Header Ads

Ultimate Tips Naik Kereta Api Agar Perjalanan jadi Lebih Nyaman

Mumpung harga tiket kereta sedang murah, Yuk,, jangan lewatkan kesempatan beli tiket kereta api murah di toko online. Seperti biasa, menjelang akhir tahun, banyak sekali promo menarik yang mereka tawarkan. Dimulai dari tanggal 9 September (9.9) yang dikenal dengan sebutan Super Shopping Day atau pesta cashback nasional. Lalu tanggal 10 Oktober (10.10) yang sering disebut sebaga hari cashback nasional. Kemudian diikuti dengan tanggal 11 November (11.11) yang disebut dengan Online Revolution yang baru saja berlalu, dan kemudian diakhiri dengan promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 12 Desember (12.12). Banyak tawaran menarik dari toko online (e-commerce) pada tanggal ajaib tersebut, begitu juga dengan harga tiket kereta api tentunya.

Baca Juga :
Macam-Macam Sepeda yang Perlu Kita Tahu.

Tips Memilih TV LCD Murah yang Perlu Diperhatikan

Lupakan Cara Membuat Akun Instagram, Mulai Pikirkan Kesehatan Anda  

Di era digital seperti sekarang ini, beli tiket kereta sekarang tidak hanya bisa dilakukan dengan mendatangi travel agent, tapi bisa juga mencari dan membeli langsung melalui toko online seperti Bukalapak. Baik dengan menggunakan aplikasi maupun melalui browser di laptop ataupun  P.

Keuntungan Beli Tiket Kereta Api di Toko Online
Ngomong-ngomong soal beli tiket kereta di toko online, menurut saya pribadi, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, Berikut adalah kelebihan membeli melalui aplikasi (toko online) seperti Bukalapak. 
  1. Ketika memesan tiket kereta api melalui toko online bukalapak, manfaatkan harga tiket kereta api murah, baik berupa potongan harga langsung yang dapat mengurangi nominal pembayaran ataupun berupa cashback menarik setelah transaksi berhasil. Dimana hasil cashback tadi akan masuk akun bukalapak kita. Jika cashback tersebut sudah masuk, kita bisa gunakan sebagai potongan harga saat kita bertransaksi kembali di bukalapak baik membeli tiket kereta api ataupun membeli barang lainnya.
  2. Sama seperti membeli tiket kereta api di loket stasiun, membeli tiket kereta api di toko online juga bisa bebas memilih kursi sesuai dengan keinginan, tentunya memilih kursi kosong yang tersedia. Kalau sudah ditempatin orang lain ya tetep saja tidak bisa. Tapi ada loh.., toko online yang jual tiket kereta tapi tidak bisa memilih tempat duduk! Posisi menentukan prestasi. Nah, memilih tempat duduk ini bisa kita manfaatkan jika kita membawa banyak barang dan membutuhkan ruang yang agak luas untuk meletakkannya. Jika demikian, kita bisa memilih kursi dibagian belakang yang berdekatan dengan sambungan gerbong, karena kursi yang berbatasan dengan gerbong lain punya space lebih luas yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang kita. Hal ini juga berlaku jika kita membawa anak kecil yang masih dipangku dan aktif bergerak. Jika butuh sumber daya untuk mencharge laptop atau smartphone, kita bisa memilih kursi yang berada dekat dengan jendela sehingga kita bisa lebih mudah dan nyaman untuk mengecas perangkat kita. Pasalnya di dekat jendela ada colokan listrik.
  3. Dengan bisa memilih kursi, keuntungan lainnya adalah, kita bisa menghindari dinginnya AC yang biasanya dipasang di atas kursi nomor 4 atau 5, di atas nomor 9, dan di atas kursi nomor 13 serta 14 pada kereta kelas Bisnis atau ekonomi PSO. Masih banyak kereta yang menggunakan AC Split yang jika duduk dibawah AC percis, kita bisa saja tidak merasakan dinginnya AC. Apalagi duduk dibawah AC kadang bisa berdampak buruk jika terjadi kebocoran AC karena tetesan airnya mengenai tempat duduk kita. Jadinya kurang nyaman dalam perjalanan. Tapi kalau terlalu dekat dengan hembusan AC pun, kita bisa kedinginan jika perjalanan dilakukan pada malam hari.
  4. Kita bisa melakukan reservasi 90 hari sebelum keberangkatan. Jadi masih ada waktu yang lumayan panjang bagi kamu untuk mempersiapkan diri membeli tiket kereta. Jika ingin dapat harga tiket kereta yang murah, kamu pun masih punya kesempatan buat mencari promo di tanggal-tanggal yang telah saya sebutkan di atas.
  5. Jika tidak menemukan rute yang kamu inginkan, secara otomatis aplikasi (pemesanan tiket kereta api) di toko online Bukalapak akan memberikan rute alternatif. Sehingga, kita tidak perlu repot melakukan pencarian lain. Dengan begitu kita pun akan lebih hemat waktu. Aplikasi akan memberikan saran kereta mana yang akan kita naiki dan kemudian memberi alternatif kereta api mana yang akan digunakan dalam melanjutkan perjalanan berikutnya.
  6. Khusus untuk kereta api ekonomi non PSO yang menggunakan tempat duduk 2 kursi tanpa pemisah, kita bisa memilih gerbong 4 dengan posisi tempat duduk di 16 A dan 16 B atau 1 C dan 1 D yang masing-masing terletak di ujung gerbong. Pilihan tempat duduk ini sangat leluasa untuk naruh barang dan selonjoran karena tidak ada kursi (tempat duduk) lain didepanya dan space didepannya lebih luas (longgar). Selain itu, gerbong tersebut juga bersebelahan dengan gerbong restoran kereta api (reska) atau disebut juga gerbong restorasi. Cocok untuk yang bawa banyak barang dan bawa anak kecil.
Tips naik kereta api agar perjalanan lebih nyaman 
Pada poin di atas, saya telah memberikan beberapa tips agar perjalanan lebih nyaman. Misalnya tips memilih kursi untuk perjalanan menggunakan kereta api kelas bisnis yang ber-AC. Selain tips di atas, saya masih punya beberapa tips menarik lainnya yang bisa kamu simak. 

