Header Ads

4 Aktifitas yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur Ke Karimunjawa Kab. Jepara, Jawa Tengah


Karimunjawa Kabupaten Jepara Jawa Tengah adalah salah satu destinasi wisata yang ada pada daftar (listing) liburan keluarga. Gugusan pulau-pulanya cukup berdekatan sehingga memungkinkan dalam sehari kita bisa mengunjungi beberapa pulau. Ditambah suasana yang tenang, damai dan lautnya yang masih asri membuat pengunjung semakin betah berada di Karimunjawa. Banyak area snorkling yang bisa kita jumpai disini, dan kita bisa melihat terumbu karang yang eksotis di kepulauan ini. Semoga piknik  ke Karimunjawa ini bisa segera dicoret dari daftar tempat wisata yang akan dikunjungi di tahun 2019.

Pada artikel sebelumnya yang saya tulis pada bulan Agustus 2018, saya menceritakan ada dua tempat wisata impian yang semoga dalam waktu dekat ini bisa kami kunjungi, yaitu Pulau Bali dan Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah. Untuk rencana liburan impian ke Bali, Badung Bali adalah salah satu destinasi wisata utama yang wajib dikunjungi ke Bali. Dan tempat-tempat mana saja yang berencana kami kunjungi ketika di Badung Bali, sudah saya tuangkan dalam artikel yang berjudul 4 Kelompok Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Saat Berlibur Ke Badung Bali

Kalau rencana ke Bali sudah saya jabarkan tempat-tempat mana saja yang akan saya kunjungi, kini di awal tahun 2019 ini saya akan menceritakan beberapa aktifitas wisata ketika berlibur di Kepulauan Karimunjawa Jepara Jawa Tengah. Semoga saja artikel ini sebagai pembuka rejeki untuk bisa berlibur ke Karimunjawa di tahun ini.

Baca Juga :  Rooms Inc Hotel Semarang, Lifestyle Hotel Untuk Pebisnis, Traveler dan Kaum Millenial  

Sebenarnya secara jarak, Kepulauan Karimunjawa lebih dekat untuk dikunjungi daripada Pulau Dewata. Apalagi sekarang sudah banyak pilihan moda transportasi alternatif untuk bisa bepergian ke Kepulauan Karimunjawa Jepara. Mulai dari jalur laut ataupun jalur udara. Jalur laut sendiri menawarkan beragam pilihan mulai dari lama perjalanannya 1,5 jam hingga 6 jam. Jika ingin lebih cepat, kita bisa menggunakan transportasi udara dari semarang. Dengan menggunakan transportasi jalur udara, perjalanan Semarang-Karimunjawa bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit saja. 

Kita bisa menentukan sendiri kapan berangkat dan sampai kapan berada di karimunjawa, serta objek wisata mana saja yang akan kita kunjungi. Tak perlu pusing dengan penginapan, karena setiap rumah warga yang ada di karimunjawa bisa kita sewa kamarnya sebagai tempat menginap kita. Kalau mau tinggal di penginapan lain yang lebih privat, disana juga sudah banyak hotel yang bisa kita manfaatkan.

Baca Juga : Mencari Suasana Romantis? Ini Daftar Tempat Nongkrong di Pekanbaru yang Asyik dan Gaul

Jika merencanakan sendiri dirasa ribet karena belum tahu spot-spot mana saja yang bisa dikunjungi serta transportasi apa saja yang bisa kita gunakan untuk bisa ke karimunjawa, menggunakan biro wisata menjadi pilihan yang tepat untuk ke karimunjawa. dengan begitu kita bisa mempercayakan semuanya kepada travell agent yang kita pilih. Tarifnyapun beragam, ada yang menawarkan mulai dari 600ribuan dengan titik berangkat dan pulang dari pelabuhan kartini jepara.

Banyak sekali spot wisata di karimunjawa. Tapi karena terbatas waktu dan alokasi keuangan, rata-rata yang sering digunakan adalah berwisata  3 hari 2 malam di Karimunjawa. Berangkat hari jumat dari Semarang ataupun dari Jepara dan pulang dari Karimunjawa minggu pagi atau minggu siang.

