Header Ads

30 Fakta Lunpia Cik Me Me yang Harus Kamu Ketahui


Assalamualaykum kawan, Setelah beberapa kali menulis artikel Lunpia Cik Me Me di blog saya ini, ternyata ada banyak fakta-fakta menarik terkait Lunpia Cik Me Me. Tentunya selain sebagai pelopor Lunpia bersertifikat halal dan memiliki varian rasa terbanyak. Fakta-fakta tersebut saya himpun dari berbagai sumber, salah satunya dari penuturan langsung owner Lunpia Cik Me Me saat saya mampir ke gerainya.

Baca Juga :  Tips Menonton Pertandingan Timnas Langsung di Stadion

Mau tahu fakta lain tentang Lunpia Cik Me Me?! Berikut saya persembahkan untuk kalian pecinta kuliner Semarang.

1. Pelopor Lunpia Halal
Untuk menghilangkan keraguan bagi pencinta lunpia dari kalangan muslim (beragama islam), Lunpia Cik Me Me saat masih bernama Lunpia Delight sudah meregistrasikan lunpia di MUI. Pada tahun 2015 Lunpia Delight adalah satu - satu produk lunpia yang sudah memiliki sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga Lunpia Cik Me Me : Metamorfosa yang Tak Merubah Cita Rasa

Ketua Majelis Ulama Indonesia yaitu KH. Achmad Rofiq dalam sambutannya mengatakan "Lunpia Delight adalah satu-satunya pelopor yang bersertifikasi halal dari MUI". Hal itu disampaikan pada acara malam syukuran saat Lunpia ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional. Acara syukuran diadakan di pelataran Lunpia Delight pada tanggal  20 Febuari 2015.

Baca Juga : Lunpia Cik Me Me : Pelopor Lunpia Halal serta Lunpia Dengan Varian Rasa Terbanyak  

Hasil pengajuan terbaru, Lunpia Cik Me Me masih mempertahankan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor registrasi 15100013431214. Kepemilikan sertifikat halal ini wajib diterapkan karena Lunpia Cik Me Me menjunjung tinggi prinsip dasar yang tidak boleh ditawar bagi umat islam, mengingat persoalan halal dan haram telah menjadi akidah bagi umat islam.

2. Gerai Lunpia Yang Selalu Berinovasi 
Semangat muda dan penuh pengalaman dari pendiri Lunpia Cik Me Me, membuat Lunpia Cik Me berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyajikan produk Lunpia Cik Me Me. Terbukti, dari twal berdiri (tahun 2014), Lunpia Cik Me Me sudah menghadirkan 6 varian rasa lumpia. 3 rasa di tahun 2014 dan 3 rasa l tahun 2015. Inovasi yang terdekat, Lunpia Cik Me Me sedang mempersiapkan produk baru dalam rangka go nasional. Selian itu, Lunpia Cik Me Me juga bekerjasama dengan taksi blue bird dalam menservis pelanggannya.


3. Gerai Lunpia yang Pernah Mengadakan Lomba Blog
Bagi beberapa blogger, lomba blog tentang kuliner atau wisata adalah salah satu lomba yang sangat diminati, karena ceritanya bisa mengalir berdasarkan pengalaman yang dirasakan. Tahun 2016 Lunpia Cik Me Me saat masih bernama Lunpia Delight mengadakan lomba blog dalam rangka ikut memeriahkan ulang tahun kota Semarang yang ke-469. Tema lomba yang diberikan kepada blogger adalah “Semarang Kota Lunpia”. Lomba blog ini memperebutkan hadiah total Rp 5.000.000 (lima juta rupiah).

4. Pelopor Lunpia dengan Varian Terbanyak
Inovasi yang ditunjukan dari Lunpia Cik Me Me adalah telah menghadirkan 6 varian rasa yang menjadi andalan lunpia Cik Me Me. Adapun 6 varian rasa tersebut adalah rasa original, rasa plain (untuk vegetarian), rasa crab (kepiting), rasa fish kakap (ikan kakap), rasa kajamu (kambing jantan muda) dan raja nusantara (rasa jamur nusantara).

Baca juga :  Jangan Salah Beli Oleh-Oleh Semarang

5. Merupakan Generasi ke 5 Lunpia Semarang
Lunpia Cik Me Me merupakan generasi ke lima dari lunpia semarang. lunpia semarang sendiri adalah lunpia terkenal pada zamannya yang di ciptakan oleh mbok wasih dan Tjoa Thay Joe engkok buyut Cik Me Me sejak tahun 1870. Cik Me Sendiri juga putri bungsu dari Master chef dari pendiri Lunpia Mataram  yaitu Tan Yok Tjay atau Budi Djatmiko Sugiarto.
Lunpia Cik Me Me adalah generasi muda yang menyajikan perpaduan resep warisan 4 generasi keluarga Lunpia Semarang dan 2 generasi keluarga Lunpia Mataram, yang disempurnakan dalam kenikmatan dan kelezatan sajian hidangan Lunpia Cik Me Me.

