Header Ads

3 Cara Daftar Online di RS Hermina Pandanaran Semarang Baik Umum atau BPJS

Tak sedikit warga Semarang yang memilih Rumah Sakit Hermina Pandanaran Semarang dalam rangka ikhtiar mencari kesembuhan. RS Hermina Pandanaran ini bisa dibilang rumah sakit favorit baik untuk pasien umum ataupun pasien BPJS. Bangunan yang masih baru, kamar mandi yang bersih dan dokter yang ramah membuat nama RS Hermina Pandanaran semakin dielu-elukan. 

RS Hermina Pandanaran adalah rumah sakit umum tipe C yang ada di kota semarang yang bekerjasama dengan BPJS. Jika kita berobat di faskes pertama, Nama RS Hermina ini akan ada dalam daftar rumah sakit tipe C bersama dengan rumah sakit tipe C yang lain seperti Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Panti Wilasa, Citarum, Wiliam Booth, Roemani dan lainnya.

Baca juga : Klasifikasi Rumah Sakit Umum Tipe A, B, C, D dan E di Semarang

Di Hermina, Selain bisa berobat dengan cara mendaftar langsung, bisa juga berobat dengan cara melakukan pendaftaran online saat hendak berobat di RS Hermina Pandanaran Semarang. Hermina Pandanaran membuka 3 Jalur Pendaftaran Online yaitu pendaftaran online melalui wahtsApp, Pendaftaran online melalui aplikasi dan pendaftaran online melalui pesawat telepon.

Seperti prosedur pendaftaran online lainnya, pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan untuk pasien yang sudah pernah berobat sebelumnya ke RS Hermina Pandanaran atau rs hermina group lainnya. Bagi yang belum pernah berobat, tidak bisa melakukan pendaftaran berobat online di RS Hermina. Yang belum pernah berobat hanya bisa mendaftar lewat cara konvensional yaitu mendaftar secara langsung karena ada form yang harus diisi untuk mendapatkan nomor rekam medik dari RS hermina. Pendaftaran konvensional bisa dilakukan jauh hari sebelum berobat agar bisa mendapatkan antrian dokter sesuai hari yang diinginkan. Karena jika mendaftar di hari H, kemungkinan kuotanya sudah penuh.

Adapun 3 pendaftaran online RS Hermina Pandanaran Semarang, masing-masingnya bisa dijabarkan sebagai berikut ;. 


1. Pendaftaran Online Melalui Pesan WhatsApp di RS Hermina Pandanaran Semarang

Daftar online di RS Hermina yang paling mudah dan cepat adalah melalui pesan whatsapp. Cukup mengetikan format daftar online, beberapa menit kemudian akan mendapatkan balasan nomor antrian dokter yang dituju. Jika kuota penuh, akan diinfokan jika prakter dokter pada jam dan hari tersebut sudah penuh kuotanya.

Baca Juga : 3 Cara Daftar Online Rawat Jalan (Berobat) di RS. Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah.

Jika kuota penuh, kita bisa langsung membalasnya dengan mengetikan format pendaftaran dengan mengubah jam dan harinya sampai kita mendapatkan kuota untuk berobat di dokter yang kita tuju. Masa tunggu dokter berbeda-beda, jadi sehari setelah kontrol, segera melakukan pendaftaran online melalui whatsapp untuk membooking kuota minggu depan.

Nomor whatsapp yang dipakai untuk pendaftaran online bisa dihubungi di nomor 0822-2586-5050. Info yang tertera di kontak whatsapp tersebut berbunyi 'Nomor ini untuk pendaftaran saja dan pendaftaran wajib sesuai fomat. tidak terima telepon. pendaftaran 1 minggu sebelumnya di jam kerja (07.00 - 20.00). Adapun format yang dipakai adalah tanggal periksa, nama Dokter, Jam Praktek, Nama Pasien, Jenis Pembayaran.


Yang perlu diperhatikan, pendaftaran lewat whatsapp dan pendaftaran online lainnya paling cepat bisa dilaksanakan seminggu sebelum jadwal prakter dokter yang dituju.

2. Pendaftaran Online Melalui Telepon/ Call Center di RS Hermina Pandanaran Semarang

Pendaftaran online melalui telepon ini lebih interaktif karena bisa langsung berkomunikasi dengan petugas pendaftaran. Tapi jika melakukan pendaftaran lewat telepon, pastikan pulsa yang kita miliki cukup. karena akan tersambung dengan call center pusat, bukan lokal. Untuk call center pendaftaran online bisa dihubungi melalui nomor  1500488 atau 021-80618050.

Petugas akan menginfokan kepada kita perihal jadwal yang kita pilih. Jika kuota di hari yang kita pilih penuh, maka petugas akan menawarkan jadwal yang masih bisa dipilih. Jika sudah mendapatkan nomor antrian, catat nomor antrian yang didapat beserta nama dokter dan jadwal prakteknya. 

Masukan berkas 1 hari sebelum jadwal praktek dokter dengan menyertakan catatan yang sudah kita buat. Dan ambil berkas 1 (satu) jam sebelum jadwal praktek dokter dimulai.

