Header Ads

4 Kelompok Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Saat Berlibur Ke Badung Bali

Liburan adalah sebuah kado terindah bagi orang tersayang. Apalagi untuk anak dan istri tercinta. Rutinitas harian yang hanya berada di dalam rumah dan komplek perumahan tentu bisa menghadirkan rasa jenuh bagi anak-anak, apalagi bagi ibunya. Meski kadang untuk menghilangkan kejenuhan dan meremajakan semangat yang ada, bisa dibilang setiap pekan selalu mengagendakan jalan-jalan kecil di area terdekat dan yang mudah di jangkau.
Taman Kota menjadi tempat yang sering dikunjungi, selain ada berbagai tawaran permainan untuk si kecil, orang tua juga ikut senang melihat ramainya suasana taman sembari menikmati es degan dan sajian sosis bakar serta jajanan lainnya. Yap... Mengusir jenuh kadang tak harus dengan liburan yang mahal bukan?!

Meski demikian, ada keinginan juga untuk membawa keluarga berlibur ketempat yang jauh dan mendatangi suguhan wisata lokal yang terkenal serta sudah mendunia. Misalnya di Kepulauan Karimun Jawa Jepara atau di Pulau Dewata (Bali). Apalagi kedua tujuan wisata tersebut sekarang sudah ada transportasi  yang bisa berangkat langsung dari Kota tempat tinggal (Semarang).

Baca Juga :  Rooms Inc Hotel Semarang, Lifestyle Hotel Untuk Pebisnis, Traveler dan Kaum Millenial  

Antara Kepulauan Karimun Jawa dan Bali, Bali memang lebih populer di telinga masyarakat Indonesia. Saya pribadi pertama kali ke bali kelas 3 SD. saat itu di ajak keluarga wisata ziarah makam wali songo. Dalam rangkain ziarah itu selain menyambangi bumi jawa yang menjadi petilasan wali songo, rombongan juga di ajak ke pulau madura dan pulau bali. 

Kunjungan selanjutnya ke bali adalah saat Kuliah Kerja Lapangan di Mangrove Information Center dan bonusnya sekalian jalan-jalan ke tempat lain di Bali. Sedangkan ke Karimun Jawa pertama kali  saat kegiatan praktikum kala zaman kuliah dulu. Yang mana praktikum lapangan dari beberapa mata kuliah, tempatnya di satukan di Karimun Jawa. 

Jika ditanya antara karimun dan Bali mana yang ingin lekas didatangi kembali, saya Memilih Bali sebagai destinasi wisata keluarga yang akan dikunjungi. Bali lebih banyak pilihan tempat wisata baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Bali juga merupakan liburan impian bagi istri tercinta, saking pinginnya ke Bali, ia mengikuti beberapa kompetisi yang hadiahnya liburan ke Bali bersama keluarga. Tapi sayangnya belum beruntung, hanya bisa mengantongi voucher potongan harga untuk menginap di salah satu hotel yang bisa di pakai di hotel mana saja. Di artikel blognya pun pernah menuliskan keinginannya untuk pergi ke Bali, dan mengunjungi tempat-tempat yang sudah ada di daftar kunjungannya.

Baca Juga : Mencari Suasana Romantis? Ini Daftar Tempat Nongkrong di Pekanbaru yang Asyik dan Gaul ini

Salah satu tujuan wisata di bali yang ada di dalam daftar kami berdua (saya dan Istri) adalah liburan di Badung Bali. Badung sendiri adalah salah satu Kabupaten dari 8 Kabupaten yang ada di Bali. Secara fisik mempunyai bentuk unik menyerupai sebilah "keris", yang merupakan senjata khas masyarakat Bali. Kalau jadi liburan ke Bali, list daerah yang ada di Badung yang wajib kami kunjungi diantaranya...

Wisata Edukasi di Desa Wisata Pelaga
Desa Pelaga merupkaan salah satu desa adat dan juga desa seni yang sering dikunjungi wisatawan yang suka akan konsep agrowisata. Anak kecil cocok dibawa kesini sebagai bentuk edukasi tentang alam, seni (adat) dan agrowisata. Agrowisata adalah daya tarik utama dari Desa Pelaga. Lokasi yang berada di  Puncak Mangu Gunung Catur yang indah dan masih hijau.
Koleksi foto Desa Pelaga Badung Tourism
 Baca Juga :  Batik Semarang16, Batik Semarangan di Pinggir Semarang 

Apalgi di Desa Pelaga juga ada paket paket kunjungan yang ditawarkan kepada wisatawan seperti,  tur ke Kuil Pucak Mangu, Belajar bertani organik dan Yoga di alam. Jika terasa capet setelah melakukan wisata, di desa ini juga ada fasilitas pijat tradisonal untuk melepas lelah.

