Header Ads

Olanusa, Situs Jual-Beli Online Oleh-oleh Nusantara se-Indonesia

https://www.heriheryanto.com/2018/04/olanusa-situs-jual-beli-online-oleh-oleh-nusantara-se-Indonesia.html

Indonesia, dalam dunia start up dan marketplace dianggap sebagai negara yang menjanjikan bagi para pendirinya (pengusaha). Tak sedikit marketplace yang semakin besar dan berkembang dalam persaingan bisnis di Indonesia, meskipun begitu, tak sedikit pula yang tumbang dan gugur karena sedikitnya pelanggan.

Baca Juga :  30 Fakta Lunpia Cik Me Me yang Harus Kamu Ketahui

Mereka hadir, baik dengan tawaran produk yang spesifik seperti khusus produk elektronik, fashion, obat-obatan, aneka produk perikanan serta produk spesifik lainnya. Ada juga yang hadir dengan menawarkan segala jenis barang dan jasa yang dibutuhkan. Kalau orang bilang sih palugada (apa yang elu minta (cari/ mau beli) gua selalu ada). Semua berlomba dalam menarik hati penduduk Indonesia yang mempunyai populasi sebanyak 270.054.853 juta jiwa.

Dunia wisata dan kuliner yang tak pernah sepi peminat, sudah dilirik menjadi ide bisnis tersendiri, salah satunya dengan menghadirkan marketplace khusus yang berkaitan dengan ke-pariwisata-an. Mulai dari tawaran paket wisata, hingga pembelian oleh-oleh khas daerah, baik berupa kerajinan ataupun berupa makanan (jajanan).

Ide bisnis tersebut akan menjembatani turis atau wisatawan, dalam memilih paket wisata yang dikehendaki sekaligus dalam memilih oleh-oleh khas pada daerah yang akan dikunjungi sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah atau kerabat dekatnya. Bahkan, orang yang tak berwisatapun bisa memesan oleh-oleh yang ia inginkan dari penjuru nusantara tanpa ia harus mendatangi tempat penyedia oleh-oleh yang diinginkan.

Ide bisnis tersebut perlahan tapi pasti telah dihadirkan oleh PT. OLA VISI NUSANTARA (OVN) yang beralamat di Jl. Tunjung Biru Selatan No. 40 Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Jawa tengah. Bisnis yang dihadirkan OVN berusaha menjembatani pelaku dan penikmat wisata dengan cara menghadirkan olanusa.id, situs jual beli online yang ruang lingkupnya mengkhususkan diri sebagai penyedia oleh-oleh nusantara.

Baca Juga : Waktunya Ngopi, Waktunya Giggle Box Kampung Kali

Indonesia memiliki luas total sekitar 5.176.800 km² dengan pembagian luas daratan mencapai 1.919.443 km² dan luas lautan mencapai 3.257.357 km². Keragaman budayanya juga sangat melimpah sekitar 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Belum lagi potensi bentangan alam yang bisa dijadikan daya magis guna menarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.. 

Dari potensi-potensi besar tersebut, muncul potensi turunan lainnya sebagai pelengkap dalam menarik minat wisatawan datang ke daerah-daerah di Indonesia, salah satunya adalah oleh-oleh khas yang ditawarkan daerah satu serta daerah lainnya, baik berupa makanan-minuman ataupun kerajinan tangan (souvenir) yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk ditawarkan kepada wisatawan tanpa ia harus mendatangi ke salah satu tempat wisata di Indonesia.

Baca Juga : Menikmati Brunch dengan Suasana Perkampungan Eropa Klasik di GiggleBox Village Kompol Maksum Semarang

olanusa.id sebuah portal e commerce atau marketpalce yang menyediakan oleh-oleh dari seluruh daerah di Indonesia seperti ;
  • Oleh oleh makanan : Bandeng Presto, Wingko, Talam, Tahu Bakso, dll.
  • Oleh-oleh minuman :Kopi, Sirup, dll, 
  • Kerajinan tangan atau souvenir : Celengan, Gantungan Kunci, Ukiran Kayu dll

olanusa.id ini dirintis mulai akhir tahun 2017 saat masih bernama ola.shopping. Dari waktu perintisan hingga sekarang, olanusa sudah melayani pembeli dari beberapa wilayah di Pulau Jawa, dan kategori makanan atau jajanan lokal masih menjadi produk yang paling banyak diminati oleh pembeli.

