Header Ads

Dapat Slip Tilang Biru, Wajib Transfer Bank atau Boleh Ikut Sidang?

Akhir akhir ini banyak operasi kendaraan bermotor baik resmi atau "tidak resmi", yang mana petugasnya lebih sering mengeluarkan slip tilang biru dari pada slip tilang merah. Entah dimaksudkan untuk membuat efek jera pada pengendara yang melanggar atau hanya sekedar menakut-nakuti para pengendara yang terjaring razia.

Baca juga  Prosedur Sidang Pelanggaran Lalu Lintas Di Semarang 

Keluh kesah para pengendara yang diberi slip tilang birupun banyak yang mampir dilapak saya yang berjudul Prosedur Slip tilang Biru VS Slip Tilang Merah. Di kolom komentar artikel tersebut malah seperti sesi curhat ataupun tanya jawab seputar penyelesaian tilang jika diberi slip tilang biru. Ada juga yang bertanya jika tidak membayar sejumlah biaya tilang maksimal ke bank yang ditunjuk dalam hal ini Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) bagaimana?, serta pertanyaan lainnya.
Cuplikan pertanyaan di salah satu artikel tentang slip biru
Berat memang jika kita tidak punya uang lebih di dompet, kita dipaksa transfer ke rekening titipan tilang guna menyelesaikan perkara saat kita diberi slip tilang biru. Biaya yang harus disetor antara 100 ribu hingga 1.000.000 (satu juta rupiah). Tinggal polisinya saja mau nyentang di nominal berapa, atau jika belum di centang, pilih saja sendiri nominal paling kecil yang ada di slip tilang.

Yang repot lagi bagi para pengendara luar kota, jika tidak langsung di bayar (damai atau transfer bank) bisa dibuat bolak balik ke kota tersebut hanya untuk menjalani sidang. Kalau jarak tempuh 20 s.d 50 Km saya kira masih ada yang nekat balik untuk ikut sidang, tapi kalau jarak tempuhnya 100 Kilo bahkan lebih bagaimana? 


Ditambah lagi keawamam pengendara yang kena tilang, banyak dari mereka yang belum tahu kalau biaya sidang sesungguhnya tidak akan sampai pada nominal denda maksimal. Itu artinya ada selisih yang harus dikembalikan bank kepada orang-orang yang sudah mentransfer ke rekening titipan tilang. 

Tahukah Kita... meskipun kita sudah mentransfer sejumlah uang ke rekening tilang tapi "kasus" kita tetap di sidangkan sesuai tanggal yang tertera pada slip tilang?.

Jadi begini, Setelah kita mentransfer sejumlah uang, jika kita ingin menerima selisih hasil sidang dengan uang yang sudah kita transfer maka, kita harus ikut sidang juga. Minimal datang setelah sidang telah berlangsung. 
Cuplikan pertanyaan di salah satu artikel tentang slip biru
Di sana akan diinfokan berapa denda resmi yang seharusnya kita bayar, biasanya nilai denda dibawah dari yang sudah atau akan kita transfer. Untuk kendaraan roda dua hasil putusan denda saat sidang biasanya dibawah 100.000 (seratus ribu). 


Kuitansi denda resmi dari hasil sidang bisa kita bawa ke Bank BRI Pusat di daerah masing-masing untuk bahan kita mengambil selisih dari putusan sidang. Jadi jika kita tidak mengikuti sidang, maka secara tidak langsung kita mengikhlaskan selisih tersebut kepada Bank bukan kepada polisi atau kepada negara.  

Terus bagaimana baiknya jika kita mendapatkan slip tilang biru? Saran saya berdasarkan pengalaman, jika kita masih tinggal atau dekat dengan daerah tersebut,  tidak usahlah membayar atau mentrasfer uang denda ke bank, cukup ikut sidang saja dengan bekal slip biru dari hasil razia. Biar kita tidak melakukan kerja 2x. Tapi bagi yang luar kota silakan bisa mempertimbangkan sendiri baiknya memilih pembayaran yang mana.  

