Header Ads

UTC Hotel and Convention Semarang, Tempat Strategis Buat Kongkow ataupun Bermalam


UTC Hotel and Convention Semarang merupkan sebuah nama tempat penginapan atau tempat pertemuan yang mungkin masih asing ditelinga kebanyakan orang, bahkan bagi warga masyarakat kota semarang sendiri, yang menjadi tempat hotel ini berada.

Sejarah UTC Hotel and Convention Semarang

Sejarah UTC Hotel Semarang - Dari hasil pencarian di mesin telusur milik google, tidak banyak berita atau informasi mengenai UTC Hotel & Convention Semarang ini, dari mulai sejarah, peruntukan dan kepemilikannya. Ketika kita mengetikan UTC Hotel atau UTC Semarang di mesin pencarian, ketika menekan tombol enter maka di halaman pertama google akan muncul website pemesanan hotel online.

Menurut Informasi valid A1, UTC Hotel and Convention Semarang ini berdiri di atas tanah milik Universitas Negeri Semarang (UNNES), salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang berada di Kota Atlas atau Kota Semarang. UTC Sendiri merupakan akronim dari University Training Center.


UTC Hotel Semarang ini bisa dibilang merupakan salah satu lini bisnis dari UNNES dalam rangka menuju PTN-BH. PTN BH merupakan perguruan tinggi yang diberikan kebebasan sepenuhnya oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk menentukan kegiatan akademik maupun kegiatan non akademiknya. Dengan status tersebut, subsidi dari pemerintah juga akan dikurangi. Sehingga untuk membiayai pengeluaran yang ada dan agar tidak membebani biaya kuliah nahasiswa, lini bisnis ini menjadi andalan dalam mengcover pengeluaran perguruan tinggi.

UNNES sendiri tidak membuka program studi perhotelan, yang bisa jadi sempat kebingungan dalam pengelolaan gedung   berisi 114 kamar dan meeting room atau training center ini. Sehingga dalam pengelolaan atau manajemennya mencari pihak ketiga yang berminat mengelola gedung dan segala fasilitasnya dalam bentuk kerjasama kemitraan atau kerjasama operasional. Setelah melalui pentahapan yang prosedural, pihak UNNES menunjuk Pandanaran Hospitality sebagai pemenang yang akan mengelola tranining center kebanggaan UNNES ini.


Pandanaran Hospitality dalam dunia perhotelan Indonesia khususnya Semarang dan Jogja sudah tidak perlu di ragukan lagi kiprahnya. Sebelum mengelola UTC, Pandanaran Hospitality telah mengelola 3 hotel lain yang berada di Semarang dan Jogja,  yaitu Hotel Pandanaran Simpang Lima yang terletak di jalan Pandanaran nomor 58 Kota Semarang, Hotel Pandanaran Prawirotaman yang terletak di Jl. Prawirotaman nomor 38 Yogyakarta, Guest House Pandanaran yang terletak di Jalan Ngesrep Barat 3 nomor 41 Kota Semarang.

Harga dan Fasilitas UTC Hotel and Convention Semarang


UTC Hotel and Convention Semarang sendiri merupakan hotel bintang 3 yang terletak di Jalan Kelud Raya nomor 2 Kelurahan Petompon Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang.  Lokasi UTC Hotel yang berada di Jalan Kelud sangat dekat dengan tempat wisata religi, wista edukasi, wisata budaya dan perkantoran.

Secara letak atau posisi, UTC Hotel bisa dibilang strategis dan dekat dengan pusat kota, khususnya lebih dekat ke Tugu Muda yang merupakan icon kota Semarang. Dimana Tugu Muda sendiri dikelilingi tempat-tempat wisata hist di Semarang serta pusat perkantoran pemkot semarang seperti Meseum Kereta Api atau Bangunan Lawang Sewu, Wisma Perdamaian, Meseum Perjuangan Mandala Bakti dan Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Semarang yang berada di Gedung Pandanaran.  Meski dekat dengan pusat kota, Jalan Kelud Raya bisa dibilang merupakan kawasan yang tidak terlalu ramai, jadi sangat cocok untuk bersantai dan beristirahat. 

Baca Juga : Olanusa, Situs Jual-Beli Online Oleh-oleh Nusantara se-Indonesia

Tempat wisata lain yang mudah dijangkau dari UTC Hotel Semarang adalah Kelenteng Sam Po Kong yang berada di Gedung Batu Semarang Barat. Akses atau transportasi ke UTC juga sangat mudah karena dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Banyak pilihan transportasi menuju dan dari UTC Hotel Semarang karena jalan yang ada di depan UTC Hotel ini juga merupakan jalan yang dilalui Bus Rapid Transit (BRT) seemarang serta Angkutan Kota (Angkot). Jika tidak mau ribet, kita bisa menggunakan jasa taksi konvensional atau transportasi berbasis online.

Dikutip dari Radar Semarang, UTC Hotel Semarang mempunyai fasilitas 21 meeting room dan 1 ballroom utama yang diberi nama Balairung Astina dengan kapasitas 5000 orang jika tanpa kursi dan sekitar 3000 orang jika menggunakan kursi. Ballroom utama ini sangat cocok untuk keperluan seminar, resepsi pernikahan, rapat besar,wisuda dan konser.