Suasana yang sejuk dan dingin akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana untuk menikmati pemandangan yang ada. Di desa ini juga ada banyak tanaman yang bisa dilihat. Selain itu, ada banyak kegiatan dan penginapan yang bisa disewa untuk menginap. Hmm.. Bisa dibayangkan keseruan kami sekeluarga jika berkesempatan untuk menikmati Wisata Desa Pelaga ini.

Wisata Pantai Badung
Banyak sekali tujuan wisata pantai di Kab Badung Bali. Tapi dari sekian banyak pantai, ada 4 pantai yang akan kami sambangi jika ke Badung, yaitu Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Legian dan Pantai Tanjung Benoa. keempatnya merupakan pantai yang cukup tersohor di Bali. Apalagi Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Legian letaknya saling berdekatan dan dapat ditempuh dengan waktu yang cukup cepat dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Pantai-pantai tadi adalah tempat yang sangat cocok untuk berendam dan berjemur sambil menikmati matahari terbenam. Fasilitas sekitar juga lengkap dari kuliner hingga akomodasi berkelas internasional. Jika ingin pantai yang lebih sepi, kita bisa memilih pantai legian. Tapi  jika ingin lebih ramai bisa memilih Pantai Kuta atau Pantai Jimbaran, masing-masing punya daya tariknya sendiri.

Pantai Tanjung Benoa -sumber wikipedia
Jika ingin yang lebih ramai dan kekinian, kita bisa mempir ke Tanjung benoa, sebuah pantai berujung sempit yang menawarkan berbagai macam wahana air. Wahana yang ditawarkan diantaranya Snorkelingan, Sea Walker, Banana Boat, Parasailing, Wakerboard, Waterski, Jetski, Scuba Diving, Rolling Donut, Flying Fish, Glassbottom Boat & Pulau Penyu. Kita juga bisa menaiki perahu yang dibawahnya ada kaca bening dan terlihat berbagai kehidupan di bawah laut.

Tanjung Benoa adalah pantai berpasir putih ini terletak di sebelah utara Kawasan BTDC Nusa Dua. Jika ketiga pantai sebelumnya cocok untuk menikmati matahari terbenam, Pantai Tanjung Benoa ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit.

Wisata Penangkaran Penyu
Untuk lebih mendekatkan si kecil dengan satwa, bolehlah kita ajak anak-anak ke penangkaran penyu yang ada di Kuta atau tanjung benoa ini. Enaknya kalau pergi ke pulau penyu setelah kita berhasil  menikmati matahari terbit di pantai Tanjung Benoa. Untuk menuju kesana kita akan diantar menggunakan perahu / boat yang memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit menuju Pulau Penyu.  Pulau Penyu merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. Penangkaran ini bernama Pudut Sari, di pulau ini juga terdapat galeri yang menjual berbagai macam cinderamata.
sumber gambar wikipedia
Selain Pudut Sari, Tempat penangkaran lain di Tanjung Benoa adalah Deluang Sari. Deluang Sari merupakan  tempat penangkaran penyu laut yang ada di Pulau Bali. Disana terdapat kolam atau bak penampungan yang disediakan untuk merawat penyu, mulai dari anak penyu yang baru menetas (tukik) sampai telah menjadi dewasa. Wisatawan yang datang dapat langsung memegang, memberi makan, berfoto ataupun langsung masuk ke area kolam penangkaran dan bermain dengan penyu-penyu tersebut.

Wisata Pura
Tidak lengkap jika pergi ke Bali, kita tidak mengunjungi Pura Eksotis di Pulau Bali. Eksotis dari letaknya ataupun dari segi bangunannya. Pura eksotis yang mempunyai daya tarik yang besar bagi wisatawan adalah Pura  Uluwatu.

Pura Uluwatu berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Walau terletak di puncak tebing laut yang sangat curam, namun tidak sulit untuk mencapai Pura yang berjarak sekitar 25 km dari Kuta ini, karena prasarana jalan yang mulus sangat memudahkan wisatawan sampai ke lokasi. Letak Pura yang berbeda dari Pura lain di Bali ini menjadi Pura yang paling banyak dikunjungi.
Pura Uluwatu -Sumber Flickr
Pura ini berdiri sekitar abad ke-IX di atas batu karang yang sangat tinggi mencapai sekitar 97 meter dan menjorok curam ke laut. Di sekitarnya disangga oleh rerimbunan perdu yang disebut Alas Kekeran.

Disini kita juga sekaligus bisa menyaksikan para keraberlalu lalang. Sangat tidak dianjurkan memberi makan kera serta harus memjaga barang masing-masing agar lolos dari ulah jail para kera. Barang-barang yang menarik perhatian kera, jangan jangan sampai luput pengawasan. Kacamata, tas  jajanan dan barang bawaan jangan sampai lengah dibawa jika sudah disambut oleh para kera saat hendak berkunjung ke Uluwatu.