3. Pendaftaran Online Melalui Aplikasi di RS Hermina Pandanaran Semarang

Pendaftaran online RS Hermina Pandanaran yang terakhir adalah cara mendaftar untuk berobat melalui aplikasi Hermina Hospital Group atau Aplikasi PT Medikaloka Hermina TBK. Untuk bisa melakukan pendaftaran di aplikasi, pasien harus sudah terdaftar terlebih dahulu, dengan kata lain harus memiliki medical record (rekam) medik di RS Hermina yang tergabung dalam jaringan Hermina Hospital Group. Jika pengisian pendaftaran aplikasi sukses, maka baru bisa melanjutkan untuk melakukan pendaftaran online.



Jika hendak melakukan pendaftaran online di Hermina Pandanaran melalui aplikasi, berikut panduan atau pentahapannya ;

1. Pilih poliklinik yang diinginkan
2. Pilih Lokasi RS Hermina yang diinginkan lalu sentuh tombol RESERVE
3. Pilih dokter yang diinginkan. Kita juga bisa melihat rating dokter yang diberikan oleh pasien
4. Pilh hari dan jadwal praktek yang tersedia
5. Aplikasi akan memunculkan resume pendaftaran kita
6. Bawa berkas ke petugas 1 hari sebelum hari berobat
7. Ambil berkas kepada petugas 1 jam sebelum praktek dokter, maksimal pukul 17.00 WIB

Wajib Pemberkasan Sesuai Jadwal Bagi Pasien BPJS

Oh iya sebagai catatan, semua yang sudah melakukan pendaftaran online baik melalui whatsapp, telepon, aplikasin ataupun melakukan pendaftaran langsung, jika masih ada waktu 1 hari sebelum jadwal praktek dokter itu tiba, maka disarankan untuk mengumpulkan berkas sehari sebelum jadwal praktek dokter. Berkas yang dikumpulkan adalah sebagai berikut ;
1. Informasi mengenai nomor antrian, nama dokter dan jadwal dokter (tulis dikertas kecil saja)
2. Fotokopi surat kontrol
3. Fotokopi surat rujukan faskes 1 yang masih berlaku

ketiga berkas diatas dikumpulkan jadi satu dan diserahkan ke petugas atau satpam pendaftaran loket BPJS (lantai 1) pada pukul 13.00 WIB s.d 16.00 WIB. Setelah itu, pada hari kontrol atau hari H berobat, berkas tersebut diambil lagi di petugas atau satpam pendaftaran BPJS (lantai 1) 1 jam sebelum jadwal praktek dokter atau maksimal pukul 17.00. Lewat dari jam tersebut, siap-siap saja dapat ceramah dari petugas.


Berkas yang diambil kembali 1 jam sebelum praktek dokter adalah berkas yang sudah dilengkapi dengan SEP / Administrasi  pasien BPJS yang di cetak oleh petugas BPJS. Jika berkas kita tidak ada atau tidak ditemukan, segera lapor ke loket pendaftaran. Biasanya ada yang perlu diverifikasi lebih lanjut oleh petugas atau karena masa berlaku rujukan sudah habis.

Bagi yang tidak sempat mengumpulkan berkas karena waktunya mepet di hari H atau melakukan pendaftaran di hari H atau karena lupa, maka wajib ikut antrian yang panjang pada loket pendaftaran BPJS dengan mengambil nomor antrian rawat jalan BPJS.  Jadi, mengumpulkan berkas H-1 itu sangat membantu sekali, agar terhindar dari antrian yang sangat panjang. Apalagi pengantaran berkas H-1 dan pengambilan berkas 1 jam sebelum berobat itu bisa kita titipkan kepada orang lain seperti minta bantuan kepada abang ojek online atau yang lain, jadi tidak harus kita sendiri yang datang untuk menyerahkan dan mengambil berkasnya.

Jika berkas sudah diambil, lakukan pengecekan kesehatan oleh perawat berupa tensi darah diruang khusus. Setelah itu bawalah berkas tadi ke poli yang kita tuju untuk didaftarkan ulang. Tunggu hingga nama kita disebut sesuai antrian.

WAJIB Finger Print Bagi Poli Tertentu Bagi Pasien BPJS

RS Hermina Pandanaran Semarang mewajibkan finger print (perekaman sidik jari) bagi poli tertentu. Sehingga bagi pasien yang hendak berobat ke poli wajib finger print, pemberkasan sebelum hari H tidak diperlukan, karena pasien finger print wajib daftar ulang dan pemberkasan pada saat hari H berobat.


Baca Juga : Finger Print Wajib Bagi Pasien BPJS Yang Hendak Berobat  di RS Hermina Pandanaran Semarang


Nah, itu sedikit informasi mengenai pendaftaran online yang ada di RS Hermina Pandanaran Semarang. Jika ada prosedur yang terlewat yang perlu ditambahkan, silakan informasikan di kolom  komentar. Jika artikel yang berjudul 3 Cara Daftar Online di RS Hermina Pandanaran Semarang Baik BPJS Ataupun Umum ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.
 

2 comments:

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.