Baca Juga :  Mengenal Sejarah Kuliner Oleh-Oleh Semarang Lunpia Cik Me Me.

6. Selalu Menggunakan Rebung Muda Pilihan
Lunpia Cik Me Me selalu menggunakan rebung muda pilihan dari berbagai daerah. Dalam pemanfaatannyapun selalu membedakan rebung berdasarkan tekstur, warna dan asal daerah. Rebung-rebung tersebut di ramu khusus untuk masing-masing varian rasa, karena masing-masing rasa hanya cocok atau pas dengan pilihan rebung yang sudah diklasifikasikan oleh Lunpia Cik Me Me.

7. Isi Lumpia Lebih Kering
Kalau hanya sekedar kering kulit itu hal yang biasa dan semua bisa membuatnya. Tapi yang benar-benar perlu perjuangan adalah membuat isi lumpia lebih kering itu yang luar biasa. Di Lunpia Cik Me Me isi lumpia dibuat kering karena telah melalui penumisan yang lama dan tanak, minimal 3 jam penumisan. Proses penumisan yang lama tersebut untuk menghasilkan Kadar air seminimal mungkin sehingga mengurangi resiko cepat bau dan cepat basi.

Dalam menggorengnya juga menerapkan deep frying. Deep Frying sendiri merupakan teknik memasak dengan banyak minyak hingga lumpia terendam semuanya. Teknik ini dilakukan dengan api yang besar agar minyak panas merata. Hal ini dilakukan agar menjaga hasil akhir yang lebih kering, chrispy dan tidak menyerap banyak minyak.


8. Rebung (Isi lumpia) Tidak Pesing.
Banyak orang yang tidak suka lumpia atau kapok makan lumpia karena aromanya yang pesing. Aroma pesing ini disebabkan pengolahan rebung yang kurang bersih dan steril. Bisa juga karena pemilihan kualitas rebung yang jelek. Tapi di Lunpia Cik Me Me kebersihan pengolahan rebung dan pemilihan kualitas rebung adalah hal yang sangat diperhatikan. Rebung berkualitas dan pengolahan yang bersih membuat Lunpia Cik Me Me tidak bau pesing.

Nah itu kawan, 27 Fakta menarik terkait Lunpia Cik Me Me Semarang. Jika punya fakta lain yang belum masuk list diatas, bisa tambahin di komentar ya. Sebagai apresiasi penambahannya akan dicantumkan nama komentatornya.

9. Bisa Tahan 1 (satu) Minggu
Ketahanan Lunpia Cik Me Me sendiri, meskipun tanpa pengawet bisa juga di bilang awet atau tahan lama. Lumpia kering tanpa frezer bisa tahan selama 24 (dua puluh empat) jam sedangkan lumpia basah tanpa di masukkan frezer bisa tahan selama 8 (delapan) jam. Tapi jika sudah dimasukkan  frezer, keduanya baik kering maupun basah  bisa tahan sampai satu minggu.

10. Bisa Delivery Order dan Gratis Biaya Kirim
Bagi yang masih sibuk atau belum sempat mampir ke gerainya langsung, kita bisa memesan Lunpia Cik Me Me melalui telpon dan minta dikirim ke tempat kita. Untuk Area Semarang Lunpia Cik Me Me mengratiskan biaya pengiriman dengan minimal order 10 buah, baik sama rasa ataupun beda rasa (campur). Sedangkan untuk luar kota juga bisa delivery order juga tapi ongkos kirim ditanggung sama pembeli. Lebih jelasnya bisa telpon di 024-3511007, nanti customer service akan menginfokan lebih lanjut terkait syarat dan teknis pengirimannya. 


11. Pelopor Penyedia Oleh-oleh Jawa Tengah
Untuk memanjakan dan mempermudah pelanggan dalam hal membeli oleh-oleh lainnya, Gerai Lunpia Cik Me Me adalah gerai lunpia pertama yang juga menyediakan oleh-oleh khas daerah se Jawa Tengah. Oleh-oleh tersebut merupakan titipan UMKM di Semarang, sehingga secara tidak langsung, Lunpia Cik  Me Me juga membantu pemasaran bagi UMKM Jawa tengah.