Demikian sharing saya menyikapi maraknya slip biru yang diterima pengendara yang terjaring razia polisi. Jika arikel Dapat Slip Tilang Biru, Wajib Transfer Bank atau Boleh Ikut Sidang? ini bermanfaat silakan share atau bagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

69 comments:

  1. Repot juga yah urusan tilang menilang ini, kalo saya sih milih gak ditilang, alias lebih memilih disiplin dalam berlalu lintas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mang.. Disiplin lbh utama. Kadang lupa yg membuat kita ndak disiplin

      Delete
  2. Mas kalau saya dapat slip biru karna sim saya sudah gak berlaku (surat lainnya lengkap) terus di slip gak ada nominal pas saya mau transfer kaget kok disuruh bayar 1juta, kalau misal saya bayar nih apakah boleh tetapikut sidang?, supaya bisa bantu jelasin di sidang kalau polisi yang nilang salah ngasih pasal. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg jarang ada nominal. Lgsg rata 1juta dan biasanya dpt sms dari etilang.
      Wajib ikut sidang meski sdh transver. Utk ngambil selisih dari yg kita setor dg hasil sidang.
      Pengalaman teman saya, percuma saja ngasih penjelasan. Saat sidang ndak ada pembelaan. Hanya membacakan nominal denda.

      Delete
  3. Mau nanya dong om...kalau kita bayar tilang dengan surat tilang biru di kejaksaan pas hari H bisa khn y?tanpa harus bayar dulu ke bank..karena di surat tilang yg polisi kasih tidak di minta no tlp saya..jd bagai mana itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Langsung ikut sidang pas hari H aja tanpa harus bayar bank. Cek artikel saya yg lain utk artikel lainnya

      Delete
  4. mas saya dpt surat tilang biru dan di SMS dr etilang dan disuruh transfer sebelum h-4.apakah saya harus transfer dulu atau tidak usah??

    ReplyDelete
  5. mas saya dpt surat tilang biru dan di SMS dr etilang dan disuruh transfer sebelum h-4.apakah saya harus transfer dulu atau tidak usah??

    ReplyDelete
  6. Mau nanya om.
    Kalau kita ikut sidang dipengadilan, apakah dendanya sesuai pasal atau gimana ya? Saya tanya kemana" tapi gk jelas, ada yg bilang kalau bayarnya paling cuman 80an, tapi pasalnya banyak, gimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasal itu denda tertinggi. Bisa miskin rakyat klo dipalak sejuta tiap melanggar. Iya klo disengaja. La klo tdk sengaja?

      Biasanya kena berapa pasal tidak sampe 150rb.
      Satu pasal rata ratanya 70-90ribu

      Delete
  7. om..klo di kota karawang sama gak proses nya kya gtu

    ReplyDelete
  8. Mas mau nanya. Saya kena tilang dikasih slip biru. Kalo nanti saya bayar dendanya dikejaksaan langsung pas sidang tanpa ke bank BRI dulu bisa ga ya? Kira kira dendanya beda atau tetap maksimal? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. dendanya beda, kenanya lebih kecil

      Delete
  9. Kak mw nx, dpt slipbiru krn tdk da stnk n sim, hrus ikut sidang atau tdk? Disitu katanya 1,5 juta, klo tdk ikut sidang knp? Ada jg yg blg langsung ke kejari untk byar denda...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut sidang aja di kejari. dendanya tidak sampai segitu. 200ribu masih ada kembalian

      Delete
  10. Om..td mlm saya kena tilang tp polisi g menyebutkan kesalahan saya apa lngsung ngasih slip warna biru dan d sruh ikut sdang tgl 22 feb,, dan berhubung saya blm pernah ketilang saya lngsung ttd, tp selisih beberpa sat ada sms masuk d sruh trf k bank bri 500,, semisal saya nggk trnsfer tp ikut sidang lngsung d pngadilan dg bawa slip biru saja apkah nnty dendanya jd berlipat-lipat krn sya g trnsfer d bank ? Mohon sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak papa ikut sidang aja tante... Klo sidang paling mentok 100ribu. Sidang harga lebih murah dari transfer

      Delete
  11. Mas apakah sms masuk utk tf bisa diabaikan dan lanjut saja pembayarannya pas sidang nanti?