Baca juga :  Tips Menonton Pertandingan Timnas Langsung di Stadion 

Cara memilih kereta yang tepat untuk bepergian 
Jika ingin melakukan perjalanan dengan kereta api agar hemat. Naik kereta kelas ekonomi adalah pilihan bijak. Apalagi sekarang sudah banyak kereta ekonomi non PSO (non subsidi) yang lebih nyaman dari kereta api kelas ekonomi PSO Tapi jika harga tiket kereta bukanlah masalah untuk kantongmu, kamu bisa memilih beberapa kelas lainnya seperti kelas bisnis, kelas eksekutif, serta kelas prioritas. Apa saja perbedaannya? 
  1. Kelas bisnis jelas jauh lebih nyaman dibandingkan dengan kelas ekonomi. Kursinya menghadap depan semua dan ada banyak ruang untuk berselonjor. Kursinya juga bisa ditekuk hingga sudut 100 derajat.Eh tapi masih ada beberapa kereta bisnis yang masih menggunakan kursi dobel (sambungan) dengan sebelahnya, jadi tidak bisa di tekuk kebelakang, hanya saja lebih lebar dan selonjoran juga lebih nyaman.
  2. Kelas eksekutif merupakan pilihan yang sangat nyaman dimana kita bisa mengatur kemiringan kursi sesuai dengan keinginan (sesuka hati). Pelayanannya tidak jauh berbeda dengan pesawat, kamu juga akan disediakan bantal dan selimut, serta hiburan berupa TV di tengah lorong gerbong. Ada juga pijakan kaki agar menikmati perjalanan lebih nyaman.
  3. Kelas prioritas yang sangat terbatas dan hanya melayani rute Jakarta-Jogja pada hari Jumat malam dan hari Minggu malam. Kelas prioritas ini bisa kamu temukan jika memilih kereta Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Taksaka. Fasilitas yang akan kita dapatkan setara dengan fasilitas di penerbangan kelas 1 (saat menggunakan pesawat).
Membeli tiket kereta api murah 
Jika ingin dapat harga tiket kereta yang murah, saya sarankan kamu membeli di toko online. Seperti yang telah saya sampaikan di atas, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Selain yang telah disebutkan di atas--kelebihan lainnya adalah, kita bisa dengan mudah mengubah rencana perjalanan.

Baca Juga : Tips Membeli Keramik Kamar Mandi untuk Rumah agar Terlihat Cantik dan Indah

Beli tiket kereta di toko online seperti Bukalapak juga akan mendatangkan banyak keuntungan dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berhemat. Pasalnya, toko online Bukalapak kerap kali menawarkan tiket promo berupa: voucher diskon dan cashback yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung.

Berbagai penawaran menarik tersebut bisa kamu temukan di halaman promo. Jika menggunakan aplikasi, sentuh saja tombol Semua Promo pada dashboard. Atau, jika kamu menggunakan browser di laptop, kamu bisa langsung menuju ke https://.bukalapak.com/promo.

Demikianlah sedikit tips yang bisa saya berikan bagi yang ingin bepergian menggunakan kereta api. Jika artikel berjudul Ultimate Tips Naik Kereta Api Agar Perjalanan jadi Lebih Nyaman ini bermanfaat, silakan disebarluaskan atau dibagikan (share). Terimakasih atas kunjungannya.

2 comments:

  1. sha kalo beli tiket kereta api lebih seneng online sih, suka banyak cashback atau diskonnya hihi

    ReplyDelete
  2. ada rezeki teringin nak naik keretapi dari jakarta ke bandung😊

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.