12. Menyediakan Berbagai sajian Eskrim
Jika kita memasuki gerai lunpia Cik Me Me, persis setelah pintu masuk di sebelah kiri ada deretan frisher yang digunakan sebagai etalase eskrim. Bukan hanya menyediakan satu jenis eskrim, tapi berbagai macam jenis eskrim, makannya frisher yang disediakan tidak hanya satu unit saja.

13. Brosur khas Selalu Tersaji di Meja
Sebagai generasi ke lima lunpia semarang, Lunpia Cik Me Me selalu menghadirkan silsilah keluarga sebagai penguat jati diri lunpia Cik Me Me. Brosur tersebut juga selalu sedia dan tertata rapi di meja untuk bisa dibaca dan dibawa pulang oleh pelanggan yang mampir. Brosur tersebut juga sebagai jaminan mutu terhadap sensasi cita rasa dari segala jenis produk jajan kuliner Lunpia Cik Me Me.

14. Mengadakan Undian Berhadiah
Di setiap hari ulang tahun Lunpia Cik Me Me,  Lunpia Cik Me Me selalu berbagi dengan pelanggan setia dengan mengundi hadiah untuk para pelanggan. Pada periode 2014 -2015 pelanggan setia Lunpia Cik Me Me yang beruntung mendapatkan hadiah 3 buah sepeda motor Mio adalah Bapak Irwanto Adinata (Semarang), Ibu Puji Andarwati (Semarang), dan Bapak Ng. Erry (Jakarta).

Sedangkan undian berhadiah untuk periode tahun 2015 s/d tahun 2016 hadiahnya ditingkatkan berupa 3 (tiga) unit motor Yamaha sport (Yamaha R25, Yamaha R15, Yamaha New Vixion). Adapun pemenang untuk periode tersebut adalah Dwi Susanto (Semarang), Moh Ibnu Abbas (Semarang) dan Diastra Augusta (Depok). Dokumentasi penyerahan hadiah bisa kunjungi website lunpiacikmeme.com ya!

15. Memiliki Program Khusus Setiap Ramadhan
Nah ini nih salah satu program yang ditunggu pelanggan. Program ini muncul dalam rangka memberdayakan Lunpia Semarang sebagai Warisan Budaya Nasional Tak Benda dan sebagai ikon kuliner semarang itu sendiri. Maka, Lunpia Cik Me Me saat bulan ramadhan kemarin melaksanakan tradisi tahunan yang disebut TBR (Tradisi Budaya Ramadhan). Program ini dimulai terhitung sejak awal memasuki bulan Ramadan sampai menjelang akhir bulan Ramadan. TBR adalah adalah program yang memu.gkinkan pelanggan beli satu gratis satu terhadap semua jenis produk lunpia. Semoga Ramadhan ini diterapkan kembali dan menjadi program rutin tahunan setiap ramdhan.

16.  Dilengkapi dengan Meeting Room
Bagi yang sedang mencari alternatif tempat kumpul atau meeting, bisa pakai fasilitas di Lunpia Cik Me Me. Dengan bayar 50.000/orang kita bisa menikmati ruangan ber-AC, proyektor dan jajanan lumpia yang dikombinasikan dengan jajan lainnya.


 

17. Dilengkapi dengan Musholla
Bagi yang muslim, fasilitas ini tentu sangat favorit karena memudahkan dalam beribadah. Mushollanya juga luas, lengkap dengan sarung, sajadah, mukena, kamar kecil dan tempat wudlu. Biasanya kan mushollah itu pakai tempat tersembunyi, dibawah tangga, pengap dan tidak terawat serta hanya pakai beberapa petak lantai saja, tapi disini memakai tempat khusus dan luas.


18. Punya Program Memberangkatkan Umroh Karyawan Muslim
Perencanaan program ini patut diapresiasi. Lunpia Cik Me Me kedepan berencana setiap tahunnya akan memberangkatkan umroh bagi karyawan dan karyawatinya yang memeluk agama Islam secara bergantian. Semoga konsisten memberi rejeki umroh pada karyawannya ya!

19. Menyediakan Ribuan Lunpia Untuk Mencetak Rekor Muri
Lunpia Cik Me Me sangat responsif dan berperan aktif disetiap acara seni, budaya dan olah raga yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang dan Pemprov Jawa Tengah, seperti tahun 2015 tepatnya 5 April 2015. Di tahun tersebut, Lunpia Cik Me Me diminta oleh Bank Jateng untuk menyediakan ribuan lumpia dari Lunpia Delight dalam rangka memecahkan rekor MURI untuk kategori "Makan lunpia paling banyak".

Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jateng, Bapak Ganjar Pranowo, Walikota Semarang Bapak Hendrar Prihadi, Direktur Bank Jateng Bapak Supriyanto, dan Pejabat teras lainnya serta ribuan pengunjung yang memadati Balaikota dan jalan Pemuda Semarang.

20. Menuju Go Nasional
Lunpia Cik Me Me berencana menyusul dan mensejajarkan diri dengan Es Teler 77 yang sudah go nasional. Kalau dari segi makanan tradisional, Lunpia Cik Me Me ingin seperti Pem Pek Ny. Kamto yang sudah membuka gerai di kota-kota besar Indonesia. Di dapur Lunpia Cik Me Me juga sedang mempersiapkan produk baru yang akan diluncurkan bersamaan dengan semangat Lunpia Cik Me Me go Nasional.

21. Berani Menerapkan Open Kitchen
Cik Me Me sebagai owner menjamin kebersihan dari seluruh proses awal hingga penyajian lunpia ke konsumen. Untuk membuktikan itu, Lunpia Cik Me Me menerapkan open kitchen, dimana pelanggan bisa melihat semua proses dari  memberi isi lumpia, menggulung, menggoreng hingga menyajikan.
22. Tampil di Berbagai Media TVNyaris seluruh media elektronik Nasional seperti TV One, Tran 7, Metro TV, SCTV, Trans TV, RCTI, MNC TV, Kompas TV dan stasiun TV lainnya telah melakukan syuting pembuatan lumpia dan menayangkan wawancara langsung dengan manajemen Lunpia Cik Me Me.

Salah satu sesi peliputan oleh stasiun TV, menampilkan Cik Me Me sebagai pimpinan koki dalam acara Makan Besar Trans 7. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut  hari ulang tahun Kota Semarang. Dalam acara tersebut Lunpia Delight bekerja sama dengan stasiun TV Trans 7 dan Pemerintah Kota Semarang. Acranya sendiri dilakukan pada tanggal 12 April 2015 dan di tayangkan pada 19 April 2015.

Cik Me Me tampil sebagai leader untuk menunjukkan keahliannya dalam meramu, menggulung dan menggoreng lumpia dihadapan pejabat teras Kota Semarang dan ratusan pengunjung.

Selain kerjasama tersebut, secara khusus TV Trans 7 juga telah menayangkan Lunpia Deligt dalam episode "DEMEN MAKAN" pada tanggal 3 Mei 2015.

23. Turut Berjuang Ketika Lumpia di Klaim Malaysia.
Saat lumpia ramai diperbincangkan karena di klaim oleh malaysia, Owner Lunpia Cik Me Me bersama FORMASBUDI (Forum Masyakat Peduli Budaya Indonesia) mendatangi Kedubes Malaysia di Jakarta. Cik Me Me melakukan protes atas klaim lunpia oleh negeri jiran tersebut.

Keberanian Cik Me Me juga mendapat dukungan yang begitu luas dari masyarakat dan kalangan jurnalis baik cetak, elektronik maupun media sosial di tanah air.

24.  Taat Bayar pajak
Sebagai upaya eksistensi usaha Lunpia Cik Me Me, sudah menjadi suatu hal yang wajar kalau melakukan promosi dengan beriklan lewat billboard, baliho dan umbul-umbul. Untuk kelancaran pemasangan iklan, pihak manajemen selalu rajin membayar restribusi pajak ke pemerintah kota semarang.


25. Dilengkapi Play Kids
Entah apa nama sebenarnya, ada yang bilang play land, play ground, atau lainnya. Saya sendiri lebih suka dengan penyebutan play kids. Intinya tempat tersebut disediakan sebagai tempat bermain anak-anak. Permainan yang disediakan diantaranya kuda-kudaan, mobil-mobilan, prosotan, trampolin, rumah mini dan lainnya.


26.  Mendapat Penghargaan dari Leprid
Kerja keras yang dihadirkan manajemen membuat Lunpia Cik Me Me dilirik oleh lembaga dunia. Lembaga tersebut adalah Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). 6 varian rasa lumpia yang dihadirkan di Lunpia Cik Me Me di daulat sebagai pelopor lumpia dengan varian terbanyak.


Varian rasa lunpia yang ada di Lunpia Cik Me Me adalah rasa Jamur, Crab, Original, Plain, Fish Kakap, KaJaMu dan Raja Nusantara. dan ke enamnya sudah bersertifikat halal dari MUI

27. Parkir Luas
Tempat parkir adalah salah satu alasan pelanggan untuk bisa mampir di suatu toko. Tempat parkir yang luas akan membuat pelanggan lebih tenang meninggalkan kendaraan dan bisa berlama-ama dalam berbelanja. Tempat parkir luas juga akan membuat lalu lintas lancar tanpa hambatan dan tidak menganggu pengguna jalan.

