Header Ads

Tips Menonton Pertandingan Timnas Langsung di Stadion

Sensasi yang kita rasakan ketika menyaksikan pertandingan sepakbola di rumah melalui layar kaca dengan menyaksikan pertandingan beramai-ramai di tempat-tempat tertentu yang menggelar nonton bareng (nobar) pasti akan berbeda. Betul tidak? Yang jelas, menonton sepak bola beramai-ramai akan menciptakan suasana yang lebih greget dan intens. Membuat adrenalin kita makin terpompa. Kalau menyaksikan pertandingan rame-rame saja bisa memberikan pengalaman yang luar biasa, maka menonton langsung (live) pertandingan sepak bola dengan hadir di stadion pasti akan memberikan sensasi yang jauh lebih menyenangkan.

Baca Juga : Menjemput Penghargaan

Menjadi suporter dan menyaksikan langsung pertandingan dari pinggir lapangan akan memberikan kita kesempatan untuk bisa langsung merasakan situasi dan suasana serta gemuruh para penonton maupun tensi permainan di lapangan. Jika kita menonton pertandingan secara langsung dilapangan, kita tidak hanya terpaku pada satu titik seperti yang di ditawarkan oleh televisi, tapi kita bisa mengedarkan pandangan hampir ke seluruh sudut lapangan.

Baca Juga :  Ultimate Tips Naik Kereta Api Agar Perjalanan jadi Lebih Nyaman

Bagi kamu yang berniat untuk menyaksikan langsung pertandingan sepak bola saat Asian games atau gelaran sepak bola lainnya yang di ikuti Timnas Indonesia, jangan lupa untuk mencatat baik baik jadwalnya.

Di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang kemarin, Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 perdana pada  dimulai pada hari minggu 12 Agustus 2018. Jadwal pertandingan timnas Indonesia U-23 perdana di Asian Games adalah melawan China Taipe yang hasil akhir dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 4-0. Mengawali pertandingan perdana dengan baik dan dengan kemenangan pertamanya, Indonesiapun sukses pada pertandingan berikutnya yang  berhasil mengantarkan Indonesia menduduki peringkat pertama Grup A dengan memperoleh poin 9.

Tapi sayang, jadwal pertandingan Timnas Indonesia harus berkahir di babak 16 besar saat tuan rumah Indonesia bertanding melawan Uni Emirat Arab. Saat itu pertandingan berakhir pada waktu 2x90 menit dengan skor 2-2. Untuk menentukan juara, pertandinganpun dilanjutkan dengan adu pinalti. Saat adu pinalti, Tuan rumah Indonesia kalah dari Uni Emirat arab dengan skor 3-4.  Kalahnya Indonesia dari Uni Emirat Arab berarti Timnas Indonesia tersingkir dari perhelatan Asian Games pada cabang sepak bola. Sehingga Jadwal pertandingan Timnas U-23 pun harus berkahir.

Ngomong-ngomong soal menonton pertandingan sepak bola langsung di stadion. Agar kamu lebih nyaman dan aman selama menonton. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti di antaranya adalah:

Jangan lupa nonton pertandingan pembukaan
Kemeriahan sebuah event biasanya akan kita rasakan pada bagian awal dan akhir. Di bagian awal, kita berkesempatan untuk menyaksikan ceremony pembukaan yang meriah dengan berbagai atraksi menarik.

Jangan lupa isi perut atau beli cemilan
Durasi pertandingan sepak bola memang tidak terlalu lama. Akan tetapi, kamu tetap butuh tenaga jika ingin bisa memberikan dukungan terbaik kepada para pemain di lapangan. Ya, teriakan dan yel-yel yang kamu nyanyikan bersama suporter lainnya akan membakar semangat para pemain. Agar suaramu adalah yang paling keras, kamu butuh tenaga lebih. Jadi jangan lupa makan sebelum menyaksikan pertandingan. Atau kamu juga bisa membeli makanan berupa cemilan untuk dibawa masuk. Paling tidak minimalnya menyiapkan air minum saat menonton pertandingan. 


Energi yang terkuras akibat dukungan yang kita berikan kepada pemain akan sedikit terobati dengan makanan ringan seperti gorengan, biskuit, atau roti. Untuk minuman, pilihlah minuman yang tidak bikin kamu merasa sering ingin buang air kecil atau yang mengandung diuretik seperti soda atau kopi. Sebaliknya, pilihlah minuman mineral.

Jangan lupa bawa jas hujan
Jika melihat jadwal pertandingan Timnas yang gelaran Asian Games 2018 kemarin memang hampir tidak ada hujan. Tapi akhir-akhir ini beberapa atau bahkan sebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai hujan. Hal ini menandakan di Indonesia  akan memasuki musim penghujan. Meski masih jarang hujan, tapi tidak mengapa sedia payung sebelum hujan. Nggak enak juga kalau lagi asyik nonton pertandingan malah kedinginan dan memilih pulang duluan. Jadi jangan lupa bawa jas hujan yang ringan dan mudah ditenteng.