 Baca Juga :  Batik Semarang16, Batik Semarangan di Pinggir Semarang 

Adapun aktifitas wisata atau kunjungan yang wajib kita lakukan saat berada di Karimunjawa minimalnya kita melakukan 4 aktifitas berikut ;

1. Snorklingan di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara
Snorkling adalah aktifitas wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa. Di karimun hampir semua pantainya berpasir putih yang indah, ditambah dengan pemandangan bawah laut yang tidak kalah menarik.  Yang menarik lagi, karimunjawa ini adalah tempat habitat terumbu karang terbanyak di Jawa.

Banyak biota laut yang bisa kita jumpai disini, dari patric stars, nemo, terumbu karang serta binatang laut lain yang biasa hidup di sekitar terumbu karang. Untuk mengabadikan momen di pulau atau pantai ini, usahakan bawa kamera yang bisa digunakan di dalam laut. Kalu kita ikut paket liburan biro wisata, biasanya foto bawah laut beserta dokumentasinya adalah fasilitas yang sudah termasuk dalam paket liburan ke karimunjawa, tinggal siapkan flash drive untuk memindahkan dokumentasinya. Selain snorkling, di pulau ini juga kita bisa melihat sunset dari pinggir pantai pulau ini.

2. Berenang Bersama Hiu  di Pulau Menjangan Besar
Pulau Menjangan Besar merupakan pulau kedua terbesar setelah Pulau Karimunjawa. Jika ditempuh dari dermaga, perjalannya hanya memakan waktu 5-10 menit. Disini juga banyak masyarakat yang melakukan penangkaran hewan yang dijadikan sebagai objek wisata, seperti kura kura, bintang laut, dan beberapa spesies ikan unik lainya. Kita juga diperbolehkan memegang dan berfoto dengan para biota laut yang cantik ini.

Berenang bersama Hiu, sumber foto kesiniajadotcom
Hiu adalah salah satu biota yang ditangkarkan di pulau ini. Di tempat penangkaran Ikan Hiu, selagi kita berani, tidak sedang haid (bagi perempuan), dan tidak ada luka yang mengeluarkan darah atau nanah, kita bisa berenang di kolam yang diisi oleh banyak Ikan Hiu. Bagi yang berenang di kolam penangkaran hiu, disarankan jangan banyak gerakan yang membuat ikan hiu tidak nyaman. Berenanglah pelan dan tenang, agar ikan hiu tidak merasa terusik dan menyerang.

3. Menikmati Sunset Jalur Darat di Bukit Jati Kerep, Bukit Joko Tuwo  dan Bukit Love.
Selain menikmati sunset dengan jalur laut, di Karimunjawa juga bisa menikmati sunset lewat jalur darat. Lokasi yang bisa digunakan untuk menikmati sunset adalah Bukit Jati Tuwo, Bukit Love dan Bikit Jati Kerep.
sumber gambar itc jepara
Bukit Love terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa. Bukit ini terletak tidak jauh dari kota. Untuk bisa kesini, kita bisa menggunakan kendaraaan bermotor, baik ojek atau sewa harian. Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang bagus dan salah satu spot favorit untuk melihat sunset di sore hari. Ada juga beberapa properti yang bisa kita gunakan untuk foto-foto.

sumberfoto backpackerjakarta.com
Bukit Joko Tuwo adalah salah satu bukit yang sudah tersohor yang ada dikawasan wisata Karimunjawa. Bukit ini menjadi salah satu objek wisata ternama yang sering dikunjungi wisatawan yang datang ke Pulau Karimunjawa. Bukit ini menawarkan hal yang sama seperti Bukit Love seperti spot sunset, spot foto yang instagramable dan pemandangan alam yang sangat indah. Banyak gardu pandang dan tempat instagenic di Bukit Joko Tuwo ini.


Baca Juga : Empat Museum Instagenic di Jakarta

sumber foto itc jepara

Bukit Jati Kerep Karimunjawa merupakan lokasi wisata santai yang bisa dijadikan pilihan alternatif destinasi wisata pecinta sunset karimunjawa. Bukit ini terletak  di desa alang-alang karimunjawa, Berbeda dengan bukit joko tuwo maupun bukit love, bukit jati kerep ini tidak memasang tarif retribusi pada pengunjung. 

