Header Ads

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)

Akhir tahun 2015 menjadi cerita bersejarah tersendiri bagi Desa Bejalan Kelurahan Tambakboyo Kecamatan Ambarawa. Akhir tahun tersebut, di Desa Bejalan telah resmi dibuka tempat wisata dengan daya tarik tersendiri yang eksotis. Tempat wisata yang menyajikan deretan 8 pegunungan dengan sawah dan Danau Rawa Pening yang menghampar di kakinya. Gunung yang menjadi latar pemandangan diantaranya adalah Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Telomoyo. 

Konon tempat Eling Bening mempunyai latar belakang sejarah tersendiri. Yakni sejarah bertema seputar asmara yang tidak mendapat restu dari orang tua. Kaburnya sang Putri dengan kekasih pilihannya dan penjemputan secara paksa oleh pengawal kerajaan berujung maut pada sang Putri. 


Tempat Wisata Eling Bening Ambarawa berada di ketinggian ± 700 meter dari permukaan laut. Tempat Wista Eling Bening memiliki konsep modern resort yang dilengkapi dengan sarana atau fasilitas penunjang yang lengkap. Dengan begitu, selain digunakan sebagai tempat wisata keluarga, Wisata Eling Bening Ambarawa ini bisa juga digunakan untuk syukuran pernikahan (wedding party) dan acara kantor (meeting dan gathering).

Mencari Suasana Kolam Renang Asri saat New Normal 

Dari dulu pingin sekali ngajak anak-anak berenang sembari berwisata menikmati keindahan alam sekitar, baik berlatar pematang sawah atau panorama pegunungan yang asri. Di sekitar Semarang, tempat berenang sekaligus tempat piknik dengan view bentang alam setahu saya ada di Umbul Sido Mukti dan Eling Bening.

Tempat berenang di Semarang lebih banyak menyajikan pemandangan Kota Semarang dari atas  yang biasanya berada di puncak gedung hotel nan tinggi (sky pool) atau suasana taman buatan yang semuanya tidak bisa disambi sambil piknik.

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)
Dokumentasi realitarelita.com

Bulan Agustus masih banyak Pemerintah Daerah (Pemda) di Jawa Tengah yang mencanangkan adaptasi kebiasaan baru (new normal) untuk setiap aktivitas warganya terlebih tempat umum atau tempat keramaian, termasuk di tempat wisata. Tak sedikit Pemda yang sudah membuka objek wisata dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Semarang.

Liburan Wisata Eling Bening Saat New Normal

Hari libur pun tiba, kami menimbang-nimbang mau pilih Eling Bening atau Umbul Sido Mukti.  Rasanya jalurnya agak berat kalau harus ke Umbul Sido Mukti mengendarai sepeda motor tua dengan membawa 3 penumpang. Akhirnya liburan kali ini kita putuskan berwisata ke Eling Bening Ambarawa dulu saja yang dekat dengan Kota Semarang dengan track yang tidak terlalu menanjak.

Baca juga :  Sate Gurita Bakar dan Sate Cumi Bakar, Jajanan Kekinian di Undip Tembalang Semarang 

Anak-anak dari awal sudah mengingatkan untuk membawa baju ganti. Meski tidak berenang, minimal bisa mainan air di kolam renang. Kami menikmati perjalanan pagi itu. Setelah menempuh perjalanan ± 45 menit, sampai kami pada gerbang utama Eling Bening untuk mendaftarkan diri. Disini semua pengunjung dicek oleh petugas apakah memakai masker atau tidak. Petugas juga mengecek suhu tubuh setiap orang yang akan memasuki tempat wisata Eling Bening Ambarawa.

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)
Jepretan realitarelita.com

Untuk bisa menikmat kolam renang di Eling Bening Ambarawa, kita mampir berfoto dulu di selasar resto yang menyajikan pemandangan pegunungan, sawah dan rawa yang eksotis. Tempat wisata Eling Bening Ambarawa lokasinya berada di atas bukit. Bagi yang membawa anak kecil harus selalu berhati-hati, pastikan si kecil selalu dalam pendampingan dan pengawasan orang tua.

Kami pun tiba di Kolam Renang Eling Bening Ambarawa, tak ada aktifitas yang mencolok disana. Si kecil mendekati papan kecil yan berdiri di pinggir kolam renang. Dengan terbata-bata, si kecil mengeja tulisan yang ada di papan. Si Kecil pun melaporkan apa yang udah ia eja berulang-ulang, "Abi, tulisannya mohon maaf kolam renang masih tutup". Si kecil masih kurang beruntung belum bisa berenang di kolam renang Eling Bening Ambarawa. Untungnya Eling Bening bukan hanya menyuguhkan kolam renang saja, tapi juga menyediakan spot wisata lainya. Kita pun berbalik ke belakang dari arah kolam renang dan menikmati setiap sudut sajian wisata lainnya yang ada di Eling Bening Ambarawa.

