satu demi satu komentar yang menyebabkan brokenlink atau deadlink pada yang berdampak buruk pada blog kita. Tak apa kehilangan ribuan komentar akibat brokenlink atau deadlink untuk menyelamatkan masa depan dan nasib blog kita ini.

Setelah mentok di komentar 1000 dan tidak ada kementar lain yang masih tenggelam karena tidak mendapatkan tempat, kita cek ulang link rusak dengan deadlinkchecker.com dan brokenlinkcheck.com kembali. Pengecekan terbaru ini yang akan jadi patokan kita mengecek link -link yang bermasalah.

Setelah semua link kita cek kembali, kita telusuri dan kita perbaiki atau kita hapus satu persatu, Kita ulang lagi pengecekan menggunakan  deadlinkchecker.com dan brokenlinkcheck.com. Kita cek, link yang rusak itu ada di artikel mana? Apakah ada di komentar ataukah ada di dalam artikel yang kita tulis? Segera perbaiki jika masih bisa diperbaiki, tapi jika link rusak itu adanya dikomentar, maka mau tidak mau kita harus menghapus komentar tersebut. Tapi ingat risikonya, menghapus komentar induk sama halnya menghapus otomatis balasan-balasan dari komentar induk yang kita hapus.,

Setelah kita hapus dan dan atau perbaiki satu-satu link rusak tadi, jangan lupa untuk mengecek ulang, apakah masih ada brokenlink atau deadlink yang tersisa. Jika masih ada, telusuri lagi dan perbaiki kembali. Jika sudah tidak ada berarti misi telah selesai. Tapi kadang, ada link bawaan templete yang kita pakai dimana itu terdeteksi tidak baik atau rusak saat pengecekan, tapi tidak bisa kita hapus, hanya bisa pasrah membiarkannya. Seperti pada templete bawaan saya ada 2 link yang tidak bisa diperbaiki yaitu  https://www.blogger.com/null dan https://www.blogger.com?rinli=1/

https://www.heriheryanto.com/

Bagitulah cara saya membersihkan link url yang rusak, barangkali pembaca ada rekomendasi softwere atau situs atau aplikasi tak berbayar yang bisa dengan mudah dan cepat memperbaiki atau menghapus link rusak tanpa menghilangkan komentar yang sudah ada bisa berbagi dengan saya langsung dikomentar.

Akhir kata, sekian sharing pengalaman dari saya, jika artikel yang berjudul Cara Menghapus Link Rusak (Deadlink atau Brokenlink) Pada Blog atau Website ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.