Header Ads

Jembatan SiKatak UNDIP, Spot Selfie Baru Di UNDIP Tembalang

Sejarah Pembangunan Jembatan SiKatak

Jembatan Sikatak UNDIP dibangun untuk menghubungkan Jalan Prof. Soedharto dan Jalan Lingkar Undip yang terputus oleh Sungai Sikatak atau Sungai Krengseng. Dengan pembangunan jembatan ini harapannya dapat mengakomodasi pergerakan arus lalu lintas dari Jalan Lingkar Undip menuju Jalan Prof Soedharto tanpa harus memutar arah ataupun memasuki Kampus Undip. Terutama bagi pengguna jalan yang tidak ada keperluan masuk ke kampus undip. Seperti warga jurang blimbing atau penghuni pondok pesantren galang sewu bisa langsung menggunakan jembatan sikatak tanpa harus masuk melalui pintu gerbang utama kampus undip.

Baca juga :Waduk (Bendungan) UNDIP, Tempat Nyaman Buat Ngajak Anak Jalan Jalan

Standar yang dipakai untuk merencanakan jembatan ini mengacu pada SNI 1725 2016 (Pembebanan untuk Jembatan), SNI 2833 2008 (Standar Perencanaan Tahan Gempa untuk Jembatan) dan SNI 1729 2015 (Spesifikasi Bangunan Baja Struktural).

Lelang Pembangunan Jembatan SiKatak

Dari penelusuran laman http://lpse.undip.ac.id/, pembangunan jembatan ini mulai ditawarkan ke publik pada awal Mei 2019 dengan batas waktu pengiriman penawaran maksimal tanggal 21 Mei 2019. Pada tanggal 24 Mei Undip sudah mengantongi pemenang lelang. Sedangkan penandatanganan kontrak sendiri dijadwalkan pada tanggal 17 Juni - 18 Juni 2019. Pembangunan Jembatan SiKatak sendiri dianggarkan oleh undip sebesar Rp 25.000.000.000 (dua puluh lima milyar rupiah) tapi yang digunakan hanya Rp 22,2 milyar. Pendanaannya dibantu juga oleh APBN.

Asal Usul Arti Jembatan SiKatak

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa pemilihan nama SiKatak sendiri didasari oleh nama sungai SiKatak yang memutus jalan lingkar undip dengan jalan prof. Seodarto SH Undip. Dari pada sungai SiKatak, masyarakat lebih familiar dengan sungai Krengseng. Tapi banyak juga yang mengatakan Arti Jembatan SiKatak diambil dari jalan lingkar undip yang terpotong. Karena terpotong, masyarakat sekitar sering menyebut SiKethok dalam bahasa mereka yang mempunyai arti terpotong. Dengan adanya jembatan SiKatak, maka jalan lingkkar undip tersebut sudah tidak terpotong lagi.



Beda lagi dengan versi Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Jembatan ini disebut Sikatak artinya seperti katak yang dapat melompat. Sebagai gambaran atas apa yang telah dilakuan Undip yaitu banyak melakukan lompatan dalam prestasi dan kemajuan-kemajuan lainnya.

Peresmian Jembatan SiKatak 

Pada bulan Juni 2020 sebenarnya jembatan SiKatak ini sudah dioperasikan sebagai jembatan penghubung yang bisa digunakan masyarakat sekitar ataupun civitas akademika undip. Namun secara resmi, Jembatan SiKatak Undip diresmikan rektor undip pada tanggal 3 Juli 2020 dengan seremonial sederhana.

Akses Khusus Keperawatan UNDIP dan RSND 

Setelah Jembatan SiKatak resmi dioperasikan, maka akses masuk undip dari jalur lingkar semakin dibatasi. Terbukti jalan masuk ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Pertanian dan Peternakan sekarang sudah ditutup. Tapi akses ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Departemen Ilmu Keperawatan bisa diakses lebih mudah dengan adanya Jembatan Merah Undip ini.

Jembatan SiKatak Mirip Dengan Jembatan KaliKuto

Jembatan SiKatak UNDIP ini menjadi ikon baru kampus undip, dimana jembatan  berwarna merah itu desainnya mirip dengan Jembatan Kalikuto yang merupakan icon jalan Tol Batang-Semarang. Jembatan Kalikuto sendiri tepatnya berada di perbatasan Kendal dan Batang Jawa Tengah.

Jembatan SiKatak Jadi Icon Baru UNDIP

Desain jembatan siKatak ini bisa dibilang unik bagi masyarakat sekitar, sehingga tidak jarang banyak orang yang menyengaja berfoto ria,  nongkrong atau jalan-jalan disekitar jembatan. Asalkan tidak dilakukan saat malam larut karena khawatir akan mengangu kenyamanan orang yang berkendara melewati jembatan sikatak. Tak jarang pula keamanan undip yang memantau bahkan menertibkan para pengguna jembatan sikatak undip.

Lokasi Jembatan SiKatak

Lokasi Jembatan Sikatak Sendiri terletak dijalur penghubung Prof Soedarto Undip dengan jalan Lingkar Kampus Undip di sebelah timur. Dari pintu gerbang utama kampus undip menuju arah rusunawa atau waduk undip atau stadion undip. Jembatan SiKatak Berlokasi di Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Lokasi detail bisa disimak di google maps yang ada dibawah.



2 comments:

  1. Kecewa blog ini tidak seinteraktif dulu.... Boro boro blogwalking atau balas komen. Udah komen positif panjang di artikel ini malah dihapus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Vicky, mohon maaf atas ketidaknyamananya.

      saya pribadi tidak pernah menghapus komentar pak Vicky di tulisan ini. Komentar ini adalah komentar yg pertama di artikel ini. Tidak ada komentar sebelum ini..

      Saya hanya menghapus komentar dari anonim, mengandung spam, link hidup dan promosi yang tak berizin.

      Delete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.