4. Wisata Tracking Hutan Mangrove

Selain keindahan pantai dan lautnya, Karimunjawa juga terkenal dengan ekosistem hutan mangrovenya. Spot wisata ini tersebar di beberapa pulau yang ada di karimunjawa seperti di pulau Karimunjawa, Kemujan, Cemara Kecil, Cemara Besar, Krakal Kecil, Krakal Besar, Mrico, Menyawakan, dan Sintok.
sumber foto itc jepara

Hutan Mangrove terluas terdapat di Pulau Kemujan dan Karimunjawa seluas 396, 90 Ha yang didominasi oleh jenis Exoccaria agallocha sedangkan jenis Rhizophora stylosa menyebar di seluruh wilayah. Mangrove di Kepulauan Karimunjawa sendiri terdiri atas 26 spesies mangrove sejati dan 13 spesies mangrove asosiasi.

Empat aktifitas liburan di karimunjawa diatas sangat sayang dilewatkan. Jika memilih menggunakan biro jasa perjalanan wisata, pastikan 4 aktifitas ini sudah ada dalam agenda kita. Jika kita memilih backpaker-an ke Karimunjawa, paket karimunjawa traveloka  bisa menjadi pilihan. Kita bisa memilih mau menggunakan transportasi apa ke semarang dan kita bisa pesan hotel lewat aplikasi.

Sekian sedikit ulasan mengenai aktifitas wisata yang wajib kita lakukan saat berada di karimunjawa biar liburan di karimunjawa lebih berkesan dan bermakna. Jadi liburannya, tidak hanya menghabiskan waktu untuk istirahat di hotel atau penginapan. Kan jarang-jarang kita ke karimunjawa. 

Jika artikel yang berjudul 4 Aktifitas yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur Ke Karimunjawa Kab. Jepara, Jawa Tengah ini bermanfaat, silakan di bagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya, dipersilakan juga untuk baca-baca artikel lainnya.

36 comments:

  1. Ternyata pantainya bersih banget ya, jadi bisa snorkeling di mari. Itu berenang sama hiu serem juga, gimana kalo tiba-tiba si hiu bertingkah ya. Bahaya nih kalo punya luka berdarah dan berenang di kolam hiu, bisa jadi santapan makanannya. Eh... kalo luka tapi tak berdarah, masih boleh berenang di kolam hiu juga gak? #SeriusNanya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak boleh mas... Bau daging segar akibat lukanya bisa terendus dan bisa disantap sama si uih alias hiu

      Delete
  2. Dari kesemua area keren di Karimunjawa, paliiing pengen banget kulakukan .. renang sama ikan hiu.

    Cuma yang aku pernah diceritain temanku, betul2 kita harus tak punya luka di badan sedikitpun.
    Kalau ngga ..., bakalan langsung diserang.
    Hiiii syerem juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bagian tubuh yg luka ibarat aroma daging segar bagi si hiu..

      Delete
    2. Solusinya mungkin harus pakai kostum ala penyelam, ketat membungkus badan ya mas ?

      Delete
    3. seketat apapun kalo ada luka di air bisa kecium juga sama hiu..

      Delete
    4. Whoaaaa ...
      Iya tooow ??

      Lah kok seram gitu ...
      Tajem banget indra penciumannya :(

      Delete
    5. daya endusnya cukup tajam memang mas... tapi kalau yang tidak ada luka mah aman,

      Delete
  3. wah, menantang banget tuh berenang dengan ikan hiu. eh, tapi tetap ada penjaga yang standby disitu kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjaganya ada, dan akan di introgasi penjaga dlu klo mau berenang. Utk keamanan dan keselamatan

      Delete
  4. karimun jawa ini impian banget, sayang sampai ekarang belum kesampaian ke sana. padahal saya juga punya temen blogger yang tinggal di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sekalian kopdar klo ada teman blogir mah mas.. Saya aja yg udah pernah kesana masih ngebet mau kesana lagi sama keluarga

      Delete
  5. berenang bersama Hiu, bikin penasaran banget nih Mas. Saya jadi ikut-ikutan masukin ini ke wishlist nih. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayangan kita terhadap hiu itu hewan buas di laut, jadi beberapa orang langsung mengekrut nyalinya. padahal selama kita baik, mereka juga baik

      Delete
  6. Berhubung saya orangnya suka yang nekat-nekat, jadi pengen nyoba berenang bareng hiu.kira-kira bakal digigit enggak ya?