Catat jadwal pertandingan Timnas
Agar tidak kelewatan pertandingan, kamu wajib mencatat jadwal pertandingan Timnas di HPmu dan Pasang alarm agar tidak kelewatan. Karena seringkali, kesibukan membuat kita melupakan hal-hal penting yang harus kita hadiri.

Parkir kendaraan di tempat yang aman
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan kendaraan atau yang lainnya, kamu wajib memilih tempat parkir yang aman. Karena dimanapun ada keramaian, biasanya disana kerap ada kejahatan. So, be aware! Selalu pilih tempat parkir resmi agar ada jaminan keamanan pada kendaraan meskipun harus membayar lebih.


Datang lebih awal dan pulang lebih akhir
Datang lebih awal akan memberikan kamu kesempatan untuk memilih tempat terbaik untuk menonton. Sebaliknya, pulang paling akhir akan memberikanmu kenyamanan karena tidak perlu berdesak-desakan keluar stadion. 

Nah itu sedikit tips yang bisa kalian ikuti jika menonton pertandingan sepa bola secara langsung. Jika artikel yang berjudul Tips Menonton Pertandingan Timnas Langsung di Stadion ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terimkasih atas kunjungannya

16 comments:

  1. Pencapaian kemajuan yang cukup bagus buat timnas Indonesia masuk 16 besar.
    Semoga kedepannya lebih berprestasi.

    Benar, nonton pertandingan secara langsung tentu euforianya lebih terasa, seru.
    Cuman kadang malasnya terjadi bentrokan para supporter, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kalo pertandingan lokal kadang gitu mas... Tapi klo timnas jarang dan hampir tdk ada kayaknya

      Delete
    2. O,begitu, mas ... , ngga pernah terjadi bentrokan supporter saat timnas berlaga.
      Nah keren itu namanya 👍.

      Ngeri juga baca atau denger berita pertandingan bola supporternya dampai bikin kerusuhan massal dan tak sedikit nyawa melayang.
      Apa yang sebenarnya mereka cari ?.

      Delete
    3. kalo lokal emang lebih "rame" bisa sampe taawuran pasca pertandingan antar suporter

      Delete
    4. Yang mereka cari itu mati mas @hima

      Delete
    5. Nah, kalo lokal aja ada korbannya.. Kaya keemarin yg sampe meninggal itu. Tapi klo indonesia melawan negara lain, sy blm peenah denger juga

      Delete
  2. Alhamdulillah meskipun hanya masuk 16 besar. Kemarin kita juga kalahnya karena kurang beruntung aja pas adu penalti. Hehehe.

    Aku seumur-umur belum pernah nonton pertandingan langsung. Takut ketemu ribut antar suporter, dan takut pulangnya maceeeet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ribut sih nggak, nah kalo macet pastinya

      Delete
  3. selalu bawa camilan di stadion
    biar makin asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. menambah hangat suasana dan menambah berat badan...xixixi

      Delete
  4. Pengen sih liat langsung timnas saat brtanding, cuma kok jauh banget ya dari Jayapura. Hahahah :D
    Tapi bener juga sih, harus siap siaga jas hujan.
    Yakali habis nonton malah sakit karena kehujanan kan gak lucu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa tau nanti ada pertandingan timnas di gelar di stadion kebanggaan persipura jayapura

      Delete
  5. TIpsnya bermanfaat. Tapi saya belum pernah nonton live di stadion. Memang sih dari sisi kenyamanan lebih enak nonton di rumah, tapi kalo masalah seru-seruan, nonton langsung di stadion pilihan tepat.

    Boleh bawa nasi padang ke dalam stadion, buat ganjel perut, hahahah....

    Emang atapnya stadion gak bisa menutupi tribun penonton ya?? Riskan juga kalo lagi musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo makan nasi padang malah ndak konsen makannya mas... mau masuk sesuap sudah diteriakin sama tetangga samping depan bekang.

      terkait atap tergantung tipe dan desain stadion itu sendiri, ada yg hanya VVIP ada yang semua tribun tertutup. tapi kalo mendung butuh pencahayaan tambahan

      Delete
  6. Btw q blm pernah tuh nntn bola di stadion langsung, apa perlu ya bawa kekeran gitu, atau teropong jarak jauh. Macam jauh kan itu mereka di bawah kita di tribun.

    Tp sy sih lbh senang nntn d tv, krn smw angel bs sy dptkan, hanya kurang sensasi euforia sj.

    Sm halnya nntn balap, lbh enak ya d rmh, apalagi di tv sport lngsg, yang berbayar, semua angel bs qt dpt. Krn channelnya khusus menayangkan tiap bagian dari race, beda dengan nonton relay dari tv gratisan, banyak dipotongnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv memang lebih praktis, tak usah mengerakan leher kekanan kekiri kalo bola lari. Cuku dengan lirikan saja.

      Tapi kalo balapan, saya malah kurang suka. Karena kurang maksimal.apalagi yg lintasannya jauh dan panjang. Klo ndak giliran liat yg balapan, akhirnya liat jalan aspal atau track balap kosong. Harus nunggu bbrp menit lg utk bsa liat kendaraan yg sedang bertarung.

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.