Header Ads

Isi Artikel Asli di Blog Hilang? Begini Cara Mengembalikannya ke Kondisi Semula

Pernah tidak mengalami isi blogpost asli kita hilang?! Dimana artikel/ tulisan asli yang pernah kita tayangkan pada blog raib dan digantikan dengan tulisan lain. Hal ini dikarenakan kelalaian kita saat mengedit artikel. Sampai beberapa waktu, ternyata kita baru sadar kalau artikel asli tergantikan dengan artikel lain. 

Karena isinya berbeda dari yang asli, otomatis judulnya tidak sama dengan apa yang diterangkan dalam artikel. Padahal saat pertama menayangkan artikel, saya selalu mengaitkan judul artikel dengan isi tulisan. Saya juga sering membuat alamat url menjadi panjang. Ya tidak masalah, karena saya meyakini, kata demi kata yang ada pada alamat url itu adalah kata kunci tersendiri dan salah satu bagian dari teknik SEO (search engine optimation).

Jika ada pembaca yang pernah punya pengalaman yang demikian, atau pengunjung yang sedang menjadi artikel untuk solusi dari masalah artikel yang hilang tadi, tulisan ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Lantas bagaimana mengembalikan postingan atau isi artikel asli yang hilang?! Padahal tulisan aslinya sudah digantikan dengan tulisan yang lain? Simak basa-basi saya dulu berikut ini...

Awalnya saya merasa kalau statistik pengunjung blog dari bulan juli hingga pertengahan agustus 2019 mengalami penurunan. Kemudian saya ingat sebuah obrolan kalau salah satu penyebab penurunan tampilan blog itu salah satunya karena banyak internal link dan eksternal link yang rusak. 

Link yang rusak tadi ada yang bilang broken link atau dead link. Link rusak tersebut menjadikan mesin pencari google tidak menawarkan artikel kita saat ada orang lain yang mencari artikel di google. Padahal kita punya artikel yang dimaksud sama sipencari tadi dan bahkan artikel kita dulu-dulunya pernah dimunculkan oleh google sebagai referensi untuk pencari artikel. Rugi bukan?!!

Akhirnya saya memutuskan bersih bersih link rusak yang saya anggap sebagai faktor yang menyebabkan statistik pengunjung turun. Selengkapnya terkait bagaimana cara saya mengatasi link yang rusak atau bermasalah, simak artikel yang berjudul Cara Menghapus Link Rusak (Deadlink atau Brokenlink) Pada Blog atau Website
https://www.heriheryanto.com/

Nah ternyata dari hasil pengecekan, ada link masukan (Internal link) yang bermasalah, dan link rusak itu berada diartikel seputar donor darah. Saya telusuri link rusak tadi untuk saya perbaiki. Saat saya lakukan pengeditan untuk memperbaiki link yang rusak, ternyata ada ketidaksamaan antara judul artikel dan isi artikel.
https://www.heriheryanto.com/

Saya perhatikan judulnya benar Manfaat Donor Darah Sukarela Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain, tapi pas dicek isinya ternyata menjelaskan tentang prosedur donor darah, yang mana artikel tersebut saya beri judul Prosedur Donor Darah Di UDD/UTD PMI Kota Semarang. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini ;

https://www.heriheryanto.com/
Gambar A. Artikel asli hilang, diisi artikel lain. Judul dan url tetap seperti awal
Perhatikan, Gambar A adalah tampilan yang menampilkan atikel lama tapi konten aslinya hilang. Dimana postingan dengan judul Manfaat Donor Darah Sukarela bagi Diri Sendiri dan Orang lain ini mempunyai alamat url https://www.heriheryanto.com/2018/03/manfaat-donor-darah-sukarela-bagi-diri-sendiri-orang-lain.html. Setelah dicek ternyata isinya tidak menjelaskan manfaat donor darah, melainkan menjelaskan prosedur donor darah. Padahal artikel terkait tentang prosedur donor darah sudah ada dan menjadi postingan tersendiri seperti tampak pada Gambar B.

https://www.heriheryanto.com/
Gambar B. isi artikel yang tidak sengaja mengisi artikel yang hilang

Pada Gambar B, Judulnya adalah prosedur donor darah di UDD/UPTD Kota Semarang dengan alamat url https://www.heriheryanto.com/2018/03/prosedur-donor-darah-udd-utd-pmi-kota-semarang.html dan isinyapun sudah benar, menjelaskan tentang prosedur donor darah.

Sampai disini berarti ada duplikasi konten artikel prosedur donor darah yang mengisi konten artikel manfaat donor darah. Padahal saat awal mula artikel manfaat donor darah itu terbit, isinya benar-benar mengulas tentang manfaat donor darah. Jadi artikel asli nya hilang karena tergantikan dengan isi artikel lain. Padahal artikel tersebut dibuat melalui riset kecil-kecilan tidak asal jiplak atau copy paste. Kalau disuruh buat ulang artikel dengan judul sama, entah selesai dalam berapa lama.

