Monday, September 11, 2017

Heri Laregrage

Tips Rekrutmen CPNS 2017 : Pilih Mengasah Kemampuan Atau PD dengan Kemampuan Hari Ini

Dari bulan Agustus sampai dengan pekan-pekan kemarin sudah ramai pesan berantai terkait dengan penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) atau Calon ASN (Aparatur Sipil Negara) 2017. Masyaraktpun dengan senang hati membagikan jadwal, informasi pendaftaran, syarat pendaftaran serta ketentuan pendaftaran lainnya.  Tak jarang, file pdf terkait mekanisme pendaftaranpun turut di unggah dalam pesan berantai tersebut, baik di grup line, whatsapp, BBM, facebook atau grup lainnya.

Baca Juga : memaksimalkan Persiapan Tes CPNS

Setelah menutup pendaftaran CPNS periode pertama 2017 yang membuka rekrutmen CPNS di KemenkumHam dan Mahkamah Agung RI (info resmi baca disini), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kembali membuka Pendaftaran Rekrutmen CPNS Gelombang kedua untuk 61 instansi pemerintah. Info resmi klik disini.

Baca Juga CPNS 2017 : Formasi dan Kuota Lulusan Fakultas Perikanan dan Kelautan

Sampai saat ini hanya ada pembukaan di tingkat pusat saja (instansi pusat/ kementerian), bisa jadi kedepannya akan dibuka juga pendaftaran CPNS/ CASN untuk Kota/ Kab atau Provinsi serta BUMN dan BUMD seluruh Indonesia.

Baca Juga :  CPNS 2017 : Pendaftaran CPNS Untuk Lulusan SMA SMK  Sederajat 

Meski sudah mendapat info rekrutmen dari pesan berantai, akan lebih baik lagi jika kita mengecek keakuratan dari informasi yang beredar dengan membuka website resmi rekrutmen CPNS.  Untuk informasi dan situs resmi CPNS 2017 bisa di cek langsung ke website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (www.menpan.go.id).

Baca Juga Waspada!! Sedang Marak Penipuan CPNS Mengatasnamakan Petinggi BKN

Persaingan Semakin Banyak dan Ketat
Dicabutnya moratorium penerimaan CPNS di sebagian besar  kementerian dan instansi pemerintah, sudah tentu menjadi pengharapan orang banyak. Khususnya bagi orang yang ingin mendedikasikan diri mengabdi pada negeri. Sudah banyak orang yang menanti info rekrutmen CPNS tersebut dari 2015 hingga 2017. Dengan begitu banyak para sarjana yang lulus di periode tersebut serta sarjana lulusan periode sebelumnya dipastikan akan ikut bertarung kembali, ambil bagian mencoba peruntungan nasib menjadi Abdi Negara.

Belum lagi lulusan dari program studi atau jurusan spesifik lain yang tidak ada dalam daftar penerimaan, pastinya akan mencoba peruntungan pada beberapa instansi yang menerima jurusan disegala bidang. Sehingga para pendaftar harus jeli melihat jumlah kursi atau peluang yang mungkin akan diraih. Harus benar-benar matang perhitungannya. jangan asal milih instansi.

Baca Juga : CPNS Online Benarkah Reformasi Birokrasi?

Waktu pendaftaran yang panjang bisa kita gunakan untuk mencari referensi peluang keberhasilan pada instansi yang akan kita bidik. Bila perlu kita review satu persatu peluang tiap instansi yang kita minati. Tapi yang jelas, kita juga harus sudah punya pilihan bulat saat  masa-masa akhir pendaftaran. Jangan melakukan pendaftaran di hari terakhir waktu pendaftaran untuk menghindari server down yang tidak bisa diakses atau lemot menahan baban karena banyaknya pengunjung yang mendaftar di waktu injury time.

Memaksimalkan Persiapan
Menghadapi persaingan rekrutmen CPNS tahun 2017 ini yang sangat sangat ketat, kita memerlukan persiapan ekstra untuk bisa lolos dalam kompetisi bergengsi tersebut. Mulai dari mengetahui detail jadwal pembukaan rekrutmen, mengetahui dan mempelajari kisi-sisi soal CPNS serta mencari tahu terkait prosedur tes tahun sebelumnya pada senior yang telah lebih dulu masuk ke instansi tersebut.

Baca Juga : Cara Penyelesaian Permasalahan NIK saat Registrasi

Terkait dengan persiapan yang disebutkan diatas, Ada satu portal tidak resmi yang menarik dan seolah-olah merangkum kebutuhan kita para pegiat kompetisi CPNS. Mulai dari info terkini, latihan soal, hingga perkembangan Tes CPNS lainnya, karena portal tersebut langsung menyambung dengan portal resmi kemenpan dan kementerian lainnya serta website atau portal BUMN dan Pemda yang membuka rekrutmen CPNS.

Portal tersebut juga berisi kisi-kisi soal tes CPNS yang kalau menurut testimoninya, soal-soal yang dimiliki banyak keluar di ujian CPNS. Didalam portal itu juga melangsungkan Try out CPNS secara online ataupun ofline. Jika mengikuti Try Out online dan mendapatkan score tertinggi,  akan ada reward berupa smartphone serta hadiah hiburan lainnya. Informasi keuntungan yang disebutkan tadi bisa di lihat di disini 

Informasi yang ada dalam portal sangat membantu kita dalam mempersiapakan tes CPNS tahun 2017 ini. Di Portal tersebut ditampilkan juga link website kementerian atau instansi yang membuka CPNS 2017. Kita butuh informasi kementerian apa saja, sudah tertera dalam portal tersebut dan langsung di link-kan ke situs kementerian aslinya. Tentunya fasilitas tersebut hanya diberikan untuk member saja. Banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan selain yg di infokan diatas

Jadwal Try-Out
.
Selamat berpetualang mencari info CPNS dan persiapan lainnya.

untuk bisa ikut try out dan mendapatkan update lebih cepat, registrasi disini

Jika informasi Tips Rekrutmen CPNS 2017 ini bermanfaat, silakan share atau bagikan. terimakasih atas kunjungannya.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

4 comments

Write comments
Farida
AUTHOR
September 11, 2017 at 12:55 PM delete

Wah bakal banyak yang cari info ini karena PNS masih profesi impian banyak orang kan :)

Reply
avatar
Maman Achman
AUTHOR
September 11, 2017 at 12:57 PM delete

Betul mang, sekarang sedang banyak penerimaan cpns, banyak juga yang memanfaatkannya untuk melakukan tindakan penipuan, jadi kewaspadaan tetap harus diutamakan.

Reply
avatar
Nuzha
AUTHOR
September 11, 2017 at 1:34 PM delete

Waaah keren nih informasinya sangat membantu :))

Reply
avatar
opie
AUTHOR
September 11, 2017 at 5:51 PM delete

langsung online mudah2an ga pakai suap lagi....

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.