    Memang di atas sudah mas jelaskan soal boleh diabaikan saja tfnya dan ikut sidang di pengadilan. Cuma yg saya takutkan mengenai ketentuan harus membayar 3 hari sebelum sidang.

    Maaf menanyakan hal yg sama. Mohon dijelaskan. Terima kasih mas.

    ReplyDelete
  12. Permisi mas heri. Mohon maaf munhkin pertanyaannya berulang.cuma saya agak takut karena ada tulisan 3 hari sebelum sidang bila belum tf akan diblokir stnknya. Apakah betul ya? Atau tidak apa apa saya abaikan dan saya bayar saat sidang nanti? Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisannya dmna mas.. Apa cuma nakut nakutin aja ya.. Atau mungkin kebijakan polres setempat.

      Saya sdh 2 kali dapet slip biru dan ikut sidang terus.

      Bahkan di tempat sidang malah bsa ambil atau ikut sidang bukan dijadwal sidangnya karena terlalu ramai. Bisa sidang di hari berikutnya.

      Baca ini mas
      http://www.heriheryanto.com/2018/01/prosedur-sidang-pelanggaran-lalu-lintas-di-semarang-jateng.html

      Delete
    2. Terima kasih atas balasannya. Bukan ditakut takuti, tapi memang di surat tilang slip biru bagian belakang ada tulisan yang berbunyi seperti itu, bahwa jika 3 hari sebelum sidang tidak menitipkan uang, stnk akan diblokir. Mungkin peraturan yang tidak berlaku atau gimn ya mas?

      Delete
    3. mungkin bisa jadi itu benar, tapi tidak diberlakukan. seperti slip tilang biru yang baru baru ini ramai dan diberlakukan padahal sudah ada sejak dlu.
      prosedur pengambilan menurut pennuturan polisi langsung bisa baca disini http://www.heriheryanto.com/2013/11/tidak-bersalah-tapi-di-tilang-pak.html

      Delete
    4. Terima kasih atas informasinya mas heri :)

      Delete
  13. Gan ane domisili di bogor. Tanggal 4 bulan 2 kmrn ane kena tilang karena pas di jalan plat nomer depan ane copot bautnya pada lepas. Nah ane lanjut aja jalan tanpa ada plat di depan ga jauh dr situ ada razia dan kena lah ane. Dpt lah kartu anggel biru walaupun udh membela diri. Nah baru kmrn dpt sms dr e-tilang suruh transfer ke bank 500rb posisi lg kanker. Apa bisa kita engga tf tp lngsng ikut sidang aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan liat comment atas agan saya nanya hal yg sama.

      Delete
  14. bisa, sebenernya kalau baca ulisan utuh sudah jawab pertanyaan-pertanyaan yg ditanyakan

    ReplyDelete
  15. maaf mas numpang tnya, hri ini saya baru kena tilang pertama kalinya krna melawan arus, nah polisinya ksi tau ksalahan sya dan sya ok" aj emg salah, sim ny di ambil. Dy nulis surat tilang smbil ngmg "ini sim ny kmu ambil aja hri senin, gk ush sidang, tp hrus kmu sndri ya yg dtg"
    trs dy nyuruh ttd, dan dy ksi slip biru..
    Itu mksudnya suruh apa ya?? apa bsa lgsg ambil sim aja.
    soalnya klo aku googling kbnykn klo ditilang itu suruh bayar di bri, atau sidang..
    lah kok aku gk diomongin bgtu,,
    di slipnya jg gk ditulis denda brpanya gtu
    tolong pnjelasannya dan trimakaskih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa begitu. Tergantung polisinya. Kalo baik dan jujur ngasih harga jujur. Tp kalo ndak ya dimanfaatin buat bayar lebih.

      Kalo sdh ada surat tilang yg jelas harus ada uang masuk ke negara. Nah itu polisinya bisa ambil untung dan bisa juga tdk.