Kembali kepermasalahan. Lebih jelas lagi coba perhatikan gambar dibawah ini. Saat saya melakukan pencarian artikel dengan kata kunci manfaat donor darah seperti judul artikel yang pernah saya buat, ternyata muncul saran dari google berupa artikel saya yang menempati posisi ke 5. Dimana disitu masih terekam prolog atau kata-kata awal saat saya menerbitkan artikel tentang manfaat donor darah.

https://www.heriheryanto.com/


Disana masih terekam bahwa kata kata diawal paragraf pertama tertulis "Donor darah adalah perbuatan mulia dalam hubungan kita dengan sesama manusia. Aktifitas ini bisa juga dikatakan sebagai usaha menyambung nyawa manusia. Tentu terlepas dari takdir Allah yang sudah ditetapkan kepada orang tersebut......." 

Tapi ketika saya klik kanan dan buka tab baru atau klik kanan langsung, maka tampilannya diarahkan ke tampilan seperti gambar A yang saya tampilkan diatas, judul dan url tentang manfaat donor darah, tapi isinya tentang proseur donor darah... 

Terus bagaimana cara mengembalikan keada kondisi sebelumnya yaitu saat masih memuat artikel asli yang pertama kali terbit?

https://www.heriheryanto.com/
Isi artikel awal yang hilang
Jawabannya gampang-gampang susah. Gampang jika memang benar pernah menulis dan mempublikasikan artikel asli yang berbeda dengan tampilan sekarang dan susah jika memang tidak pernah menerbitkan artikel asli tentang manfaat donor darah.

Gampang diperbaiki seperti kondisi semula jika artikel lama sudah terindeks sebelumnya oleh mesin pencari, khususnya mesin pencari google. Dan susah diperbaiki jika memang sebelumnya artikel dan url tersebut belum pernah terindeks atau ter-crawl atau terayapi oleh google search engine.

Gampang sekali jika sebelumnya kita sudah mengaktifkan fitur google search console atau google webmaster dan sulit jika kita memang belum mengaktifkan google webmaster atau goggle search console.

Jadi dari uraian diatas, jika kita ingin mengembalikan isi artikel yang hilang dengan isi artikel asli sebelumnya syaratnya adalah :
1. Pernah menulis artikel asli yang hilang
2. Artikel pernah terindeks di google search
3. Punya akun google search console atau google webmaster
4. Punya waktu luang untuk mengembalikan kekondisi semula

Sedangkan untuk tutorial teknis cara mengembalikan artikel asli yang hilang dari blog adalah sebagai berikut ;

1. Cari di mesin pencari google, ketik  judul artikel blog yang akan kita kembalikan ke kondisi semula. 

2. Setelah muncul dan ketemu postingan kita, klik tanda panah hijau di akhir judul artikel kita. perhatikan gambar dibawah ini, perhatikan yang ada tanda panahnya.


https://www.heriheryanto.com/
  
3. Setelah diklik akan muncul tulisan cache. klik cache yang muncul lalu kita akan diarahkan ke tampilan webcache. Perhatikan gambar dibawah ini (didalam kotak merah).

https://www.heriheryanto.com/

4. Perhatikan yang ada di kotak merah. Hal tersebut pertanda bahwa kita tidak membuka halaman asli, namun hanya membuka halaman cache atau halaman lama yang pernah tersimpan dimesin pencari sebelumnya. Halaman ini ditandai dengan url yang berbeda dari url asli. Alamat url yang muncul adalah https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:qDJ54tVWpzUJ:https://www.heriheryanto.com/2018/03/manfaat-donor-darah-sukarela-bagi-diri-sendiri-orang-lain.html+&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d

Isi artikel dalam tampilan cache ini adalah sama dengan isi artikel awal yang hilang. Perhatikan kata-kata paragraf awalnya. berbeda dengan tampilan halaman asli saat kita klik kanan dan pilih new tab atau kita klik kiri langsung. Pada tampilan tersebut juga terdapat keterangan "ini adalah cache Google' untuk https://www.heriheryanto.com/2018/03/manfaat-donor-darah-sukarela-bagi-diri-sendiri-orang-lain.html. Gambar ini adalah jepretan halaman seperti yang ditampilkan pada tanggal 12 Ags 2019 12:29:24 GMT. Sementara itu, halaman tersebut mungkin telah berubah. Pelajari Selengkapnya"


https://www.heriheryanto.com/

Kalau berdasarkan keterangan webcache google tersebut, artikel yang dibuat pada tanggal 03 maret 2018 itu mengalami perubahan yang diprediksi berubah setelah tanggal 12 Agustus 2019.

5. Jika sudah muncul tampilan wersi webcache, salin saja semua isi artikel tersebut dan pindahkan dulu pada wordpad atau ms word atau notepad sebelum kita pindahkan pada postingan aslinya. 

6. Edit dan sesuaikan artikel dengan tampilan cache, baik tata letak, foto yang dipakai dan link yang disisipkan. Jika ingin dimodifikasi juga tidak apa-apa.

7. Setelah dirasa yakin sudah tersalin semua maka blogpost siap diperbaharui. Dan akhirnya artikel kembali seperti semula.

Begitulah cara saya dalam mengakali dan mengembalikan isi artikel yang hilang. Seperti biasa, jika artikel yang berjudul Isi Artikel Asli di Blog Hilang? Begini Cara Mengembalikannya ke Kondisi Semula ini bermanfaat, silakan dibagikan dan disebarluaskan.

1 comment:

  1. Awal penyebabnya Dead link, memang yang males itu ngecek artikel yang lama. Nice info

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.