Baca Juga :  30 Fakta Lunpia Cik Me Me yang Harus Kamu Ketahui

UTC Hotel Semarang menyediakan 114 kamar dengan tipe standar dan superior. Seperti hotel pada umumnya, tiap kamar ada yang diisi dengan twins bed ataupun dobel bed. Saat memesan kamar, kita juga bisa milih mau sekalian dengan sarapan ataupun tidak. 


Yang paling menarik lagi dari UTC Hotel Semarang ini, kita bisa reques tempat traning atau tempat meeting yang dekat atau satu atap dengan kamar penginapan. Serta kita juga bisa request tiap kamarnya mau diisi berapa orang atau berapa Bed, dari mulai 1 penghuni hingga enam penghuni. Jika di lain kesempatan kita menginap dengan keluarga dan membutuhkan tambahan kasur (exktra bed), UTC Hotel juga bisa melayaninya.


Adapun untuk kisaran harga memang setiap harinya belum bisa menyajikan harga yang pasti. Artinya harga yang dberikan tentunya mempertimbangkan aspek waktu dan sisa kamar. Jadi, kapan kita pesan hotel (dadakan atau jauh hari sebelumnya) juga akan mempengaruhi harga kamar, serta disesuaikan juga dengan jumlah kamar kosong yang ada. Harga yang ditawarkan nantinya akan disesuaikan dengan tipe kamarnya. Meskipun begitu, harga yang diberikan masih termasuk harga yang normal dan wajar. Ya seperti beli tiket pesawat lah ya, biasanya semakin mepet semakin mahal.

Promo Menu Resto Setiap Bulan di UTC

Hotel tanpa resto ya siap-siap ditinggal kabur peminat. Nah, untuk memanjakan lidah dan perut tamu hotel atau pengunjung hotel, UTC Hotel semarang juga menyediakan tempat makan yang nyaman dan luas yang diberi nama Warung Kongkow. Setiap bulan ada menu baru dan promo menarik. Dibulan maret ini, Warung Kongkow menawarkan menu bowl (mangkok) yang hemat dikantong, seperti Nasi Cumi Telur Asin, Nasi Ikan Dori Sambel Matah, Nasi Ayam Kungpow, Nasi Sapi Cabe Garam, Mie Sapi Lada Hitam dan Nasi Ayam Rica-Rica. Keenam menu tersebut merupakan menu khusus bulan maret yang dibandrol dengan harga serba 18.000 (delapan belas ribu).

Baca juga : Aston Blogger Gathering - Share And Hits With Blogger Semarang


Selain menu khusus bulanan, Warung Kongkow UTC Hotel juga menyajikan menu reguler harian dengan beragam varian menu. Jam buka Warung Kongkow ini mulai dari pukul  06.00 sampai pukul 23.00 WIB. Di pagi hari Warung Kongkow ini menyediakan menu breakfast model buffet atau prasmanan dari jam 06.00 hingga jam 10.00 WIB. Jam 10 ketas hingga mendekati makan siang, Warung Kongkow juga menyediakan menu brunch untuk para pengunjungnya.

Fasilitas Olahraga, Musholla dan Parkir di UTC Hotel Semarang

Selain fasilitas kamar, meeting room atau training center dan ballroom, UTC Hotel Semarang juga menyediakan fasilitas olahraga seperti lapangan tenis indoor yang berada di lantai 3 gedung utama. Untuk sarana ibadah bagi yang muslim, UTC Hotel semarang memiliki Musholla yang nyaman, luas dan gagah yang berdiri sendiri alias tidak menggunakan ruangan dalam gedung. Tempat parkir di UTC juga sangat luas, ada.parkiran luar dan ada parkiran dalam yang berada di bawah gedung utama.

Begitulah sekilas artikel ulasan mengenai UTC Hotel and Convention Semarang. Jika artikel yang berjudul UTC Hotel and Convention Semarang, Tempat Strategis Buat Kongkow ataupun Bermalam ini bermanfaat, silakan disebar luaskan atau dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya.

5 comments:

  1. Wah nyaman banget kayaknya nginep disitu ya gan, pasti betah ane, tapi biayanya yang gak berah gan hhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibetah betahin gan.. Ane bayar cash dan nanti agan bisa dicicil ke ane.. Gimana..

      Delete
  2. Wah ternyata lokasi hotel ini dekat dengan bangunan lawang sewu ya ...
    Asik nih malamnya bisa ikutan tour ke lawang sewu yang konon katanya tempat terseram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pernah jadi hot di uka uka dan dunialain.

      Tapi lawang sewu ndak buka 24 jam utk wisatawan

      Delete
    2. Iya, aku sempat nonton acara itu dan betul terekam penampakannya :)
      Pengin deh kesana, tapi sama siapa ya .. soalnya kalo sendirian horor juga, takut kaget :D

      Apa lokasi hotel ini dekat di store ace hardware ?

      Delete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.