Header Ads

Aplikasi Kariadi Pendaftaran Online 1.2 Alternatif Daftar Online Rawat Jalan Berobat di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah

Sepertinya tidak ada rumah sakit yang sepi dari pasien, baik rumah sakit yang baru berdiri maupun rumah sakit yang sudah sejak lama beridiri. Pasiennya pun beragam, dari pasien rawat jalan hingga rawat inap, dari konsul ke dokter umum hingga konsul atau berobat ke dokter spesialis. Tentunya disesuaikan dengan dengan diagnosa awal penyakit pasien. 

Dalam berobat, tak sedikit pula pasien yang sekali berobat langsung selesai, tapi banyak juga pasien tidak sekali tuntas, malah harus di rujuk ke rumah sakit lebih tinggi, yang mempunyai fasilitas lebih agar penyakit pasien bisa ditangani.

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang Jawa Tengah, merupakan salah satu rumah sakit umum pusat yang menerima pasien rujukan dari berbagai daerah. Rumah sakit yang berpredikat rumah sakit tipe A ini  juga melayani pasien BPJS dan umum. Tak heran kalau untuk bisa dapat kamar untuk rawat inap atau tindakan,  pasien harus menunggu berminggu minggu, kecuali dalam keadaan darurat. Jika kondisi darurat, Dokter akan mengeluarkan surat sakti agar pasien bisa disegerakan dengan mengikuti program fast track


Meskipun dokter menyuruh pasien ikut program fastrack, pasien tetap harus menunggu beberapa minggu agar bisa datang kembali untuk melakukan rawat inap atau tindakan lebih lanjut. Karena yang mendapat program fast track juga tidak sedikit. Dokter harus mengkonfirmasi ke petugas kamar terkait dengan ruangan yang akan disediakan untuk si pasien.

Bagi pasien rujukan, jarang yang bisa langsung transfer pasien rawat inap ke kariadi, semua pasien yang hendak rawat inap atau operasi harus berobat jalan terlebih dahulu dengan dokter spesialis terkait. Untuk berobat jalan (rawat jalan), pasien kadang harus mengantri lama agar bisa dipanggil petugas dan mendapat nomor antri dokter. 

Antrian panjang ini sering terjadi pada pasien yang mendaftar langsung ke RSUP Dr Kariadi Semarang. Pahitnya, sudah lama ngantri, ternyata kuota penuh karena ada pembatasanpasien agar pemeriksaan lebih optimal.  Alhasil si Pasien harus balik lagi dilain waktu. Iya kalau rumahnya dekat, kalau pasien luar kota bagaimana nasib mereka?

Untuk menghindari hal demikian, semua pasien dan calon pasien rumah sakit kariadi harus mengetahui dan menggunakan fasilitas daftar online, baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kenapa pasien kariadi harus daftar online?  karena hal ini akan sengat membantu, apalagi pasien luar kota atau luar dari provinsi.

Baca Juga :

Sebelum aplikasi pendaftaran online kariadi diluncurkan, pasien lokal atau luar daerah bisa memanfaatkan 3 cara pelayanan daftar online di RS kariadi. 3 cara daftar online tersebut bisa melalui telepon, melalui SMS atau melalui website pendaftran online. Untuk lebih jelas mengenai teknis 3 cara pendaftaran diatas bisa baca artikel 3 Cara Daftar Online Rawat Jalan (Berobat) di RS. Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah.

Namun. sejak pertengahan tahun 2017, RSUP Dr Kariadi Semarang telah meluncurkan pendaftaran online melalui aplikasi yang bisa di unduh di google play. Aplikasi pendaftaran Online ini diberi nama Kariadi Pendaftaran Online 1.2 


Alur pendaftaran online melalui aplikasi ini hampir sama dengan alur pendaftaran online melalui telepon, SMS ataupun website. Tapi kelebihan dari pendaftaran online melalui aplikasi ini bisa melayani pendaftar baru atau pasien baru yang belum memiliki nomor pendaftaran atau nomor rekam medik. Sedangkan pendaftaran melalui telepon, sms dan website hanya bisa dilakukan oleh pasien lama atau pasien yang sudah mempunyai nomor rekam medik.

Penggunaan aplikasi Kariadi pendaftaran online 1.2 ini cukup mudah. Setelah masuk ke aplikasi, nanti akan ada pilihan, apakah termasuk pasien baru atau pasien lama. Jika pasien baru akan membutuhkan waktu yang lebih lama arena harus memproses data pasien baru yang nantinya menghasilkan nomor rekam medik sebagai nomor identitas pasien di rs kariadi. Sedangkan untuk pasien lama, cukup siapkan nomor rekam medik saja dan pilih jadwal dan dokter yang dituju.

Setelah memilih jadwal dan dokter, petugas akan memverifikasi dan mengabarkan melaui SMS apakah proses pendaftaran berhasil atau gagal. Jika gagal, silakan ulangi mekanisme pendaftran dari awal, pastikan data terisi semua dan diisi dengan benar. Jika berhasil, petugas akan memberikan informasi nomor urut kita saat berobat ke dokter yang dituju. 

Gimana, lebih enak daftar online kan, daftar daripada daftar langsung ke lokasi. Apalagi fasilitas ini juga dibsa diakses oleh pasien baru yang belum pernah berobat atau berkunjung ke RS Kariadi, Jika artikel Aplikasi Kariadi Pendaftaran Online 1.2 Alternatif daftar online di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah ini bermanfaat, silakan di sebarluaskan atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya.


7 comments:

  1. Nah kalau adanya aplikasi pendaftaran online untuk pasien seperti ini, sangat membantu memudahkan pendaftaran jauh-jauh hari sebelumnya.
    Syukur-syukur di layar pendaftaran muncul daftar nama pasien dan asal kota yang telah mendaftar duluan, jadi murni hasil dari mendaftar online ..., bukan rekayasa.

    Kasihan juga kalau pasien datang jauh-jauh dari luar kota, udah mengantri daftar dari subuh hari ..., tau-tau alasannya quota penuh.
    Kasihan yang mengantri daftar juga kasihan pasien yang sakit.

    ReplyDelete
  2. Pengalaman ibu saya dirujuk ke RS Kariadi, dan pendaftaran online sangat membantu sekali krn pasien cukup mendaftar dari rumah dan akan diberitahu jam maupun hari periksanya sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama di RS.
    Dan pasien yg telah terdaftar periksa siang tapi datangnya pagi2 sekali akan disuruh pulang krn nnt nunggunya kelamaan.

    ReplyDelete
  3. wah artikel yg informatif sekali mas.
    memudahkan temen2 yg mau berobat buat daftar online.
    di Bogor belum ada yg kek gini nih :'

    ReplyDelete
  4. Salut dengan rumah sakit yang mencari cara bagaimana pasien bisa dilayani dengan baik. Suka kesel dengan yang pakai pendaftaran manual, bahkan harus bolak balik untuk ambil booking tapi urutannya masih berdasarkan kedatangan juga. Namanya orang sakit ya, kalau bolak balik tambah sakit. Kalau nggak ada yg antar misalnya saudara jauh semua, kan kasihan.

    ReplyDelete
  5. klo dah dapat balasan jadwal berobat dan sms pendaftaran reservasi dan dah dapat kode cek in untuk peserta baru, apa lagi yang harus dilakukan ketika datang kesana? memperlihatkan sms balasan atau bagaimnana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal datang ke pemdaftaran poli yg dituju dan bilang ke petugas sdh daftar online. Nanti dikasih antrian C

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.