Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prosedur/ Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Banyumanik Menggunakan BPJS

 
RS. Hermina Banyumanik Semarang adalah RS tipe C yang dikenal sebagai rumah sakit berkelas (baca :mahal) bagi kalangan pesakitan atau bahkan orang sehat sekalipun. Memang semua itu sepadan dengan fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit. Tapi Sekarang dengan adanya rujukan BPJS, berobat ke Hermina Banyumanik Semarang bisa tanpa uang alias gratis loh... Dalam hal ini, biaya berobat dan rawat ditanggung oleh BPJS.
Bagaimana Agar bisa Gartis Berobat Ke Hermina?
Selain pengguna asurasi inhealt atau axa mandiri, peserta BPJS juga bisa berobat gratis di RS. Hermina. Agar bisa berobat ke Hermina dengan BPJS (gratis), tentunya harus ada rujukan dari dokter faskes pertama terlebih dahulu. Dimana dalam surat rujukan tersebut menerangkan pasien di rujuk ke RS Hermina dengan menyertakan keterangan lain dari dokter keluarga (faskes 1). Untuk mendapatkan surat rujukan dokter ini biasanya gampang-gampang susah, tergantung dokternya saja.

dental chair dilengkapi TV
Bagi peserta BPJS, selama dokter keluarga (faskes pertama) merasa mampu menangani penyakit tersebut, maka dokter tidak mudah mengeluarkan rujukan untuk ditindak lanjuti fasilitas kesehatan diatasnya. "Ladang uang kok ya dibuang-buang", mungkin itulah selintas fikiran yang ada. Sehingga tidak jarang, ada yang sampai 3 kali berobat tapi dokter keluarga masih belum mengeluarkan rujukan. Salah satu alibinya ada dokter yang menyarankan untuk cek laboratorium (lab) terlebih dahulu jika mau mendapat rujukan.

RS. Hermina merupakan Rumah Sakit tipe C yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang bisa digunakan sebagai rujukan jika dokter keluarga / klinik pratama atau fasilitas kesehatan tingkat pertama tidak bisa menangani lebih lanjut.

Syarat dan Prosedur Berobat Pasien BPJS di RS Hermina
Sebelum datang langsung ke rumah sakit, lebih baik dihubungi terlebih dahulu lewat telepon untuk menanyakan hal dasar. Tanyakan Prosedur (persyaratan) teknis peserta BPJS, nama dan jadwal dokter spesialis yang ada. Adapun prosedur yang harus dilalui pasien BPJS adalah sebagai berikut ;

Datang lebih awal untuk mengumpulkan berkas administrasi pasien BPJS, meskipun praktek dokternya siang, sore ataupun malam. Letakkan berkas di samping kanan customer servis (cs). Letakkan pada box yang telah disediakan.

Adapun berkas yang harus ada dan wajib dilampirkan adalah sebagai berikut ;
a. Fotokopi dan Asli surat rujukan Faskes sebelumnya
b. Fotokopi KTP
c. Fotokopi KK
d. Fotokopi Kartu BPJS

Jika berkas sudah dikumpulkan, tunggu sampai nama kita dipanggil. Sebagai informasi saja, Pelayanan di buka jam 09.00 tapi lebih baik datang lebih awal karena beberapa dokter di RS Hermina membatasi pasien yang berobat setiap harinya.

BACA : Nama dan Jadwal Dokter Praktek di RS. Hermina yang Menerima dan  Membatasi Pasien BPJS

Pengecekan berkas pasien BPJS baru dilakukan pukul 09.00 WIB dan biasanya menunggu antrian pasien umum sepi. Jika antrian pasien umum kosong, baru CS bertahap melayani pasien BPJS berdasarkan berkas yang ditumpukan paling bawah terlebh dahulu. Tapi lumayan cepet kok tidak seantri di RS lainnya. Paling nunggu 4-7 antrian.

Setelah nama kita dipanggil, maka cs akan memverifikasi berkas yang sudah kita kumpulkan dan menanyakan dokter spesialis yang dituju. Jadi sebelum datang, pastikan kita sudah mengantongi nama dokter yang akan kita tuju.