28. Kerjasama Dengan Blue Bird
Lunpia Cik Me me bekerjasama dengan taksi blu bird. Tak dipungkiri, taksi adalah salah satu kendaraan umum yang dipakai pelanggan untuk membeli oleh oleh semarang lunpia cik Me Me. Setiap pelanggan yang berkunjung ke Lunpia Cik Me Me dengan blue bird, khususnya pelanggan yang menggunakan aplikasi my blue bird berhak mendapatkan potongan harga 15%. Promo ini berlaku dari bulan maret 2017 hingga bulan Februari 2018. Jadi tinggal beberapa hari lagi ya! Semoga saja ada perpanjangan promo atau promo menarik lainnya.

29. Terletak di Pusat Kota Dekat Dengan Simpang Lima
Pusat oleh oleh di Semarang biasanya berada di jalan Pandanaran. Tapi kadang kalau lewat jalan tersebut, selain ramai karena padatnya pengguna jalan, juga sering macet oleh kendaraan yang hendak parkir atau selesai berbelanja. 

Seperti kita ketahui bersama, Toko oleh-oleh tersebut hampir semuanya memiliki tempat parkir kurang luas, biasanya hanya dapat menampung dua atau 3 mobil saja. Peruntukan tempat parkir lebih pada parkir khusus sepeda motor. Akhirnya mobil pelanggan parkir di pinggir jalan dan mengganggu kelancaran lalu lintas.

Oleh-oleh Lunpia Cik Me Me letaknya di jalan gajahmada 107 Semarang, tidak termasuk jalur padat dan dekat dengan pusat perbelanjaan lain dan simpang lima. Jadi setelah belanja baju, car free day-an atau lagi disekitar simpang lima, deket banget kalau mau mampir ke lunpia Cik Me Me. Jalannya juga tidak seramai pandanaran.

30. Garnish Daun Bawan Yang Lekat dengan Sejarah Engkong Buyut Cik Me Me
Sebenarnya daun bawang sudah lumrah digunakan sebagai garnish (penghias) makanan, misal saja pada taburan mie ayam ada yang menggunakan daun bawang. Tapi yang terlihat aneh mungkin karena daun bawangnya tidak diiris (dipotong) terlebih dahulu ya?!

Bisa jadi penambahan daun bawang masih utuh hanya sebagai pembeda dan terkesan unik dari jajanan lainnya. Adapun cara makannya ya sama, berbarengan dengan lunpianya. Jadi mudahnya satu gigit lunpia dibarengi dengan satu gigitan pula untuk daun bawangnya.

Selain itu, penambahan daun bawang bagi Lunpia Cik Me Me punya sejarah sendiri. Engkong buyut/ leluhur Cik Me Me memanfaatkan fungsi daun bawang sebagai pencegah masuk angin atau perut kembung. Engkong buyut tiap hari sering perjalanan jauh luar kota, dan sebelum berangkat selalu memakan daun bawang, bahkan dibawa sebagai bekal juga sebagai pencegah kembung atau masuk angin. Dari pengalaman tersebut, daun bawang kini selalu melekat dengan sajian lunpia Cik Me Me.



Jika artikel 30 Fakta Lunpia Cik Me Me yang Harus Kamu Ketahui ini bermanfaat, silakan di share atau dibagikan. Jangan sungkan-sungkan untuk baca artikel lainnya dan mampir di kesempatan yang lain. Terimakasih atas kunjungannya.


9 comments:

  1. dari kemaren ngobrolin lunpia di kantor sama temen. Jadi makin ngileeeer.

    btw, awet berapa lama lunpia cik meme ini? bisa di kirim ke luar kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awet mba, bisa 24 jam sampe satu minggu utk yg kering dan bisa delivery order luar kota.

      Delete
  2. Lengkap banget ulasannya, mas. Jadi penasaran sama lunpia Cik Me Me Btw, pernah beli lunpia yang aromanya kurang sedap. Setelah itu jadi kapok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobaij disini mba.. Selama ini blm ada keluhan terkait aromanya

      Delete
  3. Kok unik ya penyajiannya ... satu lumpia disantap berbarengan dengan daun bawang.
    Perlu dijajal nih kapan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu cara buat bisa nyicipin berbagai rasa kak..

      Delete
  4. woh, Lunpia Cik Me Me bisa delivery order toh mas.
    bisa sampe ke Bogor gak ya? :D

    jadi kangen makan lunpia, waktu ke Semarang cuma sekali icip aja.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.