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)
Kolam renang Eling Bening  belum beroperasi (jepretan realitarelita.com)

Fasilitas Pelayanan Eling Bening Saat Corona

Sebelum pandemi virus corona, Eling Bening memiliki fasilitas yang bisa dibilang lengkap seperti restoran (tempat makan), kolam renang, panahan, pemancingan, taman bermain, flying fox, taman bunga, dan spot-spot foto yang menarik lainnya.

screenshot website eling bening

Namun, dalam rangka menghambat penyebaran covid19, ada fasilitas wisata yang dengat berat hati harus ditutup oleh pengelola wisata Eling Bening Ambarawa, yaitu kolam renang. Meskipun begitu, masih banyak faslitas lain yang bisa kita nikmati jika memilih Eling Bening Ambarawa sebagai tempat piknik keluarga. 

Penerapan Protokol Kesehatan di Eling Bening 

Pandemi covid19 juga mewajibkan pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (new normal) di Eling Bening Ambarawa. Penerapan protokol kesehatan tersebut tidak lain dan tidak bukan semata-mata untuk kenyamanan dan ketenangan bersama. Dengan begitu, pengunjung juga bisa piknik tanpa rasa cemas. 

Dalam rangka adaptasi kebiasaan baru, apa saja yang sudah dilakukan pengelola Eling Bening Ambarawa untuk menjamu pengunjung di era new normal?

1. Memastikan pengunjung mengenakan masker

Aturan mengenakan masker bagi pengunjung adalah aturan yang mendasar diera adaptasi kebiasaan baru. Pengunjung yang kedapatan tidak mengenakan masker, tidak akan diizinkan petugas memasuki tempat wisata Eling Bening Ambarawa.

2. Pemeriksaan suhu tubuh pengunjung

Pengelola menerjunkan beberapa petugas keamanan untuk mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum masuk tempat wisata Eling Bening. Pemeriksaan suhu tubuh berada di pintu masuk sembari pengunjung mengantri tiket. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan pada pos masing-masing, baik pintu masuk roda dua dan roda 4 atau lebih. Pengecekan suhu tubuh dilakukan dengan thermogun (termometer tembak). Jika pengunjung kedapatan suhu tubuhnya di atas 37,5°C, maka petugas tidak membolehkan pengunjung masuk ke Eling Bening Ambarawa.

3. Menyediakan tempat cuci tangan di beberapa Titik

Pengelola Eling Bening telah menyiapkan tempat cuci tangan yang cukup banyak sebagai bentuk antisipasi penularan virus corona. 

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)

4. Himbauan jaga jarak dan pola pidup bersih dan sehat

Pengelola juga telah memasang himbauan dibeberapa titik untuk mengingatkan pengunjung agar selalu menjaga jarak. Bukan itu saja, Pengelola juga menghimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih kepada pengunjung melalui spanduk atau banner yang dipasang di beberapa titik.

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminati Saat New Normal Corona

Kalau menurut saya, alasan orang piknik ke Eling Being lebih karena penasaran dan tertarik dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Ditambah lagi pengelola juga memfasilitasi pengunjung dengan membuat beberapa spot khusus yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pengunjung menikmati sajian alam ala Eling Bening. 


Bisa dibilang, Eling Bening ini banyak menyajikan spot foto yang instagramable. Tidak heran jika banyak orang berpose untuk mendapatkan foto yang instagenik di Eling Bening Ambarawa. Apa saja tempat foto instagenik di Eling Bening yang paling diminati pengunjung saat new normal?

1. Selasar resto berlatar pegunungan

Resto Eling Bening berada di ketinggian yang dapat membidik latar pemandangan lebih ciamik. Pengelola juga membangun selasar atau teras resto yang bisa digunakan pengunjung sebagai tempat berfoto ria. Pastikan pencahayaan kamera kita cukup baik agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)

2. Perahu Naga Eling Bening

Pengelola Eling Bening membuat perahu naga buatan yang menjorok dari tebing Eling Bening. Tentu perahu naga buatan ini adalah salah satu bentuk servis Eling Bening kepada pengunjung. Perahu naga Eling Bening sangat diminati pengunjung dan bisa dibilang menjadi tempat foto favorit semua pengunjung. 

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)


Foto dari dekat atau dari jauh asalkan berada di atas perahu naga semua akan terlihat indah. Tapi tetap jaga jarak dan tidak berkerumun ya! Jika terlihat padat, sebaiknya kita urungkan dulu sejenak berfoto di atas perahu naga. Kita nikmati spot lain dulu, kalau sudah sepi baru kita balik lagi untuk berfoto di atas perahu naga.