Transportasi dan Akomodasi Liburan Ke Badung Bali.
Perihal transportasi dan akomodasi biasanya direncanakan setelah kita memilih tempat mana yang akan kita kunjungi. Tempat-tempat yang saya ceritakan tadi letaknya tidak jauh dari Bandar Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bahkan jarak terdekat tempat wisata di Badung Bali, ada yang bisa di tempuh dalam waktu 10 menit saja dari bandara.

Baca Juga : Empat Museum Instagenic di Jakarta
 
Untuk memaksimalkan liburan, tentu kita juga harus mempertimbangkan transportasi dan akomodasi yang mudah murah dan nyaman. Setelah browsing sana sini dan membuka berbagai aplikasi untuk cek hotel dan transportasi, ternyata Traveloka memiliki harga yang lebih murah dengan pilihan hotel yang lebih lengkap. Yang akhirnya Traveloka bisa menjadi sahabat dalam merencanakan liburan ke Badung Bali. Pesan Hotel bisa melalui website ataupun aplikasi di ponsel.


Apalagi jika kita sudah install Aplikasi traveloka di smartphone, harga akan lebih murah dan kita akan merasakan proses pemilihan dan pemesanan hotel di Traveloka jadi tidak ribet, karena aplikasi Traveloka punya tampilan yang mudah digunakan meskipun oleh pemula.  Tidak percaya? bisa cek langsung disini.

Proses pembayaran baik melalui website dan aplikasi juga mudah dan cepat, karena di Traveloka mempunyai banyak pilihan Bank yang bisa disesuaikan dengan pembayaran bank yang kita miliki. Untuk kemudahan pembayaran lainnya, Traveloka telah bekerjasama dengan minimarket yang jaringannya sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara. Jika kita memilih bayar tunai saat dilokasi juga bisa.

Selain itu, di Traveloka kita punya banyak pilihan dalam memlih hotel yang bisa disesuaikan dengan budget atau lokasi wisata terdekat. Ternyata banyaknya pilihan hotel di Traveloka itu bukan hanya hotel-hotel di Indonesia, Tapi Traveloka juga memiliki pilihan hotel yang beragam di seluruh dunia. 

Gimana, sudah coba atau mau coba pesan hotel lewat Traveloka? Dengan begitu, kita bisa dengan mudah pesan hotel dari rumah. Ditambah murah dan banyak pilihan hotelnya. Atur sendiri kisaran harga hotel sesuai anggaran kita, kemudian tunggu pilihan hotel yang muncul. Kita bisa urutkan dari harga tertinggi, termurah, hotel terpopuler atau berdasarkan rating (review) dari pengunjung.

Masih ragu dengan harga murah dari traveloka? Traveloka mempunyai program Best Price Guarante, dimana jika kita menemukan harga hotel yang lebih murah dari hotel yang kita pesan di Traveloka, maka pihak Traveloka akan meyamakan haranya atau bahkan bisa menurunkan harga dibawah harga termurah.

Baiklah, sekian doa yang saya tuangkan dalam sebuah artikel, semoga  bisa kesampaian berlibur sekeluarga ke Badung Bali. Jika artikel berjudul 4 Kelompok Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Saat Berlibur Ke Badung Bali ini dirasa bermanfaat, silakan di sebarluaskan atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

10 comments:

  1. Kesemua destinasi di Bali memang ..., ngangeniiin.
    Rasanya pengin segera kesana lagi 😁

    Pengin jajal sensasi melayang-layang parasailing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin isi atm yg banyak mas, biar bisa nyobain semua wahana.

      Delete
  2. harap ada rezeki saya untuk datang ke bali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kakak.. Semoga kita disegerakan ke bali

      Delete
  3. Hanya desa adat yang belum pernah saya kunjungi. Semoga lain kali kalau ke Bali bisa tercapai mengunjungi desa adat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu kee bali lagi berarti biar lbh komplit kunjungannya..

      Delete
  4. Belum aku kunjungi semua..hehe
    Semoga suatu saat bisa aku singgahi dan jadi bahan diary :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo mas andi ndak cukup tiga hari, biar diarynya penuh dg bali

      Delete
  5. Aku seneng pesen hotel dan tiket pesawat via Traveloka :) Udah terbukti ampuh terjamin deh, malah suka dapat harga promo. Tahun depan in sya allah aku mau ke Bali. Ga bosan2 ke Pulau Dewata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sekalinya ada yg murah bisa kita klaim biar dpt potongan harga.

      Senengnya yg bisa balik ke balim Semoga saya dan keluarga juga bisa main ke pulau dewata secepatnya

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.