Header Ads

CPNS 2017 : Formasi dan Kuota LuLusan Fakultas Perikanan dan Kelautan Di Semua Instansi

Mejelang penutupan pendaftaran CPNS tanggal 25 September 2017 besok, banyak orang yang merasakan harap-harap cemas. Berharap berkas yang diunggah lolos verifikasi petugas (panitia) dan cemas karena berkas yang telah diunggah tak kunjung diiverifikasi panitia seleksi. Atau menggalau karena ada yang sudah daftar tapi terbentur persyaratan lain yang terbaca tuntas atau karena ada revisi yang tidak diketahui kabar terbarunya.


Menjelang penutupan, ada juga yang masih bingung dengan pilihan instansi dan formasinya. Banyak instansi yang tidak mengakomodir jurusan S1 beberapa jurusan dengan kuota umum, salah satunya lulusan Kelautan dan Perikanan. Setelah panitia CPNS Kementerian Kelautan Perikanan menetapkan hanya merekrut lulusan terbaik atas perintah Bu Susi, banyak orang lulusan jurusan atau departemen tersebut mundur teratur karena tau diri dengan syarat yang diberikan.

Baca Juga :  CPNS 2017 : Pendaftaran CPNS Untuk Lulusan SMA SMK  Sederajat 

Lantas adakah instansi lain yang bisa dilirik setelah kandasnya harapan untuk ikut seleksi CPNS KKP? Jawabannya tentu saja ada. Kalau kita serius menelaah formasi dan kuota tiap instansi, akan banyak menemukan instansi mana yang menjadi pertimbangan kita selanjutnya. Jangan lupa cermati juga batas IPK, Umur dan Akreditasinya.

Adapun instansi yang menerima lulusan sarjana kelautan perikanan beserta program studi atau departemen turunannya adalah sebagai berikut :

Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi atau yang sering disingkat dengan KemenDesPDTT membuka peluang untuk lulusan Perikanan Kelautan yang akan ditempatkan menjadi peneliti.

KEMENAKER atau Kementerian Tenaga Kerja juga memberikan kesempatan pada lulusan pertanian perikanan untuk bergabung menjadi bagian dari Kemenaker di posisi Instruktur Ahli perikanan Pertanian yang mana menerima 107 Lulusan.

 Baca Juga Waspada!! Sedang Marak Penipuan CPNS Mengatasnamakan Petinggi BKN

Riset Dikti juga membuka peluang untuk S2 dan S1 Kelautan Perikanan baik untuk dosen atau peneliti serta penelaah kurikulum. Kuota yang tersebar juga dibanyak formasi.

Kemenkomaritim atau kepanjangan dari Kementerian Koordinator Maritim menerima Lulusan Perikanan Kelautan untuk ditempatkan sebagai analis kebijakan kelautan perikanan serta penempatan di bagian perencanaan. Total kuota yang ditawarkan untuk mengisi 2 posisi tersebut adalah 9 orang.


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ayng sekarang menjadi Kementerian Perencanaan Pembangunan juga membuka peluang untuk lulusan perikanan kelautan yang tersebar di 2 jabatan perencana. Selain Bappenas, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga menjaring lulusan kelautan perikanan dan oseaonografi untuk ditempatkan pada posisi rekayasa pertama.

Badan Intelejen Nasional atau disingkat menjadi BIN menerima lulusan Perikanan Kelautan sebanyak 99 orang untuk menempati posisi analis bahan dan keterangan 1 formasi serta analis intelejen 1 orang. Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geo isika juga menerima 9 orang untuk lulusan kelautan dan oseanografi.

Instansi selanjutnya yang membuka lulusan perikanan kelautan perikanan adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Lembaga penerbangan dan antariksa negara (Lapan). LHK membutuhkan lulusan perikanan kelautan sebanyak 140 orang sedangkan lapan membutuhkan 9 orang lulusan kelautan. 

Kurang lebihnya itulah instansi, formasi dan kuota CPNS 2017 untuk lulusan kelautan perikanan beserta jurusan turunannya. Apabila artikel CPNS 2017 : Formasi dan Kuota Lulusan Fakultas Perikanan dan Kelautan ini bermanfaat, silakan dishare atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya.

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.