Header Ads

Lupakan Cara Membuat Akun Instagram, Mulai Pikirkan Kesehatan Anda

 
Media sosial merupakan kebutuhan wajib pada era globalisasi seperti saat ini. Dimana kebutuhan informasi akan berita dan lifestyle dibutuhkan dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Selain kebutuhan informasi, media sosial dijadikan sebagai wadah ekspresi diri. Berbagai macam hal tentang keseharian kita dapat dibagikan melalui internet. Salah satu media sosial yang memiliki banyak pengikut adalah instagram.


Baca Juga :
Tips Memilih TV LCD Murah yang Perlu Diperhatikan

Ultimate Tips Naik Kereta Api Agar Perjalanan jadi Lebih Nyaman 

Instagram adalah media sosial untuk berbagi foto dan video dimana penggunanya memungkinkan untuk mengunggah foto, mengunggah video, bahkan menerapkan filter digital untuk membuat tampilan unik sesuai yang kita harapkan. Cara membuat akun instagram ini juga sangat mudah, sehingga penggunanya terdiri dari berbagai macam usia. Bahkan tidak sedikit orang yang mempunyai akun instagram atau mengelola akun instagram lebih dari satu akun. Apalagi jika follower atau pengikut sudah banyak, bisa dijadikan akun bisnis yang dapat menghasilkan rupiah atau bisa lebih menjangkau promosi produk atau dagangan.

Namun aplikasi dengan pengikut lebih dari satu milyar penduduk Indonesia ini selain memiliki banyak keuntungan, juga memiliki berbagai macam dampak negatif. Efek negatif ini salah satunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Penggunaan instagram dalam waktu yang lama akan berakibat gangguan kesehatan mental yang serius jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, jika sudah begini, langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus akun instagram anda. Memang langkah ini terdengar ekstrim, namun jika melihat dampak negatif yang terjadi seperti berdampak buruk bagi kesehatan mental, anda tentu akan berpikir jika menghapus akun instagram adalah langkah yang tepat. Cara menghapus akun instagram dapat dengan mudah anda cari di internet. Berikut adalah dampak negatif dari instagram yang perlu anda ketahui

Baca Juga :  Macam-Macam Sepeda yang Perlu Kita Tahu.

1. Kualitas Tidur Terganggu
Terlalu sering bermain sosial media akan menjadikan kita lupa waktu. Akibatnya, kita jadi tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Terutama waktu istirahat kita yang seharusnya kita pakai untuk tidur malah kita gunakan untuk berselancar di instagram. Jika waktu tidur kurang, maka akan berdampak buruk bagi kegiatan sehari-hari. Bangun bisakesiangan, Pekerjaan akan terhambat dan emosi menjadi tidak stabil.

2. Citra Tubuh
Banyak wanita yang menggunakan instagram merasa tidak puas dengan badan yang mereka miliki. Ini mengakibatkan mereka sering mengedit foto dengan merubah beberapa bagian tubuh mereka sebelum di post ke instagram. Terlalu sering mengedit dapat menimbulkan ketidakpuasan terhadap diri sendiri menjadi meningkat yang akan mengakibatkan keinginan untuk melakukan operasi plastik menjadi semakin tinggi. Bukankah itu sama saja dengan membohongi diri dan orang lain? Syukuri saja apa yang sudah Tuhan berikan untuk kita, tanpa malu mengedit bagian tubuh agar terlihat lebih baik. Percaya diri dengan apa yang Allah anugrahkan.

3. FOMO
Fear of Missing Out ( Fomo) adalah suatu jenis kecemasan yang kerap kali terjadi pada pengguna instagram terutama para pengguna generasi Y yang lahir pada awal tahun 1980 dan berakhir pada awal 200-an. Kecemasan akan berita yang terlewatkan menjadi suatu bentuk dampak dari instagram yang banyak dialami oleh orang-orang. Kecemasan tidak update akan berita terbaru membuat masyarakat secara tidak sadar akan kecanduan sehingga mereka akan cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama untuk berselancar di instagram. Padahal masih banyak kegiatan lain yang seharusnya dikerjakan daripada hanya sekedar membuang-buang waktu membaca berita di instagram yang kebenarannya belum tentu valid.

4. Depresi dan Kecemasan
Melihat foto tentang aktivitas liburan seseorang atau foto tentang betapa bagusnya badan yang mereka miliki dapat menjadi pemicu depresi yang terjadi. Apalagi yang sudah menjalankan berbaga macam program, namun bentuk tubuh tak kunjung berubah. Ketidakmampuan seseorang untuk mencapai sebuah titik dimana orang lain dapat mencapainya akan menjadikan diri semakin tertekan. Apalagi jika hal tersebut kita lihat berulang-ulang. Depresi dan kecemasan sebenarnya mengganggu kehidupan sehari-hari kita. Ini akan menjadikan kita tidak produktif dan semakin jauh dari kesuksesan.

Bagi anda yang belum memiliki akun instagram, sangat disarankan untuk tidak mencari tahu tentang cara membuat akun instagram. Bagi anda yang sudah memiliki akun instagram, setelah membaca beberapa penjelasan dampak negatif sebaiknya anda mulai mencari informasi tentang cara menghapus akun instagram yang anda bisa lihat di artikel ini. Atau pergunakan akun instagram dengan bijak dan seperlunya sehingga bisa menghindari dampak negatif yang bisa menimpa para pengguna instagram.

Nah, sekian dari saya terkait sedikit berbagi informasi tentang dampak buruk bagi pengguna instagram dan menyarankan untuk menghapus akun instagram jika dampak negatif instagram diatas dirasakan oleh Anda. Jika artikel yang berjudul Lupakan Cara Membuat Akun Instagram, Mulai Pikirkan Kesehatan Anda ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

3 comments:

  1. Terlalu ekstrem atuh jika harus hapus akun IG bagi saya yang jarang buka dan tak bisa isdi karena komputer tak mendukung, Windows 7. Ponsel ANDROMAX PRIME saja tak instal aplikasinya, tak niat sampai punya tablet baru yang memungkinkan untuk itu. Ponsel layar 2,4 inci bikin mata lelah dan kian plus.
    Saran di atas layak diterapkan pada yang alami kasus terlalu berlebihan dalam hal penggunaan media sosial. Kalau yang tak anggap IG sebagai ajang pamer atau kepo sehingga jadi fomo, saya rasa masih berada dalam xona aman.
    Saya lebih fokus pada blog, jadikan Facebook sebagai tempat untuk beroleh informasi dan ajang silaturahmi. Mungkin karena saya terlalu sibuk di dunia nyata jadi tak merasakan dampak negatif media sosial. Saya jadikan pendamping untuk menunjang pekerjaan.
    Saya baru tahu soal editan dari artikel ini. Iya, kadang iri pada tampilan teman karena foto mereka bagus, pun bagaimana bisa jalan ke tempat asyik. Sedang saya kalau foto selalu tampak apa adanya. Tanpa filter karena spesifikasi kamera dalam ponsel saya tak menunjang. Setidaknya info ini bisa bikin saya berpikir positif dan tak iru, he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya unistal di andromax a karna memorinya sdh kepenuhan.

      Edit foto dg filter malah bikin ribet klo menurut saya

      Delete
  2. Kalau ngga diimbangi dengan sikap bijak bersosmed, pasti jadi problem mental tersendiri. Apalagi sampai mengikuti trend dan merasa ngga mau kalah tampilan diri dengan pengguna ig yang lain.
    Wah bisa jadi depresi akut tuh kayak gitu ... wkkwwkk ..

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.