3. Ayunan berlatar pegunungan

Pengelola menyediakan beberapa ayunan khusus yang bisa digunakan untuk berfoto. Spot foto ini tak kalah menarik dari tempat foto lainnya, dimana spot ayunan juga berlatar pemandangan gunung beralas sawah dan danau. Baik ayunan yang model umum atau ayunan yang sudah diberi hiasan sayap kupu-kupu ini sering manjadi objek foto favorit pengunjung. Untuk keselamatan bersama, ayunan berornamen kupu-kupu tidak bisa digerakkan, hanya bisa digunakan dalam keadaan diam (statis).

Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona)


4. Rumah Hanoi Papua

Pengelola Wisata Eling Bening membuat rumah-rumahan yang mirip seperti rumah adat papua atau yang dikenal dengan Rumah Hanoi. Bisa jadi Rumah Hanoi ini merupakan spot foto berlatar pegunungan terakhir yang disajikan Eling Bening. Rumah Hanoi ini salah satu tempat favorit buat foto-foto di Eling Bening. Untuk bisa berfoto di atas Rumah Hanoi perlu perjuangan. Pengunjung harus menaiki tangga yang hanya bisa dilalui oleh 1 (satu) orang saja. Meskipun begitu, endingnya akan sangat menyenangkan ketika melihat hasil jepretan kita bersama Rumah Hanoi.

Spot foto Rumah Hanoi di Eling Bening

Waktu Terbaik Berkunjung ke Eling Bening

Hampir semua konsep wisata bertema alam adalah outdoor, begitu juga dengan Eling Bening. Jika berkeling di jam 10.00 -14.00 WIB, tentunya kondisi matahari sedang terik-teriknya. Berwisata di jam-jam tersebut akan terasa sekali panasnya. Sehingga waktu yang direkomendasikan untuk menikmati suguhan alam Eling Bening adalah di pagi hari dan di sore saat matahari tidak tertalu terik. Jika sedang beruntung, kita bisa dapat pemandangan sunset atau sunrise jika cuaca sedang bersahabat. Atau minimalnya melihat cahaya kuning kemerahan yang indah, yang menyeruak dari balik bukit. 

Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Saat Wisata (Piknik)

Berakhirnya pandemi covid19 tentunya berkat kerjasama semua pihak, terlebih bagi para pelancong. Ketika pengelola menerapkan protokol kesehatan, kesadaran penerapan protokol kesehatan juga harus ada pada jiwa para pelancong. Selengkapnya mengenai tips berwisata saat corona bisa baca artikel Tips Berwisata (Piknik) di Saat New Normal Corona

Harga Tiket Masuk Eling Bening Saat Corona

Harga tiket masuk wisata Eling Bening ini terbilang murah, yaitu Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) pada hari aktif (weekday) dan Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah) pada akhir pekan (weekend) dan tanggal merah (hari libur nasional). Ada potongan tiket masuk Eling Bening sebesar Rp. 5.000 (lima ribu rupiah) untuk pengunjung dari satuan TNI atau POLRI. Jadi pengunjung Eling Bening tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona.

https://www.heriheryanto.com/2020/09/rekomendasi-tempat-kursus-web-progrming-terbaik.html?m=1

Jam Buka Eling Bening Saat Corona

Eling Bening ini bisa dikunjungi setiap hari yaitu hari senin sampai dengan minggu dengan jam buka pukul 08.00 – 18.30 dan khusus hari sabtu dan minggu, Eling Bening buka lebih awal yaitu buka pukul 07.00 WIB. 



Lokasi (Alamat) Eling Beningn 

Eling Bening ini berlokasi di Jalan Sarjono Desa Bejalen Kelurahan Tambakboyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah.



Nah, itulah sekilas tentang wisata Eling Bening saat new normal. Jika artikel yang berjudul Spot Foto Instagenik di Eling Bening Yang Paling Diminat Saat New Normal (Corona) ini bermanfaat, silakan untuk disebarluaskam dan dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya.

3 comments:

  1. Ah aku udah pernah kesini emang bagus banget tempatnya. Ada yang taman bunga juga..Sayangnya kalo siang panas bangeet

    ReplyDelete
  2. Dulu sebelum pandemi sempat mau ke sini, buat maksi sekalian, cuma karena ngantri panjang di pintu masuk ga jadi deh. Kapan2 kudu sampe sini lagi deh.

    ReplyDelete
  3. Wah bagus ya protokol kesehatannya Mas..jadi pengunjung merasa lebih aman..

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.