      Delete
    2. itu brti sya lgsg mnuju kantor polisi untuk mngambil sim, dan bayarnya lgsg ke polisinya gtu? apa nti sya dsna diarahin untuk byar ke bank?
      surat tilangnya agk gk jelas mas, dy gk nulis tgl sya di tilangnya, dan di bagian prnytaan trdakwa hnya di beri simbol f

      Delete
    3. Bayar langsung ke polisi. Kalo bayar bank harus tau rekeningnya dlu. Semoga nanti tarifnya ramah ya.
      Kalo boleh di share juga disini pengalaman bayar ke polisinya tadi bagaimana

      Delete
    4. boleh tau gk mas kisaran berapa tarifnya klo tarif jujur melawan arus dgn tarif yg gk jujur?? krna kan klo maksimalnya yg sya tau 500rb
      tkutnya ntr dsna mlah sya dibodohin sama polisi..
      ok ntr sy share

      Delete
    5. Kalo sidang di semarang semua pelanggaran sama,1 pelanggaran maksimal 70.000 ribu.

      Delete
    6. Sorry bru smpet share pengalaman ngambil sim yg ditilang
      Senin sya ke polres buat ngmbil sim, krna anjuran dri polisi yg nilang. Pas smpai di tmpt, sya ngsi surat tilang ke penerimanya, smbil mnunggu sya baca" tulisan disekitar. Dan ad pengumuman tntg bayar titipan denda sidang beserta planggarannya.
      Yg aku liat disitu, bayarnya 100.000 yg paling rendah, kbetulan pelanggaran yg aku lakukan hrus byr 100.000
      Nah akupun dipanggil k dlm, dan disuruh byar 100.000. aku pun lgsg blg klo byr di pengadilan boleh gk? Kta dy, ya boleh" aj to sesuai tgl sidangnya
      Lgsg aj aku cus kluar
      Dan pda hari sidangnya aku dtg ke Kejari, di dkt pintu msuk ada arahan ke ruang tilang, dan gk jauh bgt dri pintu msuk. Lgsg aku msukin surat tilang, duduk gk smpe 1mnit lgsg dipanggil dan suruh byar 70.000, sim pnya ku diberikan
      Nah buat kwan" yg kena tilang. Aku saranin bgt byar ny ke pengadilan lgsg ya, jgn mau byr ke polresnya..
      Wlwpun bagi kalian uang 30.000 gk sbrpa, tp kan kita merusak moral para oknum di polres.. mending uangny lgsg msuk kas negara aj, dripda ke kantor mrek
      Trimakasih ats ats perhatiannya, trimaksih jg buat mas heri yg sudah membantu..

      Delete
    7. Wah makasih infonya mba..
      Berarti dendanya persis seperti yg saya sampaikan ya

      Delete
  16. Gan nanya lagi dong berarti aman ni ya kalau gak usah transfer dulu ke bank? Soalnya disurat tilang biru saya ga ada nominal dan rek yg ditujunya. Niatnya besok mau ke polrestabes semarang nanya berapa nominal kalau harus transfer dulu. Hehe

    Ane baru kena tilang hr ini, diambil stnk, disuruh sidang tgl 23 maret tapi tgl 7 motor mau dipakai ke jogja.kira kira aman ga ya gan kalau ga ada stnk? Mksdnya itu surat tilang bisa buat ganti stnk ga?.. Mohon responsenya gan.matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman bos.. Lgsg ikut sidang aja. Kalo ke jogja bawa surat tilang sbg pengganti sim atau stnk

      Delete
  17. Mau tanya, saya kena tilang dan dapet surat warna biru. Saya lihat disurat dendanya 1jt dan di bayar di bank BRI. Tapi saya tanya polisinya ambilnya dimana katanya di pos pulomas, padaha saya kena tilang daerah kelapa gading. Dan disurat tertera untuk sidang di pengadilan JAKUT. Itu gimana ya ? Saya ke pos pulomas yg disaranin polisinya atau sidang ? Dan apa dendanya benar 1jt dan harus transfer ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca komentar temen temen diatas mba.. Ada kejadian yg sama dan sdh ada solusinya..

