Wednesday, October 26, 2016

Heri Laregrage

Prosedur/ Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Banyumanik Menggunakan BPJS

 
RS. Hermina Banyumanik Semarang adalah RS tipe C yang dikenal sebagai rumah sakit berkelas (baca :mahal) bagi kalangan pesakitan atau bahkan orang sehat sekalipun. Memang semua itu sepadan dengan fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit. Tapi Sekarang dengan adanya rujukan BPJS, berobat ke Hermina Banyumanik Semarang bisa tanpa uang alias gratis loh... Dalam hal ini, biaya berobat dan rawat ditanggung oleh BPJS.

Bagaimana Agar bisa Gartis Berobat Ke Hermina?
Selain pengguna asurasi inhealt atau axa mandiri, peserta BPJS juga bisa berobat gratis di RS. Hermina. Agar bisa berobat ke Hermina dengan BPJS (gratis), tentunya harus ada rujukan dari dokter faskes pertama terlebih dahulu. Dimana dalam surat rujukan tersebut menerangkan pasien di rujuk ke RS Hermina dengan menyertakan keterangan lain dari dokter keluarga (faskes 1). Untuk mendapatkan surat rujukan dokter ini biasanya gampang-gampang susah, tergantung dokternya saja.

dental chair dilengkapi TV
Bagi peserta BPJS, selama dokter keluarga (faskes pertama) merasa mampu menangani penyakit tersebut, maka dokter tidak mudah mengeluarkan rujukan untuk ditindak lanjuti fasilitas kesehatan diatasnya. "Ladang uang kok ya dibuang-buang", mungkin itulah selintas fikiran yang ada. Sehingga tidak jarang, ada yang sampai 3 kali berobat tapi dokter keluarga masih belum mengeluarkan rujukan. Salah satu alibinya ada dokter yang menyarankan untuk cek laboratorium (lab) terlebih dahulu jika mau mendapat rujukan.

RS. Hermina merupakan Rumah Sakit tipe C yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang bisa digunakan sebagai rujukan jika dokter keluarga / klinik pratama atau fasilitas kesehatan tingkat pertama tidak bisa menangani lebih lanjut.

Syarat dan Prosedur Berobat Pasien BPJS di RS HerminaSebelum datang langsung ke rumah sakit, lebih baik dihubungi terlebih dahulu lewat telepon untuk menanyakan hal dasar. Tanyakan Prosedur (persyaratan) teknis peserta BPJS, nama dan jadwal dokter spesialis yang ada. Adapun prosedur yang harus dilalui pasien BPJS adalah sebagai berikut ;

Datang lebih awal untuk mengumpulkan berkas administrasi pasien BPJS, meskipun praktek dokternya siang, sore ataupun malam. Letakkan berkas di samping kanan customer servis (cs). Letakkan pada box yang telah disediakan.

Adapun berkas yang harus ada dan wajib dilampirkan adalah sebagai berikut ;
a. Fotokopi dan Asli surat rujukan Faskes sebelumnya
b. Fotokopi KTP
c. Fotokopi KK
d. Fotokopi Kartu BPJS

Jika berkas sudah dikumpulkan, tunggu sampai nama kita dipanggil. Sebagai informasi saja, Pelayanan di buka jam 09.00 tapi lebih baik datang lebih awal karena beberapa dokter di RS Hermina membatasi pasien yang berobat setiap harinya.

BACA : Nama dan Jadwal Dokter Praktek di RS. Hermina yang Menerima dan  Membatasi Pasien BPJS

Pengecekan berkas pasien BPJS baru dilakukan pukul 09.00 WIB dan biasanya menunggu antrian pasien umum sepi. Jika antrian pasien umum kosong, baru CS bertahap melayani pasien BPJS berdasarkan berkas yang ditumpukan paling bawah terlebh dahulu. Tapi lumayan cepet kok tidak seantri di RS lainnya. Paling nunggu 4-7 antrian.

Setelah nama kita dipanggil, maka cs akan memverifikasi berkas yang sudah kita kumpulkan dan menanyakan dokter spesialis yang dituju. Jadi sebelum datang, pastikan kita sudah mengantongi nama dokter yang akan kita tuju.

Jika baru pertama kali berobat ke Hermina, maka kita akan disodorkan formulir data diri pasien dan penanggungjawab pasien yang harus diisi, sembari cs menginput  data diri kita ke database pasien RS Hermina. Kita juga akan disodorkan form untuk ditandantangi, sebelum tanda tangan, pastikan kita mengetahui berkas atau form apa yang akan kita tandatangani.
Berkas administasi komplit
Setelah berkas komplit maka cs akan menyerahkan berkas tersebut kepada kita dan akan menginfokan jadwal dokter dan ruangannya. Berkas tersebut kita bawa ke ruang perawat jaga yang telah diinfokan oleh cs.

Jika berkas sudah diserahkan ke perawat jaga, maka perawat jaga akan mengingatkan jadwal dokternya agar kita bisa datang sesuai jadwal yang diagendakan. Di ruang perawat tersebut kita juga akan ditimbang dan ditensi sebelum meninggalkan ruangan. Datang kembali sesuai jadwal praktek dan pergi ke cs untuk ambil antrian kecil. CS akan menanyakan nama dan dokter yang dituju kemudian akan menyerahkan antrian kecil tersebut.

 
Kumpulkan antrian kecil tersebut ke perawat jaga untuk memastikan bahwa kita sudah hadir dan sedang menunggu antrian (giliran). Tunggu sampai nama kita dipanggil. Jika kita datang lewat dari jadwal praktek maka tidak akan dilayani dan diminta mengulang registrasi lagi dari awal.

Jika pemeriksaan sudah selesai maka sudah bisa meninggalkan rumah sakit tanpa harus mengantri atau mengunjungi kasir rumah sakit.

Baca Juga : Prosedur atau Cara dan Berkas yang Harus Disiapkan Saat Rawat Jalan (berobat) ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) UNDIP

Jika kita dirujuk ke RS lain, tunggu sampai dokter menyerahkan surat rekomendasi rujukan dan bawa surat rujukan dari dokter tersebut ke cs. Setelah rujukan sampai ke cs, maka cs akan mengkonfirmasi ke BPJS bahwa pasiennya akan dirjuk ke RS lain dan tunggu sampai selesai dibuatkan surat rekomendasi dari BPJS. Sehingga kita akan mendapat 2 rujukan (rekomendasi), rujukan dari dokter dan rekom dari BPJS.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.