https://www.heriheryanto.com/2018/04/olanusa-situs-jual-beli-online-oleh-oleh-nusantara-se-Indonesia.html

Pada tanggal 14 April 2018 bertempat di Atoz Resto, OVN secara resmi me-launching olanusa.id sebagai Situs Jual-Beli Online Oleh-oleh Nusantara se-Indonesia. Dwi Putro selaku Manajer dari olanusa memberikan gambaran tentang peluang bisnis oleh-oleh online nusantara di Indonesia dalam talkshow bertemakan "Khazanah Kuliner Nusantara". Talkshow tersebut merupakan bagian dari acara launching olanusa.id.

olanusa memberikan kemudahan bagi para pecinta jajanan atau oleh-oleh khas lainnya dalam mendapatkan barang yang diinginkannya. Melalui website olanusa.id, para pengunjung bisa membeli aneka macam oleh-oleh khas, mulai dari Bandeng Presto, Tahu Bakso, sampai aneka macam jenis kopi dan sambal serta aneka souvenir lainnya.

Baca Juga : Verve Bistro and Coffee Bar, Resto Asyik dan Ciamik di Pusat Kota Semarang

Untuk melengkapi koleksi oleh-oleh di olanusa.id, OVN terus bergerak dalam menjalin kerjasama dengan UMKM seluruh Indonesia, agar bisa memanjakan pengunjung yang hendak memilih oleh-oleh dari berbagai daerah.

olanusa juga membuka kesempatan bagi para pengusaha di daerah yang memiliki usaha dibidang jajanan dan kerajinan untuk menjadi seller atau mitra di olanusa,id. Setiap seller atau mitra olanusa akan mendapatkan pendampingan dalam memasarkan produknya mulai dari packing product, pelatihan foto produk agar terlihat menarik,  pelatihan marketing di sosial media dan lainnya.

Sekian sedikit ulasan mengenai olanusa, jika artikel yang berjudul Olanusa, Situs Jual-Beli Online Oleh-oleh Nusantara se-Indonesia ini dirasa bermanfaat dipersilakan untuk disebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

23 comments:

  1. sukses untuk olanusa, seoga makin besar pasarnya.

    ReplyDelete
  2. Keren, semoga olanusa semakin sukses, yaa

    ReplyDelete
  3. Wah, ada platform oleh-oleh seNusantara nih.
    Masukkan ke bookmark ah.

    Trus, nerusin intip2 kopi se Indonesia dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu dicoba mampir mba.. siapa tau jodoh dengan produknya

      Delete
  4. kalau lagi kangen, pengen oleh2 satu kota bisa beli di sini aja yaa. kalo kangen orang yang ada di kota itu gimana? *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo yg itu gak perlu nyari kota mba.. Cukup cari di relung hatimu.. Eeaaa..

      Delete
  5. Waah, enak banget udah bisa pesan oleh-oleh khas lewat online.
    Semoga jodoh nih yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mba.. Ternyata ada alasan buat tdk berhenti ngemil..

      Delete
  6. Kok Aku baru tahu ya ada situs oleh oleh nusantara!

    ReplyDelete
  7. Semoga tambah banyak oleh oleh yang di tawarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo punya produk oleh oleh bsa gabung jadi mitra mas..

      Delete
  8. Ternyata ada e commercee special oleh-oleh nusantara juga. Saya yang kudet kali ya baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resminya baru launching april kemarin mas..

      Delete
  9. Ternyata orang-orang Indonesia memang kreatif, oleh-oleh aja bisa dibikin start up nya, keren. SEmoga semakin memudahkan kita untuk merasakan makanan dari berbagai daerah dengan lebih mudah dan efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang orang akan lebih kreatif kalo sudah urusannya sama duit mas. Hehe

      Delete
  10. Asyik nih kalau jalan-jalan gak perlu bawa oleh-oleh lagi, tinggal pesan lewat Olanusa saja. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah bawa oleh-oleh mba, bawa uang aja yang banyak hehe

      Delete
  11. wah, enak ya mas sekarang jadi engga perlu berat2 bawa oleh2 atau kalau mau makanan khas daerah bisa langsung pesen tanpa perlu jauh2 berkunjung ke daerahnya.

    sukses selalu ya mas :)

    ReplyDelete
  12. mantep. selama ini kalo mesen oleh2 ada di website sebelahnya. dengan adanya website baru ini, makin banyak pilihannya ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.