Monday, February 13, 2017

Heri Laregrage

Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis

Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis 
Kartu Sim  (Sim Card) 4G seakan sudah menjadi kebutuhan utama bagi para pemilik Smartphone. Hal itu didasarkan pada banyaknya pelanggan Telkomsel yang mengantri di Grapari hanya untuk sekedar meng-upgrade kartu simnya menjadi 4G. 


Antrian panjang terlihat sekali saat saya mengantar seorang teman yang hendak meng-upgrade sim card lamanya menjadi sim card 4G di Grapari Telkomsel. Selain mengantri untuk mendapatkan Sim Card 4G, banyak juga yang mengurus permohonan kartu baru karena hilang, atau permasalahan lainnya. Antrian tersebut terlihat mengular dan ramai baik melalui konter customer service (CS) ataupun antrian menggunakan mesin otomatis yang stanby setelah pintu masuk Grapari. Mungkin karena mengurus di hari libur kali ya, jadinya ramai sangat.
 


Kali ini saya akan menginformasikan terkait pengurusan upgrade kartu 4G telkomsel menggunakan mesin otomatis yang tersedia di Grapari Telkomsel. Selain menggunakan mesin otomatis, kita juga bisa upgrade melalui antrian CS Grapari, tapi hal ini dijamin akan membutuhkan waktu lebih lama. Karena antrian CS tentunya tidak hanya melayani upgrade kartu yang  bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit. Tapi juga melayani keluhan lain yang bisa jadi 1 orang pelanggan bisa dilayani lebih dari setengah jam.  

Bagi yang memilih bertemu CS, untuk persiapannya bisa baca artikel ini :Cara dan Biaya UPGRADE Kartu SIM 4G Telkomsel di Konter CS Grapari. Sedangkan yang mau memilih upgrade menggunakan mesin otomatis, silakan simak artikel ini sampai tuntas.

Agar bisa menggunakan mesin upgrade otomatis ini, tentunya kita harus 'kulo nuwun' pada petugas jaga setempat. Meskipun, kalau kita mau langsung menuju mesin tanpa menghadap yang bersangkutan juga tidak masalah. Tapi kita hanya menerapkan adab dan etika jika kita berada di tempat orang lain. Bukan seenak sendiri menerapkan selogan atau apalah namanya bahwa pelanggan adalah raja.

Jika sudah menghadap dan menyampaikan maksud dan tujuan kepada petugas, kita akan diminta menuju mesin otomatis yang sudah disediakan. Pada mesin tersebut sudah ada petunjuk teknisnya, tinggal kita lakukan perintah sesuai urutan. Kadang, ada tipikal orang yang gengsi jika harus ditemani petugas dalam melakukan upgrade  menggunakan mesin otomatis, sehingga petugaspun tidak langsung membantu. Diawal, petugas akan menawarkan terlebih dulu apakah perlu bantuan atau cukup dieksekusi sendiri saja.

Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis
Saat berada didepan layar, kita pilih  Menu bertulisakan ID untuk pengoperasian menggunakan Bahasa Indonesia. Agar bisa menemukan menu ini, pastikan orang yang melakukan upgrade sebelum kita sudah keluar sistem terlebih dahulu (logout). Jika belum logout, pilih menu logout yang ada pada menu pojok kanan atas.

Pilih pilihan pelanggan telkomsel dan masukkan nomor telkomsel yang akan kita upgrade. Untuk bisa meneruskan pada prosedur selanjutnya, pastikan kita sudah menerima SMS dari Telkomsel yang menginfokan PIN. PIN tersebut yang akan digunakan untuk login. Jadi, pastikan nomor kita harus dalam keadaan aktif. Untuk bisa sekedar aktif, tidak mesti harus dipasang pada smartphone, pada hape biasa juga tidak masalah.


Untuk mendapatkan PIN, terlebih dahulu kita melakukan request pin dengan menekan tombol hijau (belum Punya PIN).  Langkah selanjutnya, kita diminta memasukkan tanggal lahir dan tekan OK. Tunggu hingga pemberitahuan PIN dikirim melalui SMS pada nomor yang akan di upgrade.

Masukkan PIN yang sudah kita dapatkan dan tekan OK. Klik lanjutkan dengan memilih menu Ganti Kartu. Pilih Upgrade 4G LTE. Guna validasi kepemilikan kartu, letakkan kartu identitas kita pada tempat scan identitas yang tersedia. Biarkan mesin men-scan kartu identitas kita.
Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis
Setelah selesai men-scan, akan ada pilihan tipe kartu yang akan di gunakan, sesuaikan dengan slot kartu sim yang ada di smartphone. Pilihan yang tersedia, ada kartu nano dan kartu combo. Jika slot pada smartphone kita menggunakan kartu mikro maka pilih tipe kartu combo.

Setelah memilih tipe kartu, verifikasi terakhir adalah dengan memasukkan token upgrade sim card 4G yang didapat setelah menghubungi *323#. Setelah memilih tipe kartu, segera mengajukan permintaan token dengan menekan *323#. Setelah itu masukkan nomor token yang telah dikirim melalui SMS. Token berupa kombinasi angka dan huruf. Jika token yang dimasukkan benar, maka kita bisa mengambil langsung kartu pada tempat pengambilan kartu yang ada di bawah mesin. Jika sudah sampai pada tahap ini, berarti kartu kita sudah di upgrade menjadi kartu sim 4G telkomsel.

Baca Juga : Cara dan Biaya Upgrade USIM 4G Telkomsel Melalui Order Online di Website Resmi Telkomsel

Terus jika kita bingung dan salah memilih tipe kartu combo ataupun nano yang akan dicetak  bagaimana? Tenang saja, jika ada kesalahan pencetakan tipe kartu, kita bisa mengulangnya dari awal dengan mengaktifkan terlebih dahulu kartu yang sudah tercetak pada posnsel kita. Silakan mulai prosedur dari awal kembali.
Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis

Selain cara diatas ada beberapa cara yang bisa pelanggan telkomsel lakukan untuk mengupgrade kartu simnya menjadi kartu sim 4G. Seperti mengupgrade dengan menggunakan peranatara kartu upgrade 4G atau bisa juga dengan cara order online melalui website telkomsel.co.id

Terus kamu lebih memilih pake cara yang mana? Nah, jika artikel Cara dan Biaya Upgrade Kartu Sim (Sim card) 4G Telkomsel Menggunakan Mesin Upgrade Otomatis ini bermanfaat silakan dibagikan. terimakasih atas kunjungannya.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.