Jika baru pertama kali berobat ke Hermina, maka kita akan disodorkan formulir data diri pasien dan penanggungjawab pasien yang harus diisi, sembari cs menginput  data diri kita ke database pasien RS Hermina. Kita juga akan disodorkan form untuk ditandantangi, sebelum tanda tangan, pastikan kita mengetahui berkas atau form apa yang akan kita tandatangani.
Berkas administasi komplit
Setelah berkas komplit maka cs akan menyerahkan berkas tersebut kepada kita dan akan menginfokan jadwal dokter dan ruangannya. Berkas tersebut kita bawa ke ruang perawat jaga yang telah diinfokan oleh cs.

Jika berkas sudah diserahkan ke perawat jaga, maka perawat jaga akan mengingatkan jadwal dokternya agar kita bisa datang sesuai jadwal yang diagendakan. Di ruang perawat tersebut kita juga akan ditimbang dan ditensi sebelum meninggalkan ruangan. Datang kembali sesuai jadwal praktek dan pergi ke cs untuk ambil antrian kecil. CS akan menanyakan nama dan dokter yang dituju kemudian akan menyerahkan antrian kecil tersebut.

 
Kumpulkan antrian kecil tersebut ke perawat jaga untuk memastikan bahwa kita sudah hadir dan sedang menunggu antrian (giliran). Tunggu sampai nama kita dipanggil. Jika kita datang lewat dari jadwal praktek maka tidak akan dilayani dan diminta mengulang registrasi lagi dari awal.

Jika pemeriksaan sudah selesai maka sudah bisa meninggalkan rumah sakit tanpa harus mengantri atau mengunjungi kasir rumah sakit.

Baca Juga : Prosedur atau Cara dan Berkas yang Harus Disiapkan Saat Rawat Jalan (berobat) ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) UNDIP

Jika kita dirujuk ke RS lain, tunggu sampai dokter menyerahkan surat rekomendasi rujukan dan bawa surat rujukan dari dokter tersebut ke cs. Setelah rujukan sampai ke cs, maka cs akan mengkonfirmasi ke BPJS bahwa pasiennya akan dirjuk ke RS lain dan tunggu sampai selesai dibuatkan surat rekomendasi dari BPJS. Sehingga kita akan mendapat 2 rujukan (rekomendasi), rujukan dari dokter dan rekom dari BPJS.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, Jika artikel yang berjudul Prosedur/ Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Banyumanik  Menggunakan  BPJS ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. terima kasih atas kunjungannya.

31 comments for "Prosedur/ Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Banyumanik Menggunakan BPJS"

  1. siang ka, mau tanya d RS. hermina kalau dokter kandungannya udah tau hasil hemoglobin kita rendah. apakah tindakan selajutnya ya? transfusi darah/d ksih obat pnambah darah?
    klo dilakukan transfusi, apakah bs d cover sm bpjs mandiri(bukan dari pemerintah/byar tiap bulan)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya diresepi obat, tapi beda dokter beda penanganan, tergantung seberapa banyak penurunannya..

      Utk hermina, lab dan transfusi dikenakan biaya pribadi

      Delete
  2. Kalau mau konsultasi dokter spesialis mata prosedur nya gimana ya min tolong bantu rs Hermina Bekasi soalnya baru pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tanpa bpjs, tinggal daftar saja dan pilih jadwal dan dokter yg pas..

      Kalau mau pake bpjs, harus ke faskes 1 dlu minta rujukan. Dapet atau tidak rujukannya tergantung dokter masing masing.. Disampaikan saja keluhannya pada dokter faskes 1

      Delete
  3. Maaf mau nanya syaratnya mau periksa kedokter spesialis gigi anak bgmn ya,n cr mendaftarnya gmn,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa daftar online bisa lagsg datang di pendaftaran poli gigi. Klo tanpa bpjs bisa daftar lgsg. Klo dg bpjs harus ada rujukan

      Delete
  4. Kalau mau berobat pakai Ks bekasi di rs hermina galaxy bagaimana ya syarat2 dok nya? Soalnya blm buat bpjs kota bekasi. Kalau ktp dan kk sudah lengkap semua. Terimakasih bantu info nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada bpjs atau kis dan tidak ada rujukan dokter bpjs/ kis maka tidak bisa. Hanya bisa pakai pribadi (berbayar).

