Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waduk (Bendungan) UNDIP, Tempat Nyaman Buat Ngajak Anak Jalan Jalan Saat New Normal



Waduk Pendidikan Diponegoro atau Waduk Undip ini terletak di Kecamatan Tembalang Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Selain nama waduk undip dan waduk pendidikan diponegoro, tempat ini punya nama lain yaitu Bendungan UNDIP atau Embung UNDIP.

Baca juga : Jembatan SiKatak UNDIP, Spot Selfie Baru Di Undip Tembalang


Secara koordinat, waduk pendidikan diponegoro ini terletak di 7°03’07,52″LS , 110°26’46,11″BT. berdasarkan laman http://www.bbwspemalijuana.com/ data waduk undip sebagai berikut ;
Daerah Tangkapan Air : 10,24 km2
Volume Waduk Normal : 102.86 m3
Tinggi Waduk : 14,75 m
Panjang Puncak Bendungan : 162,36 m
Lebar Puncak Bendungan : 8 m
Elevasi Puncak : +176,95 m

Ma Banjir
Elevasi : +176,95 m
Luas : 2,152 ha
Volume : 122.000 ha

Ma Normal
Elevasi : +174 m
Luas : 1.350 ha
Volume : 102.860 ha
Tahun Konstruksi 2013 – 2014
Tipe Konstruksi : Urugan batu dan random berintin lempung kedap
Manfaat : waduk pendidikan

Waduk UNDIP : Kerjasama UNDIP dan BBWS Pamali Juana

Waduk atau bendungan yang dibangung diatas tanah milik UNDIP ini pembangunannya memakai dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebesar Rp 42.000.000.000 (empat puluh dua milyar rupiah).

Sumber gambar : web Albairain FPIK

Waduk undip atau bendungan undip ini dibangun atas kerjasama undip dengan Balai Besar Wilayh Sungai (BBWS) Pamal Juana. UNDIP dan BBWS Pamali Juana membuat waduk dengan membendung sungai krengseng.

Baca juga : Sate Gurita Bakar dan Sate Cumi Bakar, Jajanan Kekinian di Undip Tembalang Semarang

Pembangunan tahap pertama waduk pendidikan diponegoro ini dimulai pada bulan maret 2013. pembangunan waduk ini menurut mantan rektor undip Bapak Soedharto P Hadi, dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan, serta pengendali banjir di kawasan sekitar kampus Undip Tembalang.

Waduk UNDIP Sebagai Laboratorium

Waduk juga sebagai laboratorium Fakultas Teknik Sipil, Kimia maupun Lingkungan, Perikanan dan Kelautan, pembangkit listrik, dan tempat rekreasi. Selain itu waduk ini juga difungsikan sebagai laboratorium untuk S2 Bendungan yang dibuka UNDIP dengan kerjasama Kementerian Pekerjaan Umum.


Rencananya, untuk menghindari pencemaran dari air sungai yang masuk, waduk undip akan dilengkapi dengan sistem pengendali limbah sampah terapung. Limbah dikumpulkan di tempat pengelolaan sampah terpadu untuk didaur ulang menjadi pupuk atau kerajinan tangan.


Rekreasi di Waduk UNDIP

Seperti yang disampaikan bapak Soedharto P Hadi, waduk ini juga di fungsikan sebagai tempat rekreasi. Setiap akhir pekan waduk undip sering dikunjungi warga sekitar baik sekedar jalan santai, bersepeda, memancing dan aktifitas lainnya.

Di sekitar waduk juga terdapat gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berteduh. Kadang ada juga penjual bakso, cilok, siomay, es dawet dan pedagang keliling lainya yang menjajakan makanan atau jajanan di sekitar waduk undip.



Di sekitar waduk juga ada warung makan semi permanen yang menjajakan aneka nasi bungkus, aneka gorengan, aneka minuman dan jajan pasar lainnya. Waduk undip ini sangat ramah anak, tempat yang luas menjadikan anak-anak lebih leluasa berlari dan berlalu lalang.

1 comment for "Waduk (Bendungan) UNDIP, Tempat Nyaman Buat Ngajak Anak Jalan Jalan Saat New Normal"

  1. Sudah lama tidak berkunjung ke blog ini. Menarik tentang rekreasi sekaligus edukasi ke waduk Undip...

    ReplyDelete

Berlangganan via Email