      Yg jelas ikut sidang saja ditanggal dan tempat yg disediakan. Dendanya tdk lebih dari 100ribu

      Delete
  18. Biasanya klo suruh bayar ke Bri itu ujung" ny kita ke pengadilan jg kan buat mnta kembaliannya.. 1 jt kan denda maksimal.. saran sya sh ke Kejari lgsg aj, pas hari H ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Saran saya cukup ikut sidang saja tanpa transfer bank.
      Saya sendiri sdh pernah bayar bank dan setelah itu ngurus kembalian. Sayang kalo nggak diambil. Jadi 2x kerja dan 2x luangin waktu

      Delete
  19. Wah makasih banyak. Bermanfaat. Tp yang saya mau tanyakan . Tidak ikut sidang bisa tidak ambil SIM dan bayar denda lewat dr tggal sidang

    ReplyDelete
  20. Malam mas. Mau nanya tadi pagi pas berangkat kerja sya kena tilang gara2 lmpu yg g sengaja mati. Sya dksih slip biru krna ga punya sim. Katanya suruh transfer k bri baru bisa ambil di polsek tmpt sya ke tilang. Kira2 itu bener g y? Trus klo sya ambil d kntor polseknya stnk sya pasti d kembalikan d situ atau ud masuk k pengadilan. Dan kira2 nom yg hrs sy tt berapa ada pengalamn g y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa baca baca komentar diatasnya ya.. Nnt terjawab.

      Kalo sdh bayar di bri bisa diambil dipolsek sesuai kata pak polisi. Nominal trf biasanya berdasrkan sms masuk dari e tilang atau bayar denda tertinggi 500rb s.d 1jt

      Delete
  21. Kalo kena tilang di daerah matraman jakarta pusat, berarti ikut pengadilan jakarta pusat juga ya ?
    Trus juga saya tadi kena tilang, hari senin disuruh ke polres jakarta pusat buat ambil simnya, menurut bang heri ikutin saran polisi apa ikut saran mba yg di kolom komentar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak usah k kantor polisi. Ikut sidang aja. Tapi klo dikantor polisi bayarnya 70rb sih ambil dikantor polisi aja

      Delete
  22. Siang om, mau nanya nh kmren sya kena tilang karna nggak ada sim,trus pak polnya jga blng sya juga ngelanggar rambu lalu lintas, jdi sya kena pasal 287 sma 281 dan dikasih slip biru. Bisa nggak ya kalau sya byr dendanya pd saat sidang dipengadilan bukannya ke bank? Trus denda yg dibyrkan benar 1jt sesuai dnda maksimal dan 500rb utk denda ngelanggar rambu sesuai dnda maksimal juga om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikut sidang. Bayar pas sidang. Gak usah transfer bank. Siapin 150ribu baut sidang sdh cukup

      Delete
  23. Siang om td siang ane ketilang trus di kasih slip biru..ada sms trnsfer ke bri sebesar 1 jt.klw gak di trnsfer trus bayar pas waktu sidang bisa gak om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang om Td ane ketilang trus slip biru..setengah jam kmudian ane dpt sms suruh bayar di bri sebsar 1.000.000 klw ane gak trnsfer trus bayar pas sidang bsa gak om

      Delete
    2. Bisa. Gak usah transfer. Ikut sidang aja

      Delete
  24. mas saya baru kenak tilang di kasih slip biru , di sruh sidang tgl 20 april tapi di situ tidak ada nominal yg harus di bayar , dan pelanggaran saya spion tidak standat ,tapi spion lengkap kanan kiri dan bisa melihat blakang , apakah sya ikut sidang ? atau langsung saja ke kejaksaan ? trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut sidang itu ya tempatnya di kejaksaan. Jadi ya sama aja.
      Bentar lagi biasanya dpt sms dsri etilang terkait nominal.
      Mending ikut sidang aja nggak usah transferm

      Delete
  25. Mas mau nanya dong, barusan tadi pagi saya kena tilang karna lupa bawa STNK nya dan plat nomor sya mati pajak nya tapi di STNK hidup karna plat nya belum ganti kaleng saja lama keluar nya.
    Motor saya di tahan dan ketika saya mau tuker sama STNK masi tetep ngga boeh juga, slip biru sudah keluar mungkin saya tunggu sampai tgl sidang aja buat bayar denda nya.
    Sebenernya kalo barbuk nya di tuker boleh kan harus nya ya mas tanpa harus bayar ke bank dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa. Sperti yg pernah komen di tulisanku yg ini atau yg lian ya. Yg japri via fb dan twitter jg ada
      Sama, sempat ditahan motornya, terus k polsek dan tternyata bsa dituker dg stnk.