      Delete
  5. Mau tnya, kalau mau lahiran d rs hermina, jika sudah mules"/pecah ketuban lngsung d bawa ke igd apa bisa lngsung d cover ke bpjs tanpa rujukan dr faskes 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mules mules masih blm jaminan bisa di caover bpjs.. Kalau ketuban pecah dini bisa di cover bpjs. Lgsg dibawa ke IgD rumah sakit

      Delete
    2. Pak mau tanya , soal kandungan, hari terakhir menstruasi tagl 28 pebruari 2020 sampai hari ini tgl 12 okrober 2020 , bererti usia janin didalam kandungan itu , kira 2 , berapa bulan ya?

      Delete
    3. langsung konsul ke bidan atau dokter aja ya bu

      Delete
  6. Mas mau tanya,
    Saya sudah daftar ke rs hermina lewat telfon, trus caranya mau ngecek apakah saya sudah terdaftar apa belum gimana ya ?
    Mohon segera di balas trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah otomatis terdaftar bu, jika petugas sdh menyampaikan nomor antrian dokternya.
      Cara cepat Utk ngecek harus harus telpon ke call center.
      Selamat hari raya qurban..

      Delete
  7. mas mau nanya, klo daftar ktp or resi nya blom jadi itu gmn ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ktp blm jadi bisa pake surat keterangan..
      Resi yg dimaksud resi apa dan utk apa ya pak?

      Delete
  8. Maaf mau tanya jika dirujuk lagi dari RS Hermina ke RS mana ? Apakah RS ELISABETH juga termasuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ke elisabet, rsud, sultan agung, citarum, tugu dan kariadi

      Delete
  9. Ke dokter spesialis bedah apa bisa pakai BPJS ?

    ReplyDelete
  10. Kalau habis keluar dari rumah sakit
    Terus suruh Control lagi
    Pasien Bpjs
    Sudah daftar lewat aplikasi online
    Apakah harus daftar lagi di loket Bpjs
    dan harus bawa surat rujukan dari faskes 1 gak
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Informasi nya sangat membantu tapi alangkah lebih baik jika di update lagi ya pak
    Tetap berkarya
    Oiya saya mau nanya, kalo di rsh banyumanik apakah sama proses pemberkasan nya seperti rsh pandanaran? Makasih

    ReplyDelete
  12. Maaf mau tanya, kalau ganti dokter di RS Hermina boleh ga ya untuk peserta bpjs? Saya dirujuk faskes 1 ke RS hermina, tapi kurang cocok dengan dokternya setelah beberapa kali konsultasi dan ingin ganti dokter, apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan saja sama petugas saat daftar ya bu.. Harusnya bisa.

      Delete
  13. Selamat malam, mau tanya jika berobat untuk poli kandungan menggunakan BPJS dan sudah dirujuk dari faskes 1 nya, langsung datang atau via online daftarnya? Dan untuk konsultasi kandungan ini ada jam tertentu tidak untuk rujukan bpjs nya? Rencana la-hiran di rs hermina jatinegara dan saya pengguna BPJS mandiri kelas satu jika lahiran saecar apakah semua biaya ditanggung BPJS?
    Terimakasih untuk penjelasannya

    ReplyDelete
  14. Kalau misalkan udah pembukaan 4 lahiran normal langsung dibawa le ugd. Tp tidak nambah2 pembukaannya. Kemudian disarankan SC. Itu apakah perlu rujukan dari faskes 1 jika pakai bpjs? Atau dari dokter ugd langsung dirujuk ke dokter kandungan? Bisacover bpjs langsung ya kak?

    ReplyDelete
  15. Kalau misalkan udah pembukaan 4 lahiran normal langsung dibawa le ugd. Tp tidak nambah2 pembukaannya. Kemudian disarankan SC. Itu apakah perlu rujukan dari faskes 1 jika pakai bpjs? Atau dari dokter ugd langsung dirujuk ke dokter kandungan? Bisacover bpjs langsung ya kak???? Mohondijawab. Thanks

    ReplyDelete
  16. Kalau pasien anak2 yang belum mempunyai KTP sarat periksa rawat jalan BPJS bagaimana dok ? atau pamai KTP orang tua ?

    ReplyDelete
  17. Maaf mau tanya bagaimana cara pendaftaran dengan bpjs ke poli kandungan tapi dokter dr rs sebelumnya kasih rujukan u cek ke dokter fetamaternal ?
    Karena kondisi kandungan special.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Mau tanya cara daftar poli gigi sudah dpet surat rujukan dan bpjs gmn yah di hermina

    ReplyDelete
  19. malam kak mau nanya jdwal dktr specialis darah hari apa y kak..mksh

    ReplyDelete