    ReplyDelete
  7. wah berenang di kolam hiu, boleh jugs itu, biar kaya di film shark, he he

    ReplyDelete
  8. Berenang dengan hiu..duh, engak beraninya keknya akuuu...yang lain sajalah. Snorkeling bolehlah, atau berburu sunset atau tracking di hutan mangrove.
    Bakal betah karena laut dan pulau-pulaunya yang indah. Semoga bias ke sini sat u hari nanti:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jinak kok, selama kita nggak bergerak hiperaktik. Aamiin semoga ada rejeki utk segera kesana

      Delete
  9. Tujuan bulan madu aku sama suami nanti nih mas. Nggak sabar banget mau kesana untuk snorkeling... indah masyaAllah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh barakallah.. Semoga dilancarkan.. Kalo bulan madu disarankan lake hotel jangan homestay, biar lebih privat..😁

      Pantai dan lautnya sangat romantis

      Delete
  10. Banyak hal yang bisa dilakuin saat liburan ke Karimun Jawa ya. Duh, suka banget deh. Pengen bisa main ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sama sama dimudahkan liburan ke karimunjawa ya..

      Delete
  11. Aku belum pernah kesini mass huhu, pengen tpi belum ada waktu
    kayaknya emng harus pake jasa travel ya mas klo ke karimun?
    klo sendiri bisa sebenernya cm infonya yg belum tahu
    pengen snokelingannn hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backpakeran jg bisa,nanti tinggal tanya warga saja transport ke spot snorkling..

      Delete
    2. Harga rate biasa atai lebih murah mas kl backpackeran?

      Delete
    3. Lebih murah karena tdk ada fee birojasa

      Delete
  12. Terima kasih sharingnya, Mas. Bisa nih di lakukan nanti kalau kesana. Sebenarnya kalau ngomongin karimun jawa gimana ya. Baru kemarin rencana yang udah di susun mau otewe kesana di akhir tahun, tapi belum bisa ikut, alhasil aku aja yang gak ikut. Karena suatu hal jadi gak apa-apa lah, lain waktu bisa kesana lagi.

    Lihat foto-foto temen yang jadi kesana seneng :)
    Dan pas banget waktu itu pemandangannya lagi cerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lain waktu bisa main ke karimun, biar nambahin postingan, catatan mahasiswa akhir jalan jalan ke karimun

      Delete
  13. Pengen kesana sejak mahasiswa sampai sekarang sudah berkeluarga hanya sebatas wacana, bagus sekali ya mas kelihatannya tapi emang kalau denger cerita dari teman atau saudara emang enak banget diaana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bagus kak... Meski sudah banyak wisatawan tapi masih asri

      Delete
  14. Kayannya masih alami tuh pulau karimun jawa nya, yg renang nggak takut di gigit ikan tuh~!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski banyak wisatawan tapi pemandangannya masih asri kak..

      Hiunya baik baik kok kak..

      Delete
  15. Berenang dengan hiu bagi saya seram juga. Namun ide demikian merupakan daya tarik agar turis banyak yang berkunjung ke Karimunjawa. Cuma, apakah ada antisipasi jikalau hiu menyerang, petugas akan siaga atau ada alat untuk menjauhkan hiu dan menyelamatkan korban? Hal demikian berkaitan dengan protokol keamanan. Mengantisipasi hal terburuk agar tidak lebih buruk lagi. Semoga.
    Desa yang telah memaksimalkan potensi wilayahnya agar masyarakat secara ekonomi bisa berdaya guna adalah desa mandiri. Semoga makin banyak desa di sana yang taraf hidup masyarakatnya lebih baik berkat pengelolaan parawisata yang optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada petugas yang siap sedia di kolam dan diatas kolam.

      Selama aturannya diikuti, insyaAllah tidak ada kejadian yang membahayakan.

      Tapi kadang, wisatawan sering menyembunyikan (bohong) agar bisa nyemplung dengan hiu, alhasil semua dibikin panik. Tapi peugas biaanya siap siaga

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.