      Harusnya bisa. Tapi yg tergantung polisinya. Klo ndak bisa, ditunggu pas sidang aja, ndak usah trf ke atm

      Delete
  26. Saya ucapkan banyab trimakasih, bermanfaat sekalis..

    ReplyDelete
  27. saya kena tilang di jln raya puncak mas dgn dalih di stnk saya blm ada cap pengesahan, trs sim saya dithan sya dimintain damai 250 dan saya ngga mau akhirnya saya ditilang dgn surat biru,,
    dan pasal 288 ayat 1 loh kan saya bawa stnk kok d kasih pasal ini mklum motor lesing kalo blm ada cap nya. saya suruh dtg ke bri utk transfer sedang nominal nya ga tau saya kalau misal tf 500 mana ada sya kan masih blm nyari duit,, jadi apakah saya lbh baik langsung dteng ke sidang aja mas makasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dateng sidang saja..
      Harusnya utk pengesahan tdk perku dimasalahkan kalau dlm rincian pembayaran disana keluar sdh dibayar

      Delete
  28. Mas saya mau tanya nih. Temen saya kan kena tilang nih. Dia ngga pake helm dan tidak mempunyai sim. Kena denda tilang sebesar Rp.1250000.
    harusnya di disuruh kepolres tanggal 11 mei kemarin tapi tidak mengurusnya kesana.. Lantas saya tadi hari senin kesana, tapi disuruh ke bank buat bayar dendanya dan saya di suruh mewajibkan bayar denda sesuai nominal. Sedangkan saya tidak bawa uang sebanyak itu. Intinya. Sekarang saya mau ambil stnk itu gimana ya klu tanpa ke bank,bisa ngga..langsung sidang aja.trus biar tau kapan sidangnya itu gimana..? Tolong di jawab ya mas. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikut sidang.. Jadwal sidang ada di slip tilang. Harusnya dapet slip tilang dan disitu tertulis jadwal sidangnya.
      Klo enggak berarti tanya sama pak polisinya.

      Kalo tdk dikasih surat tilang, berarti penilangan ilegal, bisa lapor provos terdekat

      Delete
  29. Saya kena tilang slip biru dpt sms e-tilang suruh bayar via briva cuma 50.000 hehe tapi ngga saya urus lewat briva (males)

    Sidang hari jumat tgl 18mei kmren eh kesana lupa, baru ingat sekarang hehe..

    Nah saya cek di sipp.pn-cibinong.go.id update putusan perkara pelanggaran lalu lintas terakhir update tgl 23 maret 2018. Capedeh..

    Mau tanya mas, kan ngga ikut sidang ngga tau putusan, nanti dpt sms putusan ttg besar denda ngga?

    Trus nanti saya ke kejaksaan ambil stnk (belum punya sim hehe) kan saya ngga tau besar denda sesuai putusan, apa nanti dpt struk dulu di kejaksaan? Saya takut di tembak sama bag loket nya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suruh transfer ke briva 50.000 mending transfer aja. Karna sidang juga nominalnya segitu


      Bisa diambil senin kekejaksaan, biasanya ada sidang susulan sebatas membacakan putusan.

      Delete
    2. Kalo bayar langsung di kejaksaan bisa ngga? Biar skalian gitu

      Delete
    3. Karna ngga punya rek bri hehe

      Delete
    4. Bisa langsung bayar ke kejaksaan.
      Kalau transfer pake kartu bank lain jg bisa, asal bayar di Atm bri atau di bank bri langsung

      Delete
  30. Selamat malam pak Heri.. mau nanya ane kan tadi kena tilang slip biru gara gara gak bawa sim, dan denda 1.000.000 , kata pakpol si suruh tf via BRI ... Tapi ane lagi ga ada duit sebesar itu, kalo misal bayar setelah sidang tilang di PN bisa gak ? Tadi sore kena tilang pertama pak Heri...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.